Salah satu hal yang harus Anda pertimbangakan ketika hendak berlibur ke luar kota atau daerah adalah pemilihan tempat menginap. Tempat menginap yang nyaman penting agar saat beristirahat mampu maksimal dan tentunya memulihkan tenaga, sehingga liburan pun akan menjadi semakin menyenangkan. Sama halnya ketika anda memilih Pulau Lombok sebagai tujuan destinasi wisata, tentu Anda seharusnya sudah membaca tips memilih hotel di Lombok dan menentukan pilihan Anda.

Lombok tersedia begitu banyak tempat menginap, mulai dari guest house, penginapan kecil, hingga hotel yang berbintang sekalipun. Tentu jika berlibur bersama keluarga, opsi terbaik yang mendukung kenyamanan Anda dalam berlibur adalah memilih Hotel.

Tips Memilih Hotel di Lombok

Di setiap Hotel tentu memiliki fasilitas, pelayanan, dan harga yang berbeda. Oleh karena itu, jika Anda ingin memilih Hotel ataupun tempat penginapan di Lombok, kami telah menyiapkan beberapa tips memilih Hotel di Lombok. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pilih Lokasi Hotel yang Dekat dengan Destinasi Wisata

Sebelum berangkat, tentu Anda sudah membuat suatu perencanaan. Dalam perencanaan Anda harus sudah ada daftar destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi. Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan karena berkaitan dengan pemilihan hotel untuk menginap, apakah hotel tersebut dekat dengan tujuan wisata kamu atau berada di pusat kota.

Tentunya akan lebih baik jika memilih hotel yang dekat dengan destinasi wisata tujuan. Pada umumnya hotel yang berada dekat dengan lokasi destinasi wisata cenderung lebih mahal, maka Anda perlu menyiapkan biaya lebih untuk membayar sewa Hotel.

Jika letak hotel dekat dengan tempat wisata yang akan dituju, maka tak perlu pusing memikirkan transportasi ke tempat tujuan. Selain itu, semakin mudah akses menuju destinasi tujuan juga kemungkinan besar juga akan memangkas biaya transportasi. Budget pun bisa dialokasikan untuk hal lain, seperti membeli oleh-oleh.

Hotel di dekat Pantai, sumber ig @kiyakabin

Namun, jika tujuan destinasi wisata cukup beragam, Anda perlu memilih hotel yang berada di pusat kota. Biasanya hotel yang berada di pusat kota dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dan bahkan lebih murah. Selain itu, akses ke wisata tujuan juga akan jauh lebih mudah karena berada dekat dengan jalur bus atau transportasi publik lainnya.

2. Sesuaikan Fasilitas Hotel dengan Kebutuhan

Ada Harga ada kualitas. Biasanya, harga sewa yang diberikan oleh pihak hotel setara dengan fasilitas yang tersedia. Faktor utama yang menyebabkan harga sewa hotel mahal ialah adanya sarana dan prasarana yang lebih memadai dan lengkap. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan pula ada hotel yang harganya terbilang murah, tetapi memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hal itu kembali pada kebutuhan Anda selama liburan.

Jika tujuan menginap di hotel hanyalah untuk tempat singgah sementara dan meletakkan barang bawaan, maka pilih hotel yang hanya menawarkan kebutuhan dasar seperti tidur dan mandi. Biasanya hotel yang hanya menyediakan kebutuhan dasar tersebut harganya lebih murah. Namun hendaknya tetap periksa layanan hotel.

Jika tujuan tujuan menginap terbilang cukup lama dan bersama teman / keluarga, Anda bisa menyewa hotel yang lebih mahal dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Selain itu, Anda bisa menyiasati biaya hotel dengan saling sharing biaya sewa dengan teman liburanmu.

3. Pastikan Keamanan Hotel

Selain Fasilitas, tips memilih hotel di Lombok berikutnya adalah masalah keamanan dan kenyamanan selama menginap di hotel. Kedua hal ini juga Anda perlu perhatikan. Anda bisa pastikan dengan membaca informasi seputar review atau testimoni hotel tersebut di fitur review yang terdapat di website resmi, google maps, dan website-website review wisata lainnya.

Tidak jarang hotel atau penginapan yang terlihat bagus karena dilihat melalui media sosial atau website. Namun tampak aslinya tidak begitu sama dengan gambar di media atau website. Maka sebelum memilih atau memesan, bisa memastikan terlebih dahulu dengan mengunjunginya atau memilih hotel yang pernah dipilih oleh kerabat atau teman dekat Anda.

Resort di Lombok, sumber ig mirza_ardiany
Resort di Lombok, sumber ig @mirza_ardiany

Jasa paket wisata Lombok sebenarnya juga bisa membantu Anda untuk melihat informasi terkait penginapan atau hotel. Maka tidak ada salahnya untuk meminta rekomendasi dari firstlomboktour.com.

4. Pilih Hotel Sesuai dengan Budget

Setelah Anda mengecek lokasi, fasilitas, keamanan, hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah tarif sewa hotel. Tentunya harus memperkirakan akomodasi untuk penginapan Anda ketika berlibur. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda ketika liburan. Jika memiliki low budget, Anda harus memilih hotel yang tak terlalu mahal atau tidak yang sesuai dengan budget anggaran penginapanmu.

Perkirakan budget dan batasi biaya sesuai keperluan Anda untuk urusan penginapan. Sehingga biaya liburan Anda tidak akan terbuang sia-sia hanya karena penginapan yang menawarkan bermacam fasilitas yang menggiurkan. Jangan sampai Anda terlena dengan fasilitas-fasilitas mewah yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan untuk liburan Anda.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon

Dengan berkembangnya teknologi, kini mencari hotel pun semakin mudah. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mencari hotel melalui smartphone. Selain itu, dengan adanya internet informasi dengan mudah Anda bisa dapatkan kapanpun dan dimanapun. Salah satu tips yang dapat anda gunakan untuk mencari hotel yang murah dengan fasilitas memadai adalah mencari hotel yang mengadakan promo dan diskon.

Oleh karena itu, seringlah mengecek secara berkala aplikasi pemesan hotel dari smartphone Anda. Tidak jarang pihak hotel atau aplikasi memberikan diskon atau promo sehingga harga sewa hotel pun menjadi murah.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat menikmati wisata di Lombok.

WhatsApp chat