Berselancar menjadi salah satu olahraga air yang cukup mentang dan menyenangkan bagi sebagian orang. Bagi para surfer pantai-pantai dengan gelombang ombak yang besar menjadi sebuah spot buruan yang dicari-cari. Berbicara tentang berselancar, di Indonesia terdapat beberapa pantai yang terkenal dengan spot selancar yang menakjubkan. Salah satunya adalah Desert Point atau Pantai Bangko-Bangko di Pulau Lombok. Pengen tahu betapa serunya spot selancar dan peninggalan sejarah di pantai ini, simak penjelasan lengkapnya.

Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan wisata Sekotong yang mashur dengan pesona pantainya. Pantai nan indah ini tepatnya terletak di Jl. Putih, Batu Putih Sekotong Tengah, Kecamatan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (Objek wisata pantai di Lombok Barat lainnya disa di lihat di sini) Pantai yang juga dikenal sebagai Desert Point ini memiliki karakter yang  berbeda dengan pantai di Sekotong lainnya. Diantaranya adalah karakter ombaknya yang cukup besar dan sangat sesuai untuk bermain selancar.

Pantai Bangko-Bangko, Sumber foto IG oleh @potatoimage _n

Pantai Bangko-Bangko, Sumber foto IG oleh @potatoimage _n

Akses Menuju Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko terletak di daerah Sekotong, sekitar 71 km dari Mataram. Waktu tempuh menuju lokasi sekitar 1 jam 30 menit dengan moda transportasi darat, mobil atau motor pribadi. Bagi Anda yang ingin merasakan keseruan berpetualang dan berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat Lombok, Anda bisa memanfaatkan moda transportasi umum. Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Mandalika Bertaris menaiki angkot menuju terminal Lembar. Sesampaimnya di Terminal Lembar Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Labuhan Poh dengan menggunakan angkutan umum lainnya. Jalan menuju ke lokasi memang tidak terlalu mulus namun tidak semulus dan sebagus jalan Tol, namun sudah nyaman dilalui kendaraan.

Pantai Bangko-Bangko, Sumber Foto oleh @tropicalferal

Pantai Bangko-Bangko, Sumber Foto oleh @tropicalferal

Aktivitas di Pantai Bangko-Bangko

Layaknya pantai di daerah Sekotong lainnya, Pantai Bangko-Bangko juga memiliki karakter pasir pantai yang halus dengan luas area pantai yang cukup luas. Sehingga banyak aktivitas pantai yang dapat dilakukan seperti bersantai di tepi pantai, bermain bola, hingga berendam di tepi pantai. Selain itu para wisatawan juga bisa melakukan aktivitas bahari lainnya seperti berenang, berendam, diving dan menyelam.

Salah satu hal yang paling terkenal dari Pantai Bangko-Bangko adalah ombaknya yang sangat bagus dan cocok untuk berselancar. Bahkan beberapa lembaga survey luar negeri mengatakan bahwa pantai ini termasuk dalam deretan pantai dengan ombak yang sangat bagus untuk olahraga berselancar. Oleh karena itu, pantai ini juga terkenal dengan Desert Point di kalangan para peselancar. Atas pamornya sebagai pantai dengan ombak menawan, pantai ini sering dijadikan sebagai spot berselancar bagi para peselancar nasional maupun internasional.

Para wisatawan yang ingin berselancar di pantai ini disarankan untuk datang pada bulan Mei – Oktober. Karena sekitar bulan itu terjadi ombak pasang dan turun. Di pantai ini, tak jarang para peselancar harus menunggu ombak berminggu-minggu demi mendapatkan momen yang paling pas. Salah satu momen yang paling dinanti adalah datangnya ombak berbentuk dinding cekung sempurna yang memiliki panjang ratusan meter dan bertahan selama puluhan detik.

Pantai Bangko-Bangko, Sumber foto IG oleh @potatoimage _n

Pantai Bangko-Bangko, Sumber foto IG oleh @potatoimage _n

Hutan Taman Wisata Alam Bangko-Bangko

Keindahan Pantai Bangko-Bangko semakin lengkap dengan adanya Hutan Taman Wisata Alam Bangko-Bangko yang terletak tepat di dekat Pantai Bangko-Bangko. Kekayaan vegetasi alami di hutan ini akan memanjakan siapa saja yang datang dan menyusurinya. Aktivitas tracking kerap dilakukan oleh para wisatawan yang penasaran dengan Hutan Taman Wisata yang memiliki luas sekitar 2.169 Ha ini.

Seru dan menarik bukan? Sebuah potret keindahan pantai yang sangat cocok untuk dikunjungi saat Anda bersama orang tercinta datang berkunjung ke Lombok. Jangan lupa juga menghubungi First Lombok Tour untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan. Kami siap untuk menemani perjalanan wisata Anda di Pulau Lombok.