Desa Wisata Lombok yang saat ini sudah dikunjungi banyak orang. Menunjukkan bahwa lombok sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar, sehingga bisa menunjukkan daya tariknya. Namun yang disayangkan adalah masih ada beberapa wisatawan yang tidak memperhatikan etika.

Wisatawan mengunjungi tempat wisata tanpa mempelajari terlebih dahulu mengenai etika yang harus diperhatikan. Dimana seharusnya hal ini adalah hal pertama yang harus mereka pelajari.

Kenapa? Karena dengan wisatawan beretika baik, itu akan menunjukkan bagaimana mereka menghargai dan menghormati tempat wisata tersebut. Tak hanya itu warga sekitar yang memperhatikan wisatawan yang beretika baikpun akan memperlakukan wisatawan dengan baik pula.

Oleh karena itu, mari simak kelima daftar etika yang sudah kami rangkum untukAnda calon wisatawan Desa Wisata Lombok.

5 Etika Berkunjung ke Desa Wisata Lombok

Berikut adalah kelima etika yang perluAnda pelajari dan praktekkan saatAnda akan mengunjungi Desa Wisata Lombok :

1. Menaati Segala Peraturan yang ada di Desa Wisata Lombok

Tiap desa wisata yang ada di Lombok pasti memiliki peraturan mereka sendiri. Dimana peraturan itu ada untuk kebaikan desa wisata tersebut dan para wisatawan.  Contohnya “dilarang bersandar pada tembok pembatas” peraturan ini ditetapkan oleh warga sekitar supaya tidak ada wisatawan yang menjadi korban di tempat tersebut. Oleh karena itu, tetaplah patuhi apapun peraturan yang ada di desa wisata tersebut.

Ini lah etika pertama yang harus diperhatikan oleh para wisatawan. Etika ini sangat perlu diperhatikan untuk keselamatan dan kebaikan bersama.

2. Berpakaian yang Sopan 

Berpakaian yang sopan juga perlu diperhatikan oleh para wisatawan. Terutama jika desa wisata yang dikunjungi adalah tempat sakral. Jadi perlu perhatikan bahwaAnda menggunakan pakaian yang sopan dan pantas di tempat tersebut.

Kenakan busana sopan saat berwisata. Sumber : unsplash.com
Kenakan busana sopan saat berwisata. Sumber : unsplash.com

Pakaian memang suatu hal yang sederhana. Tetapi pakaian akan sangat diperhatikan dalam aspek bagaimanaAnda menghargai desa wisata tersebut dan bagaimanaAnda akan diperlakukan. Karena dengan kita berpakaian yang sopan berarti kita menghormati tempat tersebut dan saat berkunjung pun akan terasa nyaman.

3. Menggunakan Tutur Kata yang Baik kepada Warga Sekitar

Berada di lingkungan yang bukan milik kita sudah sebaiknya kita menjaga setiap ucapan yang akan kita ucapkan. Memilih kosa kata yang sopan sangat dianjurkan ketika berkunjung di Desa Wisata Lombok. Warga sekitar akan sangat senang jika kita berbincang menggunakan bahasa yang sopan kepada mereka. Tidak menjelekkan dan mencemooh setiap bagian di desa wisata tersebut juga termasuk dalam menjaga tutur kata kita. Usahakan selalu menghargai dan memuji tiap karya yang ada di desa wisata tersebut. 

4. Menjaga Sikap

Selain menjaga tutur kata, kita juga perlu menjaga sikap kita jika berada di wilayah yang bukan milik kita. PastikanAnda tidak sembarangan memasuki area ataupun menyentuh sesuatu di desa wisata yangAnda kunjungi. Selalu bertanya dan meminta izin jikaAnda ingin memasuki desa wisata yang tidakAnda ketahui kebolehannya.

Tidak berlari-larian dan menyebar sembarang arah jikaAnda berkunjung di Desa Wisata Lombok dibersamai tour guide. Ikuti semua arahan tour guide dengan baik dan sopan. 

Jaga sikapmu dan tunjukkan sebagaimanaAnda menghargai desa wisata tersebut dengan sikap yang baik.

5. Menjaga Kebersihan di Desa Wisata Lombok

Salah satu daya tarik suatu tempat wisata adalah keindahannya. Dan keindahan datang dari kebersihan. Maka dari itu kebersihan adalah pokok terpenting pada tempat wisata. 

