Nasi Puyung Lombok adalah salah satu menu kuliner khas yang terkenal hingga ke luar Lombok. Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Jogja, menu kuliner Nasi Puyung sudah menjadi salah satu santapan favorit, bukan hanya bagi warga Lombok yang tinggal di luar daerah, tetapi juga warga setempat yang berasal dari berbagai daerah.

Untuk Anda para penggemar wisata Lombok, kuliner merupakan bagian dari daya tarik wisata. Tidak lengkap rasanya menelusuri lokasi wisata di suatu tempat tanpa mencicipi kuliner khasnya. Karena sensasinya pasti berbeda. Bisa menikmati keindahan alam dan cita rasa makanan khas, merupakan pengalaman yang jarang bisa dirasakan.

Sebenarnya, bagaimana sih asal usul sajian kuliner khas ini hingga menjadi salah satu menu khas Lombok yang terkenal hingga ke beberapa kota di Indonesia? Simak informasi tentang Nasi Balap Puyung atau Nasi Puyung Lombok berikut ini.

Nasi Puyung Lombok, sumber ig ajirusanto
Nasi Puyung Lombok, sumber ig @ajirusanto

Nasi Puyung Lombok

Nasi Puyung Lombok atau beberapa menyebutnya sebagai Nasi Balap Puyung adalah sajian khas Lombok yang bisa menjadi menu pilihan bagi para penyuka cita rasa khas Lombok. Lombok yang terkenal dengan sajian pedasnya merupakan daerah wisata terkenal bahkan mendunia memiliki banyak piliha kuliner terkenal.

Selain Ayam Bakar Taliwang yang telah lebih dulu terkenal sebagai kuliner khas Lombok, terdapat lagi menu kuliner lainnya yaitu Nasi Puyung Lombok. Nasi Puyung ini sekilas seperti nasi campur pada biasanya, namun rasa dan campuran berbeda dari kebanyakan menu kuliner lainnya.

Adalah Papuk Isum yang berasal dari Kampung Puyung, nama sebuah Kampung yang berada di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat yang pertama kali mempopulerkan sajian khas ini. Dengan sajian ini, Papuk Isum bisa membesarkan usaha rumah makannya sekaligus menjadikan menu khas ini sebagai sajian khas Lombok yang populer hingga ke luar daerah.

Komposisi Nasi Puyung Lombok

Nasi Puyung Lombok, sumber ig sasmitaedo
Nasi Puyung Lombok, sumber ig @sasmitaedo

Indonesia sejak dulu, menjadikan nasi sebagai menu wajib yang ada di setiap kesempatan makan. Nah, bukan hanya Nasi Puyung Lombok, sebenarnya hampir di seluruh daerah di Indonesia menjadikan nasi sebagai komponen menunya.

Namun yang membedakan tentu saja adalah cita rasanya. Sehingga menu ini bukan hanya sekedar menu sajian Nasi dengan sayur serta lauk, namun merupakan nasi campur sayuran dan lauk yang rasanya sangat menggambarkan cita rasa yang disukai oleh masyarakat Lombok.

Cita rasa khas Lombok yang menjadikan rasa pedas sebagai daya tarik utamanya terdapat di menu Nasi Puyung Lombok ini. Karena menu ini terdiri dari beberapa komponen yaitu Nasi, sayur yang biasanya merupakan kacang panjang, lauk yang berupa ayam suwiran yang dimasak dengan bumbu pedas serta pelengkap berupa taburan kentang goreng dan kacang kedelai.

Pedasnya suwiran ayam yang menjadi lauk pada Nasi Puyung tidak tanggung-tanggung. Komposisi masak suwiran ayam dibandingkan dengan bumbu cabenya adalah 1 : 10. Bumbu inilah yang kemudian berbeda dari segi rasa dan cirinya dibandingkan dengan bumbu rempah yang dipakai pada menu makanan khas berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Terakhir adalah bungkusannya. Jika Anda terbiasa menikmati Nasi Puyung Lombok langsung ditempat, akan berbeda dengan menikmatinya dengan membawa pulang. Tentu saja bukan perbedaan yang negatif, namun Anda akan melihat bahwa Nasi Balap Puyung ini memiliki bungkusan yang unik. Bungkusannya dibuat mengerucut dengan komposisi lauk pauk serta sayuran berada di bagian kerucut dan nasi di bawahnya.

Ternyata bentuk seperti ini bukan tidak ada pengaruhnya. Malah bisa menjadi keunikan sekaligus perbedaan cara menikmati menu Nasi Puyung. Dengan komposisi bungkusan tersebut, seluruh bumbu yang terdapat pada lauk dan sayurannya turun dan terserap pada nasi, sehingga bisa memberikan sedikit sensasi yang berbeda daripada mencampurnya sendiri pada saat makan langsung di tempat.

Rekomendasi Rumah Makan Nasi Puyung Lombok

Nasi Puyung Lombok, sumber ig lisamenda
Nasi Puyung Lombok, sumber ig @lisamenda

Saat ini, tempat makan yang menjajakan Nasi Puyung sudah terdapat di banyak tempat, baik di daerah Lombok yang merupakan tempat asalnya, hingga ke daerah-daerah luar lombok. Meskipun begitu, tetap saja, ada satu yang menjadi rekomendasi tempat makan Nasi Balap Puyung khas Lombok.

Rekomendasi tersebut adalah Rumah Makan Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Rumah makan ini adalah rumah makan Nasi Puyung Lombok yang merupakan milik keluarga Papuk Isum, yang merupakan orang yang pertama kali mempopulerkan sajian Nasi Balap Puyung. Lokasinya berada di depan Hotel Grand Legi, Jalan Sriwijaya, Mataram.

Nasi Balap Puyung Inaq Esun buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00. Meski saat ini sudah dikelola oleh generasi ketiga dari keluarga Papuk Isum, namun cita rasanya masih asli. Karena seluruh campuran berupa lauk pauk dan sayuran tetap di masak dari tempat asalnya yaitu Kampung Puyung dan di distribusikan ke rumah makan setiap harinya.

Untuk harganya sendiri masih terbilang terjangkau yaitu berkisar Rp. 10.000. Dengan cita rasanya yang pedas, tentu saja pelanggan akan membutuhkan biaya tambahan untuk membeli minuman. Jadi, persiapkan saja biaya sekitar Rp. 15.000.

Untuk di luar daerah Lombok, Nasi Puyung terkenal sebagai sajian street food yang biasa bisa dinikmati ketika waktu sarapan. Bagi Anda yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya, Jogja dan sekitarnya, sajian menu Nasi Balap Puyung ini bisa Anda dapatkan di beberapa lokasi.

Demikian beberapa informasi terkait Nasi Puyung Lombok untuk Anda. Semoga informasi ini bisa memberikan gambaran lebih dalam tentang daya tarik pariwisata Lombok yang luar biasa. Simak ulasan lainnya terkait obyek wisata Gunung Rinjani di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!