Ungkapan “Ada serpihan surga di pulau Lombok” rasanya tidak terlalu berlebihan. Hampir semua tempat yang ada di pulau Lombok merupakan destinasi wisata yang terkenal hingga mancanegara. Berbagai pantai, bukit, gunung, air terjun danau dan juga gili dengan keindahan alamnya dapat Anda temui di pulau ini. Salah satu gili yang terkenal di Lombok sebagai spot diving yakni gili Bidara Lombok. 

Lombok, Pulau Sejuta Gili

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai seperti diving dan snorkeling, maka pulau Lombok merupakan tempat destinasi wisata yang tepat. Pesona pantainya yang indah dengan beragam tanaman laut di bawahnya membuat para petualang lautan tidak pernah absen menikmati keindahan yang ada di pulau Lombok.

Boleh dibilang pulau Lombok adalah pulau sejuta gili. Gili sendiri adalah sebutan dari pulau yang berukuran kecil dan mungil. Mengapa bisa disebut pulau sejuta gili? Hal ini karena ada banyak sekali gili yang tersebar di pulau Lombok. Wikipedia mencatat setidaknya ada 35 gili atau pulau kecil yang mengelilingi pulau Lombok

Gili tersebar di pulau Lombok. Sumber: https://giliexpress.com
Gili tersebar di pulau Lombok. Sumber: https://giliexpress.com

Namun masyarakat sekitar kurang sepakat dengan data yang dipaparkan Wikipedia. Apabila dilihat secara mata telanjang ternyata masih banyak sekali pulau kecil yang tidak masuk hitungan Wikipedia. Sebut saja gili Betok, gili Bembek dan semua gili Pasir yang lain. Sehingga bila dijumlah secara keseluruhan ada lebih dari 70 gili yang terdapat di pulau Lombok ini.

Berbagai Gili di Pulau Lombok

Banyak sekali gili atau pulau kecil yang tersebar di pulau Lombok. Berikut beberapa gili yang cukup terkenal dan favorit di pulau Lombok. 

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan gili yang cukup terkenal di pulau Lombok. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang datang, yang kebanyakan merupakan turis wisatawan yang berasal dari luar negeri seperti Inggris, Belanda, Australia, Malaysia, Italia, Prancis dan masih banyak lagi.

Gili Trawangan, pulau mungil penuh pesona. Sumber: http://wisatalombokaja.blogspot.com/
Gili Trawangan, pulau mungil penuh pesona. Sumber: http://wisatalombokaja.blogspot.com/

Gili satu ini menawarkan wisata diving dan juga snorkeling yang menyenangkan. Pengunjung akan menikmati keindahan dasar laut dengan berbagai ikan-ikan kecil yang sedang mencari makan dengan cara berkelompok, atau terumbu karang dengan keunikan dan karakter bentuk yang khas sekali.

2. Gili Meno

Gili Meno sebenarnya adalah sebuah pulau yang berlokasi di antara trawangan dan air. Jumlah penduduknya yang tidak banyak menjadikan gili Meno sangat cocok bagi pasangan yang sedang honeymoon atau sekedar seorang yang ingin tenang dan jauh dari keramaian kota. Rerimbunan pohon palem menjadikan suasana gili Meno semakin asri alami.

Gili Meno dengan karakternya yang unik. Sumber: https://www.tiket.com/
Gili Meno dengan karakternya yang unik. Sumber: https://www.tiket.com/

3. Gili Air

Bagi Anda yang ingin diving dan juga snorkeling, menyelam dan menjelajahi aneka keajaiban lautan maka gili Air merupakan pilihan yang tepat. Gili ini cukup strategis karena terletak di dekat Pulau Besar Lombok. Berbagai binatang lautan dapat Anda lihat dan nikmati keindahannya. Diantara binatang lautan disana yakni kura-kura, kuda laut dan beragam ikan-ikan mungil. 

