Tips liburan low budget tentunya semua orang menginginkannya ya gais. Tapi dari sekian banyak tips liburan low budget, mana menurut Anda yang paling hemat?. Atau jangan – jangan Anda belum mendapatkan tips liburan low budget yang paling hemat? Hehehe.

Ngomong – omang soal liburan, selain harus tahu tips liburan low budget juga harus tahu dong mau liburan kemana. Biar nanti juga lebih enak kan nentuin seberapa cukup uang yang harus kita persiapkan dan bawa.

Sedikit bocoran nih untuk tempat liburan dan wisata sebelum kita lebih lanjut bahas soal tips liburan low budgetnya. Kalau menurut penulis sendiri sih lebih asyik liburan ke gunung. Ya betul! Muncak dan camping beberapa hari di sana.

“Loh, itu kan menurut penulis. Beda kali meneurut saya, hahaha.” Kali aja ada yang komen begitu, wkwkw. Oke – oke gais, mari kita fokus kembali ke pembahasan. Hehe. Ohya, jangan lupa untuk bawa minyak aroma terapi ya nanti kalau liburan.

Jadi memang untuk tips liburan low budget mungkian Anda sudah sering menemukan diberbagai tulisan lain. Tetapi sudahkah Anda menemukan tulisan yang membahas tips liburan low budget paling hemat?. Baik, kalau belum terus lanjut tulisan ini. Kalau belum, ya baca lagi. Hahaha.

Gambar ilustrasi tips liburan low budget diambil dari istockphoto.
Gambar ilustrasi tips liburan low budget diambil dari istockphoto.

3 Hal Penting Tips Liburan Low Budget!

Nah, dari judulnya saja Anda mungkin sudah bisa menilai kalau memang tulisan ini berbeda dengan yang lain. Heheh, pede banget sih. Ya memang beda, tapi mungkin saja ada yang sama kontennya. Wkwkw. Tapi saya pastikan ada yang beda. Karena ini tips liburan low budget paling hemat.

Ooops, sudah deh yang canda. Hehehe. Namanya juga mau liburan kan, ya harus senang dong. Dan jangan lupa bahagia, eaaak. Oke – oke gais, maafin penulis kalau suka becanda. Mari kita mulai fokus kembali membangun kepemerintahan yang karut marut ini. Wkwkwkw. Terakhir kok!

Ya gais, jadi kita sebagai wisatawan dan calon wisatawan ataupun yang sekadar ingin liburan saja. Kita harus menuntut diri kita untuk cerdas. Cerdas disini maksudnya dalam mengelola keuangan ya. Dan bagaimana itu? Temukan poin – poin tips liburan low budget dikalimat bawah ini.

1. Persiapkan Biaya Liburan

Tips liburan low budget yang pertama dan sangat penting ini adalah pastikan kita punya uang. Tentu tidak sekadar punya ya. Tapi juga harus cukup, tidak melulu harus banyak. Karena yang banyak saja masih banyak yang tidak cukup. Sebab tidak atau kurangnya mereka bersyukur.

Dan untuk cukup kita juga perlu mempersiapkannya sebelum tiba hari dimana kita mau liburan ataupun juga berwisatawan. Anda bisa melakukannya dengan cara menabung dari sebagian penghasilan.

Atau menambah sumber pemasukan keuangan Anda, yang penting halal. Maka dari sini Anda bisa punya biaya cukup nanti untuk liburan. Cukup liburan kemana saja yang Anda suka. Cukup memborong oleh – oleh disetiap tempat liburan. Dan cukup bahagiakan keluarga.

Ilustrasi gambar liburan ke gunung diambil dari istockphoto.
Ilustrasi gambar liburan ke gunung diambil dari istockphoto.

Selain Anda harus mempersiapkan biaya liburan. Tak kalah pentingnya juga perlu tahu klinik dokter gigi ya. Hal ini bisa untuk antisipasi kalau kita atau anggota keluarga ada yang sakit gigi.

2. Buat Rincian Biaya Liburan

Nah, setelah Anda sudah merasa cuku biaya. Tak kala pentingnya lagi dari tips liburan low budget ini adalah membuat rincian. Karena rincian ini akan sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan.

Agar sebelum hari liburan tiba Anda bisa mengantisipasi berapa biaya yang harus ada untuk cadangan. Atau bahkan kekurangan misalnya, jadi Anda bisa menutup kekurangan itu diwaktu – waktu sebelum hari liburan tiba.

Contoh rinciannya misal terkait makan. Anda mau makan berapa kali sehari dan dimana?. Lauknya apa saja dan minumnya apa saja?. Terus mau berapa hari Anda liburan?. Dan begitu kebutuhan yang lainnya. Inikan sangat membantu Anda mengelola biaya berapa yang harus Anda keluarkan..

Dari contoh sederhana tips liburan low budget itu mungkin Anda sudah bisa membayangkan dan merasakan kemudahannya ya?. Itu masih belum diperinci lagi. Misal soal penginapannnya nanti, kemudiann transportasi apa yang mau kita pakai?. Dan berapa anggota keluarga yang mau kita ajak?.

3. Riset dan Bertanya

Dan untuk yang terakhir dari tips liburan low budget ini adalah riset dan bertanya. Maksudnya gimana? Gini – gini ­bro, jadi Anda melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu ke tempat liburan yang mau dituju. Ya bisa dikatakan survei begitulah. Dan yang pertama dilihat oleh para wisatawan tentunya keindahan alamnya ya. Contoh saja semisal keindahan Goa Batu Cermin.

Anda pastikan berapa harga tiket masuk ke tempat wisata itu. Kemudian apa saja wahananya, keluarga suka atau tidak dengan itu wahana. Serta menu makanan dan pusat oleh – olehnya seperti apa?. Dan begitu seterusnya, banyak – banyaklah tahu tentang tempat itu.

Ilustrasi gambar tips liburan low budget diambil dari istockphoto.
Ilustrasi gambar tips liburan low budget diambil dari istockphoto.

Setelah Anda sudah melakukannya, tips liburan selanjutnya adalah bertanyalah kepada yang sudah berpengalaman. Bisa tanya kepada saudar, kerabat, sahabat, teman dan tetangga. Tapi tidak boleh sama pacar ya!

Karena hal ini juga sangat membantu Anda untuk melakukan riset atau survei tadi. Juga akan lebih memudahkan Anda untuk mengetahui innformasi – informasi penting terkait tempat liburan itu.

Ya misalnya seperti harga tiketnya berapa, tempat makan dan pusat oleh – oleh yang lebih murah dimana. Dan wahana – wahananya menyenangkan atau tidak?. Inikan juga bisa semakin memudahkan Anda untuk menentukan mau liburan kemana, iya kan?

Nah, itulah 3 tips liburan yang bisa membuat Anda mengeluarkan uang paling hemat. Semua bisa terrencana dengan rapi dan tentunya membantu Anda dalam mengelola keuangan untuk liburan.

Eits, satu hal yang sekiranya perlu digaris bawahi. H – E – M – A – T bukan berarti P – E –  L – I – T. Tetapi hemat itu adalah mengeluarkan uang secara produktif. Dan produktif itu adalah yang sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Sedangkan pelit itu ya sebaliknya dari hemat itu tadi. Sederhanakan?! Hehe. Jangan lupa juga untuk tahu terkait tips mendapatkan wifi gratis. Agar uangmu semakin produktif.

Oke terimakasih banyak. Selamat berlibur dan berbahagia bersama. Tentu jangan lupa share artikel ini ya, bila Anda merasa bahagia. Hehehe.