Traveling menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dan menegangkan. Pasalnya, banyak kenangan yang akan menjadi cerita indah di hari kelak. Perjalanan dalam traveling juga tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu peluang besar menikmati warna-warni lukisan sang pencipta. Traveling bisa menyuguhkan kesan luar biasa tanpa bisa diungkap dengan kata-kata. Lokasi wisata yang sangat popular akan menjadi tujuan para wisatawan untuk traveling. Salah satunya adalah pulau Lombok. Sebelum menjalankan misi traveling, para wisatawan harus mengetahui persiapan traveling ke Lombok. Jika tidak, selain kata tersesat saat berkunjung ke sana, juga akan menderita sepanjang lingkup wisata. Para wisatawan akan menghidupi diri sendiri saat di lokasi wisata.

Persiapan Traveling Ke Lombok Yang Harus Dipenuhi

Lombok menjadi destinasi wisata yang menarik. Akan tetapi, sebelum menuju ke Lombok haruslah para wisatawan mengetahui persiapan sebelum menuju lokasi. Persiapan dilakukan untuk mempersiapkan segala bentuk keinginan dalam traveling tercapai. Adapun persiapan traveling ke Lombok yang wajib diketahui diantaranya:

1. Ketahui Cara Berwisata

Siapapun pasti ingin traveling yang akan dilakukannya penuh dengan hal yang menyenangkan. Namun, banyak sekali para traveling melakukan kesalahan. Traveling biasa tercetus seketika tanpa perencanaan dan menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan. Maka, wajib bagi para wisatawan ketika ingin traveling mengetahui cara berwisata ke Lombok. Biasanya, para wisatawan akan melakukan perjalanan dengan berbagai macam cara seperti backpacker, flashpacker atau dengan cara eksklusif. Cara traveling tersebut dilakukan sesuai selera masing-masing.

2. Siapkan Tiket Perjalanan

Lombok bukan sebuah pulau yang mampu dijejaki dengan beberapa langkah. Bagi para wisatawan diharapkan mempersiapkan tiket perjalanan agar terstruktur travelingnya. Jika ingin naik bus, pesan tiket bus seminggu sebelum perjalanan dilakukan. Apabila ingin naik pesawat, pesan tiket pesawat jauh-jauh hari agar menghemat biaya transportasi. Tiket perjalanan yang dipesan sebelum keberangkatan akan mempermudah jalannya traveling.

Ilustrasi tiket perjalanan wisata ke Lombok, sumber unsplash

Ilustrasi tiket ke Lombok, sumber unsplash

3. Rencanakan Penginapan

Persiapan traveling ke Lombok selanjutnya adalah penginapan. Jika berwisata ke Lombok, tidak lumrah bila menikmati surga alam hanya sehari. Rencanakan penginapan sesuai selera. Lombok menyediakan banyak penginapan dan hotel. Sebelum traveling, pesan penginapan maupun hotel jauh sebelum traveling dilakukan agar tidak kehabisan. Lokasi penginapan alangkah baiknya tidak terlalu jauh dengan objek wisata yang akan dikunjungi.

4. Tentukan Objek Wisata

Lombok merupakan surga alam yang sangat memanjakan mata. Sebelum melakukan traveling, sebaiknya menentukan objek wisata yang akan dikunjungi. Pilih objek wisata yang memiliki rute berdekatan atau tidak terlalu menghabiskan biaya tinggi. Selain menghemat waktu, pilihan objek wisata juga menghemat tenaga juga budget.

5. Perkirakan Budget

Budget menjadi prioritas dalam segala hal. Termasuk dalam persiapan traveling ke Lombok yang sangat memperkirakan budget. Budget bisa dihitung dari tiket perjalanan, tiket masuk wisata, biaya makan, tiket pulang, biaya penginapan dan biaya yang tidak terduga lainnya. Hitung biaya secara keseluruhan agar bisa menentukan jumlah tunai yang harus dibawa.

6. Catat dan Persiapkan Barang Bawaan

Mencatat barang bawaan dalam selembar kertas akan memudahkan prioritas barang bawaan yang akan dibawa saat berwisata ke Lombok. Catatan juga berfungsi agar saat packing atau persiapan tidak ada yang tertinggal. Selain itu, catatan akan berguna saat di lokasi wisata. Setidaknya, catatan dengan persiapan sebelum melakukan wisata akan meminimalisir resiko barang yang tinggal.

Berwisata menggunakan tas, sumber unsplash

Ilustrasi tas wisata, sumber unsplash

7. Persiapan Fisik

Lombok merupakan sebuah pulau wisata yang bisa diakses dengan beragam cara. Jika ingin berwisata ke banyak lokasi, persiapkan fisik dengan baik. Fisik yang sehat akan memaksimalkan persiapan traveling ke Lombok dalam segala hal. Persiapan fisik yang baik akan mematangkan persiapan dan kesan positif yang tidak mudah dilupakan.

Itulah ke 7 tips mudah persiapan traveling ke Lombok yang penting untuk dicermati terlebih dahulu saat akan liburan ke Lombok. Ingat, persiapan liburan yang matang adalah separuh dari liburan yang menyenangkan. Jangan sampai liburan Anda menyisakan penyesalan karena kurang persiapan. Terimakasih sudah menyimak dan silahkan share ke sosial media jika berkenan.