Ikan-ikan yang bermacam-macam. Sumber: https://www.tripadvisor.com
Ikan-ikan yang bermacam-macam. Sumber: https://www.tripadvisor.com

4. Gili Kondo

Gili Kondo merupakan sebuah pulau mungil yang siap menyambut para pengunjung dan wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Bagi Anda yang ingin menyelam ke pulau Kondo ini maka Anda tak perlu khawatir. Berbagai fasilitas seperti persewaan alat snorkel, penginapan dan juga restoran dapat Anda temukan di gili Kondo.

Gili Kondo dengan pemandangan yang menakjubkan. Sumber: https://www.klook.com
Gili Kondo dengan pemandangan yang menakjubkan. Sumber: https://www.klook.com

Pulau ini terkenal memiliki ciri pasir khas warna putih yang lembut, air laut berwarna biru bak mutiara dan rasa tenang yang muncul setelah berada didalamnya. Ini menyebabkan pulau satu ini dijuluki sebagai pulau Perawan. Pemandangan semakin sempurna tersebab gunung Rinjani yang bisa dinikmati dari kejauhan. 

5. Gili Kapal 

Gili satu ini sebenarnya adalah pulau yang tandus dan sepi, karena pada saat itu gili ini hanya memiliki pasir tanpa ada karang dan tumbuhan. Meski gili Kapal mempunyai luas yang tidak terlalu besar, ia tetap menjadi gili dengan keindahan laut yang dibawakan. Dan keindahan dasar lautnya sudah bisa mengalahkan berbagai gili lain.

Gili Kapal, salah satu gili di pulau Lombok. Sumber: https://www.lombokinsider.com
Gili Kapal, salah satu gili di pulau Lombok. Sumber: https://www.lombokinsider.com

Gili Bidara, Tempat Diving Mungil Alami

Gili jenis satu ini merupakan sebuah pulau mungil yang indah dan memesona. Pulau kecil ini dapat terlihat dari gili Kondo, gili Kapal, gili Pentagen dan bahkan terlihat dari pantai Sambelia. Dengan ukuran yang lebih kecil dari gili Kondo, tidak membuat gili ini jarang diminati. Justru banyak wisatawan yang ingin melihat kemungilan gili ini.

Gili Bidara memiliki penduduk yang tidak banyak namun sangat ramah dan menjaga adat istiadat. Pertama kali Anda menginjakkan kaki di gili ini maka Anda akan disambut oleh senyuman perkampungan penduduk yang sangat sederhana; atap beralaskan daun kelapa yang mengering.

Aneka binatang laut di bawah pantai. Sumber: http://wisatalombokaja.blogspot.com/
Aneka binatang laut yang mengagumkan. Sumber: http://wisatalombokaja.blogspot.com/

Sebagai salah satu gili yang paling indah di Lombok, gili Bidara merupakan spot wajib bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan panorama dasar laut dengan cara snorkeling dan juga diving. Jangan khawatir, bagi Anda yang belum bisa melakukan olahraga ini tersedia disini berbagai layanan jasa berlatih snorkeling dan diving.

Jalan Menuju Gili Bidara

Bagi Anda yang belum pernah pergi ke tempat wisata satu ini, Anda perlu mengikuti google maps. Dengan bantuan google maps Anda akan mengetahui jalanan mana yang sedang ramai, mana yang masih sepi dan sebagainya. Namun perlu Anda perhatikan, terkadang jalan yang dianjurkan google maps asal dan tidak bisa dilalui.

Untuk meminimalisir demikian, kami secara singkat akan menjelaskan rute menuju gili Bidara bila Anda dari kota Mataram. Dari Mataram Anda bisa berkendara menggunakan mobil ke desa Labuhan Pandan, Sambelia Lombok. Setelah 2 jam 30 menit Anda bisa langsung menyebrang ke gili Bidara memakai perahu carteran untuk pergi-pulang.

Akhir kata, gili Bidara merupakan tempat rekomended untuk Anda yang ingin melakukan snorkeling dan juga diving. Menikmati keindahan gili Bidara bersama sanak saudara tentunya menjadi sebuah liburan yang sangat menyenangkan. Selamat berwisata, semoga perjalanan Anda menyenangkan, sampai jumpa.