Sebagai wisatawan yang baik, sudah seharusnya kita ikut serta dalam menjaga kebersihan desa wisata tersebut. Tidak membuang sampah sembarangan, mengingatkan wisatawan lain jika ada yang meninggalkan sampah mereka akan sangat menunjukkan bahwa kita ikut menjaga kebersihan desa wisata tersebut.

Jika Anda mengunjungi desa wisata yang bersih maka ketikaAnda meninggalkan tempat itu harus dengan keadaan yang bersih pula. Hal ini penting meskipun lingkungannya masih relatif tradisional dengan bangunan yang didominasi kayu. Berbeda dengan perkotaan yang memiliki konstruksi lebih variatif. seperti penggunaan beton, aneka marmer dengan variasi merek marmer dan lain sebagainya.

Itulah kelima etika yang harusAnda perhatikan saat akan mengunjungi Desa Wisata Lombok. JikaAnda memahami dan mempraktekan langsung kelima etika tersebut,Anda akan menjadi wisatawanyang baik, sopan, dan santun. Warga sekitar pun akan menerimamu dengan baik.

Setelah mengetahui etika yang perluAnda perhatikan, kami ada sedikit rekomendasi desa wisata yang bisaAnda jadikan wishlist saat mengunjungi Desa Wisata Lombok.

4 Rekomendasi Desa Wisata Lombok

Empat desa wisata yang sangat kami rekomendasikan untukAnda datangi. Tentunya desa wisata yang kami rekomendasi ini tidak akan membuatmu kecewa ketika mengunjunginya. Berikut keempat daftar desa wisata yang kami rekomendasikan :

 1. Desa Tetebatu

Salah satu air terjun di desa wisata Tetebatu Lombok, sumber ig @wahidkurniadi
Salah satu air terjun di desa wisata Tetebatu Lombok, sumber ig @wahidkurniadi

Desa wisata pertama yang perlu kunjungi adalah Desa Tetebatu. Desa ini terletak di Kaki Gunung Rinjani, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Desa yang disebut sebagai surga kecil di Kaki Gunung Rinjani ini menyuguhkan pemandangan pegunungan dan sawah yang subur nan hijau.

Tak hanya keindahan pemandangan yang akanAnda dapat, tetapi di desa ini juga disediakan fasilitas yang salah satunya adalah homestay dengan desain kamar minimalis.

2. Desa Sade

Desa Wisata kedua yang harusAnda masukan dalam wishlistmu adalah Desa Sade. Desa ini adalah tempat bermukimnya suku sasak. Dimana mereka masih mempertahankan adat istiadat yang dapat dilihat dari keunikan rumah adat mereka.

Tak hanya itu desa ini juga terkenal akan kain tenun mereka yang khas. Kain tenun buatan tangan nan indah bisaAnda dapatkan di desa ini. Selain mendapatkan produknyaAnda juga akan diajarkan cara membuat kain tenun oleh warga sekitar. Dengan iniAnda bisa pulang dengan produk terbaik dan ilmu terbaik.

3. Desa Ekowisata Kerujuk

Yang ketiga adalah Desa Ekowisata Kerujuk. Kenapa desa ini disebut ekowisata? Karena daya tarik dari desa ini adalah kekreativitasan warga sekitar dalam mengembangkan desa tersebut dengan kearifan lokal. Ada banyak kegiatan yang mereka tawarkan. Salah satunya adakah permainan tradisional khas Lombok yang saat ini sudah jarang ditemui. 

4. Desa Sukarara

Kain Tenun Lombok sumber foto ig @wanakubali
Kain Tenun Lombok sumber foto ig @wanakubali

Setelah ketiga desa wisata diatas yang ditonjolkan oleh keindahan alamnya, ada Desa Sukarara yang terkenal akan sentra kerajinannya. Kerajinan yang paling menonjol di desa ini adalah tenunan yang unik dan tentunya homemade. Kenapa tenunannya terkenal? karena di desa ini kemahiran tenun sudah menjadi tradisi yang mendarah daging warga sekitar, terlebih kemahiran tenun juga menjadi syarat seorang wanita untuk menikah.

Penasaran? Yuk langsung rencanakan kunjunganmu ke Desa Wisata Lombok. Dan langsung praktekan etika yang sudahAnda pelajari diatas.