468

Berbicara tentang objek wisata pantai di Pulau Lombok tidak akan pernah habis rasanya. Langit yang biru, laut yang jernih, pasir pantai yang bersih serta garis pantai yang panjang menjadi ciri khas beberapa pantai di Pulau Lombok. Tentu saja pesona nan apik tersebut mampu membius para wisatawan untuk datang dan menikmatinya. Nah pada kali ini tim First Lombok Tour akan mengajak para pembaca untuk mengulik 7 Objek Wisata Pantai di Lombok Barat yang Bikin Rileks.

Wisata Pantai Lombok Barat

Lombok Barat merupakan sebuah kabupaten yang berada di Propinsi Nusa Tenggara Barat. Wilayah yang beribukota Gerung ini merupakan bagian strategis dan penting, karena menjadi pusat pemerintahan. Selain peran pentingnya sebagai wilayah pusat pemerintahan, Kabupaten Lombok Barat juga memiliki daftar objek wisata pantai yang bikin siapapun rileks. Mau tahu apa saja? Simak baik-baik ya!

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Pulau Lombok. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini telah dikenal secara meluas, bahkan hingga ke luar negeri. Selain panoramanya yang eksotis dan bikin rileks, objek wisata Pantai Senggigi juga jadi primadona karena lokasinya cukup dekat dengan Kota Mataram (sekitar 20 menit) dan Bandar Udara Lombok (sekitar 1 jam).

Para wisatawan bisa melakukan berbagai aktifitas di sekitar area pantai. Seperti bersantai sembari menikmati pemandangan pantai yang menenengkan dan bikin releks, berjalan menyusuri pantai, berenang atau snorkling, juga memancing. Para wisatawan tak perlu khawatir kelaparan jika berkunjung di pantai ini, karena di sekitar pantai sudah banyak para penjual makanan dan kudapan. Tinggal pilih saja. Bagi wisatawan yang ingin menginap di wilayah sekitar pantai juga bisa menyewa hotel atau guest house. Klik di sini untuk ulasan hotel murah sekitar Pantai Senggigi.

Pantai Senggigi Lombok, sumber gambar IG @sidharta_galerie

Pantai Senggigi Lombok, sumber gambar IG @sidharta_galerie

Pantai Kerandangan

Tak jauh dari Pantai Senggigi para wisatawan dapat menemukan sebuah pantai yang memiliki pesona yang tak kalah cantik dengan Pantai Senggigi, yakni Pantai Kerandanagan. Lokasinya berjarak sekitar 3 km di bagian utara Pantai Senggigi. Salah satu daya pikat dari Pantai Kerandang ini adalah lingkungannya yang masih sangat rindang, dengan pemandangan tebing-tebing yang khas dan memukau.

Pantai Kerindangan masih tergolong sepi, tidak banyak pengunjung yang datang kecuali di akhir pekan. Oleh sebab itu, banyak yang menjadikan objek wisata yang satu ini sebagai tempat untuk bersantai, melepaskan penat dan membuat pikiran rileks. Selain pemandangannya yang elok, pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok sekali untuk olahraga berselancar. Deburan ombak putih yang menggulung dengan ketinggian mencapai 3,5 meter menjadi sebuah pemandangan yang biasa di sini. Tentu hal ini yang diburu oleh para peselancar lokal dan manca negara. Pantai Kerandangan memiliki tiga pantai dengan karakter yang berbeda. Tinggal pilih saja, Kerandangan 1, 2, atau 3.

Pantai Kerandangan, sumber gambar IG @rudiyah95

Pantai Kerandangan, sumber gambar IG @rudiyah95

Pantai Goa Landak

Pantai Goa Landak, namanya yang unik membuat banyak orang penasaran dan ingin melihat keunikan pantai yang berada di Lombok Barat ini. Walaupun namanya Goa Landak namun di sini para wisatawan tidak akan menemukan mamalia dengan tubuh berduri tersebut. Goa Landak hanya sebutan saja bagi salah satu spot di pantai ini yang membentuk sebuah lorong sempit. Di Pantai ini terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi yang biasanya dimanfaatkan untuk menikmati panorama laut lepas yang damai dan bikin rilek.

Salah satu keunikan Pantai Goa Landak ini adalah adanya sebuah bukit karang yang menyerupai ombak, atau yang disebut sebagai bukit ombak. Bukit ombak terbentuk secara alami dari ombak yang menggerus karang selama puluhan hingga ratusan tahun. Melalui proses biologis, karang yang kokoh tersebut tergerus dan terkikis hingga membentuk lengkungan mirip sekali dengan ombak. Tentu bagian ini menjadi spot yang sangat cocok untuk berfoto. Nah, pantai yang berlokasi di Desa Mandar, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat ini tergolong cukup sepi. Karena akses menuju ke objek wisata cukup menantang, para wisatawan harus melewati daerah dengan jalan terjal tanpa aspal yang memacu adrenalin.

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong merupakan salah satu objek wisata yang sangat patut untuk dikunjungi saat liburan ke Pulau Lombok, khususnya Lombok Barat. Lokasi objek wisata ini di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Sekitar 1,5-2 jam perjalanan darat dari Kota Mataram dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Pantai Sekotong memiliki karakter ombak yang tenang, sehingga sangat cocok bagi siapa saja yang menginginkan kedamaian, ketenangan dan relaksasi.

Pantai Sekotong adalah paket komplit bagi liburan panjang keluarga. Karena pantai ini memiliki panorama pantai yang begitu indah. Para wisatawan bisa menikmati kemilau cahaya matahari terbit yang mengagumkan serta kilau keemasan cahaya matahari terbenam yang syahdu. Tak hanya itu, Pantai Sekotong juga memiliki panorama bawah laut yang begitu indah dan jarang kita temukan di daerah lainnya. Sungguh, sebuah objek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Pantai Sekotong, sumber gambar IG @azzahnur

Pantai Sekotong, sumber gambar IG @azzahnur

Pantai Mekaki

Masih di daerah Sekotong, Lombok Barat, terdapat sebuah pantai yang masih benar-benar asrih, alami dan bikin relaks. Pantai Teluk Mekaki namanya. Pantai ini terletak jauh dari keramaian Kota Mataram. Karena letaknya yang cukup jauh, objek wisata yang terletak di Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Sekotong Tengah, Lombok Barat ini jarang dikunjungi wisatawan. Namun hal inilah yang membuatnya berbeda dan istimewa.

Meskipun tidak sepopuler pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok namun Pantai Mekaki memiliki panorama pantai yang sangat indah. Garis pantainya panjang dihiasi oleh pasir pantai berwarna kuning kecoklatan dan pepohonan yang asrih. Lautnya nan biru ramai dengan riuh ombak yang menggulung berlarian menuju pantai. Sungguh sebuah perpaduan yang sangat istimewah. Tak cukup hanya itu, selama perjalanan yang memakan waktu 2-2,5 jam menuju objek wisata, para wisatawan akan disuguhi berbagai pemandangan yang menakjubkan. Ada deretan persawahan, perbukitan hingga pepohonan khas hutan hujan tropis yang asrih. Sungguh sebuah perjalanan yang sulit untuk dilupakan.

Pantai Mekiki, sumber gambar IG @shintarizky

Pantai Mekiki, sumber gambar IG @shintarizky

Pantai Elak-Elak

Pantai Elak-Elak berlokasi di Sekotong Barat, Lombok Barat. Sama dengan Pantai Mekaki, Pantai Elak-Elak termasuk pantai yang masih perawan, atau jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga suasananya cenderung sepi dan menenangkan. Dalam bahasa sasak elak-elak berarti lidah, masyarakat memberikan sebutan ini karena kondisi pantai yang merupakan tanjung menjorok ke laut layaknya lidah.

Pantai Elak-Elak dapat dicapai dengan waktu tempuh 1,5-2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dari Kota Mataram. Jalanan menuju Pantai Elak-Elak ini sudah beraspal dan kondisinya juga cukup baik. Sehingga para wisatawan bisa menikmati perjalanan tanpa khawatir tidak nyaman selama perjalanan.

Pantai Elak-Elak, sumber gambar IG @dayatpesenk

Pantai Elak-Elak, sumber gambar IG @dayatpesenk

Pantai Cemare

Dari Sekotong kita beranjak ke sebuah objek wisata yang berada di daerah Cemare, hanya berjarak 2 km dari salah satu pintu masuk ke Pulau Lombok yakni Pelabuhan Lembar. Pantai Cemare berada di ujung pulau Lombok dan menghadap langsung ke Selat Lombok. Jadi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa melihat kapal yang hilir mudik dari kejauhan. Salah satu keunikan dari Pantai Cemare ini adalah pohon-pohon bakau dan pandan besar yang tumbuh di hampir sebagian besar kawasan dekat pantai.

Dari Pantai Cemare kita bisa menikmati kemilau indah cahaya matahari terbenam di balik Gunung Agung Bali. Sebuah pemandangan yang sangat jarang kita dapati. Di pantai ini, para wisatawan bisa berkeliling dengan menumpang pada perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Selain berwisata, kita dapat belajar banyak tentang kehidupan para nelayan lokal juga loh. Sungguh sayang jika kita tidak sempat berkunjung kan?

Pantai Cemare, sumber gambar IG @darma.one.dh

Pantai Cemare, sumber gambar IG @darma.one.dh

Demikian 7 objek wisata pantai di Lombok Barat yang asik dan bikin rileks. Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang berwisata ke Pulau Lombok atau berrencana berwisata ke sana, jangan lupa untuk mampir di salah satu pantai di atas ya. Tinggal pilih saja, mana pantai yang kira-kira paling pas dengan liburan Anda. Khusus bagi yang ingin merasakan pengalaman berlibur seru dan ngak ribet, Anda bisa mencoba memanfaatkan jasa wisata kami. Cukup dengan hubungi kami melalui cs yang tersedia, klik di sini. Selamat berlibur…