Lombok Tengah merupakan salah satu kabupaten atau Daerah Tingkat II yang berada di Propinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan luas wilayah sekitar 1.208,39 km2, daerah yang beribukota Praya ini memiliki sekitar 860.209 jiwa. Seperti halnya beberapa wilayah di Pulau Lombok, Kabupaten Lombok Tengah juga memiliki beberapa tempat wisata andalan yang ramai dikunjungi para wisatawan, terutama wisata pantai, gunung dan air terjun. Oleh sebab itu kami mencoba merangkum beberapa objek wisata anti mainstream di Lombok Tengah untuk Anda semua.

Bendungan Pengga

Bendungan Pengga merupakan sebuah bendungan tua yang dibangun pada tahun 1991-1994. Seiring dengan perkembangan zaman kini bendungan tua ini telah dijadikan sebuah objek wisata yang cantik dan ciamik. Bendungan ini terletak di Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Memasuki pintu masuk menuju kawasan bendungan, para wisatawan akan disambut dengan asrihnya pepohonan berdaun rindang dan rerumputan yang cukup tebal. Bendungan ini menjadi sumber irigasi bagi sekitar 3.585 ha lahan disekitarnya, juga mejadi salah satu pemasok air bagi masyarakat sekitar.

Bendungan Pengga di Lombok Tengah, sumber ig kiki_goceng

Bendungan Pengga di Lombok Tengah, sumber ig @kiki_goceng

Bendungan Batujai

Selain Pengga, Lombok Tengah juga memiliki Bendungan Batujai. Bendungan ini dibangun di Sungai Panunjak, sedang mata airnya berasal dari lereng Gunung Kundo dan bermuara di selat Lombok. Selain berfungsi debagai sumber air utama untuk daerah sekitar, bendungan yang satu ini kini dikembangkan sebagai objek wisata Lombok.

Bendungan Batujai di Lombok Tengah, sumber ig dewadeteguh

Bendungan Batujai di Lombok Tengah, sumber ig @dewadeteguh

Gua Bangkang

Gua Bangkang, objek wisata yang satu ini pasti masih sangat asing di telinga para penikmat wisata. Gua ini terletak di Dusun Bengkang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, lokasinya sangat dekat dengan Pantai Kuta dan Mawun. Goa yang diperkirakan ada sejak ratusan tahun silam ini dikelilingi dengan batu cadas yang mengagumkan, diding goa juga dihiasi dengan ornamen alam yang tak kalah menakjubkan. Bagi para wisatawan yang hendak berkunjung diharapkan untuk membawa masker penutup hidung, karena di bagian dalam goa terdapat ratusan kelelawar yang mengeluarkan kotoran dengan bau yang menyengat. Informasi wisata goa lainnya bisa kunjungi halaman ini : Wisata Gua Menarik di Lombok

Goa Bangkang di Lombok, sumber ig @baliqbal_

Goa Bangkang di Lombok, sumber ig @baliqbal_

Pusat Kerajinan Tenun Tradisional Desa Sukarara

Tenun Lombok menjadi buah tangan yang sangat menarik untuk dibawah pulang, maka tak heran jika banyak wisatawan rela berburu kain tradisional ini sebelum meninggalkan berbagai objek wisata di Lombok. Di Desa Sukarara inilah para perempuan suku Sasak memproduksi berbagai macam kain tenun khas Lombok. Selain bisa memilih dan membeli kain tenun, di sini para wisatawan juga bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan kain tenun secara manual. Sangat menarik bukan.

tour tamu dari malaysia - berfoto di lumbung padi lombok

Berfoto di lumbung padi khas Lombok di Desa Sukarara

Pusat Kerajinan Gerabah Penunjak

Desa gerabah, begitulah sebagian besar masyarakat menjuluki Desa Penunjak Lombok, karena mayoritas penduduknya memiliki pencaharian sebagai pembuat gerabah. Di desa ini para wisatawan bisa melihat proses pembuatan gerabah yang terbuat dari tanah liat, mulai dari pematangan bahan baku berupa tanah liat, kemudian pembentukan model gerabah, pengeringan, hingga proses akhirnya. Selain memproduksi gerabah konfensional atau gerabah pada umumnya, masyarakat Desa Gerabah Penunjak Lombok juga menerima pesanan gerabah sesuai dengan keinginan atau permintaan para pemesannya atau belanja langsung di tempat ini. Tentu saja hasil kerajinan berupa gerabah bisa menjadi oleh-oleh khas Lombok atau penambah koleksi perabot rumah tangga Anda.

Gerabah Penunjak Lombok Tengah, sumber ig junkethniclombok

Gerabah Penunjak Lombok Tengah, sumber ig @junkethniclombok

Masjid Kuno Rembitan

Berlokasi di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Masjid Kuno Rembitan berada di lokasi perbukitan nan asrih. Bangunan masjid kuno ini berukuran sekitar 7,80 meter x 7,60 meter saja. Di samping masjid terdapat sebuah kolam ikan dengan kedalaman mencapai 2,5 meter. Bagian pondasi bangunan masjid terbuat dari tanah dengan dinding terbuat dari bamboo dan bagian atapnya terbuat dari alang-alang yang dikeringkan. Yang unik dari masjid ini adalah sejarahnya yang sangat kental dengan persebaran agama islam di Pulau Seribu Masjid Lombok.

Masjid kuno Rembitan di Desa Sade, sumber ig faniatmanti

Masjid kuno Rembitan di Desa Sade, sumber ig @faniatmanti

Demikian tempat wisata di Lombok Tengah anti mainstream yang dapat Anda kunjungi. Bagi Anda yang bosan denga wisata pantai beberapa alternatif wisata di atas dapat menjadi solusi yang pas. Jangan lupa untuk mengajak saudara atau keluarga saat berwisata, agar momen-mommen wisata Anda semakin menyenangkan. Jika memerlukan bantuan untuk mengatur perjalanan Anda, jangan sungkan untuk mengontak kami, First Lombok Tour sebagai agen paket wisata Lombok bisa membantu mewujudkan liburan impian Anda di pulau Lombok. Terimakasih.