Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang bisa dibilang sedang popular sebagai tujuan wisata. Selain karena keindahan alamnya, pulau ini juga memiliki  banyak tujuan wisata budaya, sejarah dan lainnya yang menarik salah satunya adalah Desa Sade. Nah, untuk anda yang ingin berkunjung ke objek wisata tersebut, simak terlebih dahulu informasi seputar Desa Sade Lombok di bawah ini.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Untuk anda yang berminat mengunjungi Desa Sade, lokasinya berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Dan untuk harga tiket masuknya, anda tidak perlu khawatir karena anda tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Namun, biasanya ketika anda ingin berwisata ke Desa Sade Lombok ini, akan lebih mudah menggunakan jasa travel atau wisata. Dengan begitu nantinya anda akan mudah menemukan lokasi dan tentunya ada jasa tour guide yang bisa memberikan informasi lengkap tentang Desa Sade.

Akses Yang Bisa Dilalui

Akses menuju Desa Sade di Pulau Lombok ini tidaklah begitu sulit. Hal ini dikarenakan letak objek wisata tersebut berada kurang lebih 8 km dari Bandara Internasional Lombok. Dan jika anda melakukan perjalanan kemungkinan hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Namun, untuk anda yang mungkin kesulitan menemukan jalur ke Desa Sade, bisa memilih rute menuju Pantai Seger dan Tanjung Aan. Hal ini dikarenakan objek wisata Desa Sade memiliki jalur yang sama dengan dua lokasi wisata tersebut.

Keunikan Desa Sade Di Pulau Lombok

Desa Sade Lombok, sumber ig _lidiaaak
Desa Sade Lombok, sumber ig @_lidiaaak

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas, disini akan dijelaskan pula keunikan yang bisa anda ketahui ketika berkunjung ke Desa Sade. Dengan mengetahui keunikan yang ada, maka wawasan anda tentang lokasi wisata di Indonesia juga semakin luas. Dan berikut diantaranya:

1. Dari Segi Bangunan

Keunikan pertama yang bisa anda lihat ketika berkunjung ke Desa Sade Lombok adalah dari segi bangunan. Saat anda sampai ke lokasi ini, anda akan dibuat takjub dengan arsitektur bangunan yang bisa dibilang memilih ciri yang unik. Hal ini dikarenakan bangunan rumah masih menggunakan pagar anyaman bambu dengan tiang penopang dari kayu. Dan untuk bagian atapnya sendiri masih menggunakan alang-alang kering untuk melindungi dari air hujan.

2. Kain Tenun Desa Sade

Selain dari segi bangunan, Desa Sade Lombok juga memiliki keunikan lain yaitu kain tenun. Seperti kain tenun khas lainnya, kain tenun Desa Sade juga memiliki ciri yang berbeda dengan kain tenun di daerah lain. Ciri yang paling menonjol adalah dari segi motif dan proses pengerjaan yang masih sangat tradisional.

3. Alat Untuk Membuat Kain Tenun

Berbicara tentang kain tenun, kurang lengkap jika tidak membahas soal alat yang digunakan. Nah, di Desa Sade ini pembuatan kain tenun juga masih menggunakan alat tradisional. Bahkan bisa dibilang proses pembuatan masih sangat kuno. Namun, dari hal itulah tercipta sebuah karya seni yang khas dan memiliki nilai estetika tinggi. Selain membeli, anda juga bisa belajar langsung dari masyarakat sekitar.

Kain Tenun Desa Sade Lombok, sumber ig illa.mestika92
Kain Tenun Desa Sade Lombok, sumber ig @illa.mestika92

4. Tarian Khas Desa Sade

Keunikan lain yang juga bisa anda lihat ketika berkunjung ke Desa Sade adalah tarian khasnya. Untuk melihat tarian tersebut, biasanya diadakan pada waktu tertentu saja. Tidak hanya itu, dalam pagelaran tarian tersebut, anda juga bisa melihat alat musik tradisional khas pulau Lombok.

5. Suasana Desa Dan Kearifan Masyarakat

Keunikan terakhir Desa Sade Lombok yang membuat anda nyaman berlama-lama disini adalah suasana desa dan kearifan masyarakatnya. Dengan menjunjung budaya yang masih dipegang erat, masyarakat disini sangat ramah kepada pengunjung. Tidak hanya itu, dengan suasana desa yang bisa dibilang tradisional anda pun bisa menikmati suasana kehidupan di Desa Sade pada jaman dulu.

Demikian ulasan mengenai Desa Sade Lombok.Masih banyak keunikan dan daya tarik budaya serta sejarah Lombok yang menarik untuk disimak. Semoga ulasan ini bisa menghibur dan menjadi inspirasi wisata Anda. Simak ulasan lainnya mengenai informasi dan tips-tips wisata Lombok di firstlomboktour.com. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda!