468

Tempat Rafting di Lombok – Bila anda ingin mencari tempat rafting di Lombok, anda bisa mencobanya di Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Tepatnya terletak sekitar 15 km dari kota Mataram. Kecamatan Lingsar terdiri dari 10 desa di antaranya Batu Kumbung, Batu Mekar, Dasan Geria, Duman, Gegerung, Karang Bayan, Langko, Lingsar, Peteluan Indah, dan Segerongan. Desa-desa tersebut merupakan wilayah yang kaya dengan sumber mata air dan berada di bawah bukit rimbun serta lebat.

Wisata rafting di Lombok ini masih terbilang baru. Selain rafting, di Desa Batu Mekar juga menawarkan pemandangan persawahan subur dan bukit hijau dan dijadikan sebagai lokasi arung jeram. Aliran sungainya yang deras diapit oleh bebatuan menjadi tantangan bagi wisatawan untuk mencoba rafting/arung jeram.

Batu Mekar, Lingsar Tempat Rafting Di Lombok Yang Recommended

Bagi anda yang sangat menyukai tantangan, anda wajib mencoba tempat rafting di Lombok yang terletak di Desa Batu Mekar ini. Berikut informasi lengkapnya:

Lokasi Desa Batu Mekar, Lingsar

Letak Desa Batu Mekar anda bisa mengambil jalur utama jalan provinsi melalui pertigaan di depan Taman Narmada. Kemudian anda lurus ke arah utara sampai menemukan pertigaan bertugu kecil, anda akan memasuki jalan Karang Bayan. Selanjutnya anda akan menemukan gerbang selamat datang di Desa Batu Mekar. Anda tinggal mengikuti jalan yang semakin menyempit sampai menemukan aliran sungai Jangkuk. Tidak terlalu jauh dari sungai tersebut anda akan menemukan basecamp rafting. Basecamp ini berada di lokasi finish dari rute arung jeram yang dilalui. Anda akan membutuhkan waktu untuk menuju start arung jeram yang berada di hulu sungai, sungai tersebut bermuara di Pantai Ampenan.

arung jeram di batu mekar lombok, sumber ig jangkuk_raftingpro

Arung jeram di batu mekar lombok, sumber ig @jangkuk_raftingpro

Suasana Rafting Di Batu Mekar

Suasana di sekitar lokasi rafting sangat asri dengan alam pedesaan yang sejuk dan dekat bukit yang berjajar. Panjang aliran sungai yang dilalui untuk rafting sepanjang 6 km dengan jarak tempuh 2 jam. Bahkan bisa 1,5 jam apabila debit aliran sungai besar terutama jika pada musim hujan. Kedalaman sungai berkisar antara 1 – 1,5 meter bahkan ada lokasi yang membuat rafting kandas.

Tantangan Rafting Di Batu Mekar

Rafting di Batu Mekar ini ada tiga tantangan bertahap yang harus dilalui, ketika melaluinya siapkan diri anda untuk berteriak sekeras-kerasnya.

  • Tantangan 1 merupakan tantangan yang akan anda temukan saat anda sudah 1/3 perjalanan. Tantangan yang satu ini membawa anda dan perahu karet menukik sedalam 180 derajat. Pegangan yang erat dan teriaklah sekeras-kerasnya untuk menambah seram suasana.
  • Tantangan 2 merupakan welcome challange yang membuat anda shock sesaat, karena tantangan ini sebagai permulaan yang memberikan sensasi menegangkan. siapkan diri anda dengan tantangan awal karena sensasinya akan berbeda dengan tantangan yang lainnya.
  • Tantangan 3 adalah tantangan yang paling menyeramkan. Jalur menurun terjal sejauh 100 meter ini terdengar riuk air yang deras menurun. Siapkan kayuh agar perahu karet berjalan baik sesuai dengan arah jalur sungai, kayuh secepat dan sekuat tenaga.

Beberapa Faktor Penting Dan Menarik Dari Tempat Wisata Rafting Ini

  • Ada beberapa faktor penting dan menarik dari tempat wisata rafting di Batu Mekar ini, sehingga anda harus mencobanya.
  • Memiliki tantangan yang sangat memukau dengan arus deras meliuk dan jarak tempuh sejauh 6,5 kilometer dari hulu ke hilir.
  • Anda akan melewati jalan yang dipenuhi oleh perkebunan buah yang akan menjadi pemandangan yang tidak terlupakan.
  • Jarak yang tidak begitu jauh dari pusat kota akan memudahkan dan menghemat energi untuk digunakan saat rafting mania.
  • Anda akan dilengkapi dengan alat yang sudah menjadi bagian dari standar rafting (helm, life jacket dan pengayuh).

Paket wisata lombok berupa wisata arung jeram di Batu Mekar ini patut dicoba untuk Anda yang hobi dengan petualangan dan air. Namun perlu diingat tetap memperhatikan alat pelindung diri saat bermain arung jeram. Kita tidak tahu kondisi di lapangan seperti apa sehingga pilihan melakukan persiapan yang baik adalah pilihan terbaik. Selamat bersenang-senang di wahana arung jeram di Batu Mekar Lombok. Jangan lupa jaga kondisi setelah berwisata sambil berolahraga arung jeram. Trimakasih, jika berkenan silahkan share informasi ini kepada yang lain. Semoga bermanfaat.