468

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Tentu kalimat tersebut tidak berlebihan. Jika kita renungkan bersama, segala sesuatu tidak akan optimal jika tubuh kita sakit. Semua makanan terasa hambar atau tak enak saat kita sakit. Begitu pula dengan kegiatan, kegiatan juga akan terasa berat dan tentunya tubuh terasa lemas serta tak bertenaga saat kita sakit.

Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Kesehatan sangat penting saat kita berwisata. Dengan tubuh yang sehat dan bugar kita bisa menikmati semua rangkaian dan bagian dari wisata. Sedangkan jika kita sakit tentu saja agenda wisata tidak akan berjalan dengan baik. Nah, nggak pengen dong agenda wisata kita berakhir di sekitaran hotel saja. Simak beberapa tips dari Tim First Lombok Tour agar tubuh kita tetap bugar saat berwisata.

1. Istirahat Cukup

Momen berwisata merupakan kesempatan yang langka, apalagi berwisata bersama saudara atau keluarga yang jarang bertemu. Tentu momen ini semakin berharga. Walaupun momen berwisata bersama merupakan momen yang sangat berharga tetapi kita juga harus tetap memperhatikan kondisi atau hak tubuh. Tubuh juga butuh istirahat yang cukup. Terutama jika agenda wisata kita dipenuhi dengan aktifitas-aktifitas outdoor yang melelahkan seperti diving, hiking, tracking dll.

Foto oleh Claudia Mañas di Unsplash

Foto oleh Claudia Mañas di Unsplash

2. Tetap Berolahraga

Berwisata bukan berarti enak-enakan, nggak bergerak atau nggak olahraga sama sekali. Justru saat berwisata kita harus tetap berolahraga seperti biasanya. Karena saat berlibur tubuh kita masih tetap harus dijaga kebugarannya. Berolahraga juga mampu membuat tubuh kita menmengeluarkan keringat. Sehingga tubuh tetap vit dan semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Foto oleh Bruno Nascimento di Unsplash

Foto oleh Bruno Nascimento di Unsplash

3. Perbanyak Minum Air Putih

Lebih dari setengah tubuh kita terdiri dari cairan, dan air mendominasinya. Oleh sebab itu, air menjadi komponen yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan kondisi tubuh. Ketika porsi air berkurang, maka akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Jika hal ini dibiarkan maka akan berdampak buruk pada tubuh. Termasuk gangguan ginjal.

Beraktivitas selama wisata menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Tentu saja hal ini akan menurunkan cairan tubuh. Banyak minum air putih adalah salah satu solusinya. Dengan memperbanyak minum air putih cairan tubuh akan tetap terjaga. Sehingga tubuh akan tetap bugar dan bisa beraktifitas dengan baik.

Photo oleh Ibrahim Boran di Unsplash

Photo oleh Ibrahim Boran di Unsplash

4. Jaga Asupan Makanan

Berlibur bukan berarti bebas. Bebas makan apa saja yang diinginkan. Selama liburan kita tetap harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Usahakan tidak telat makan atau malah makan berlebihan. Selanjutnya jangan lupa juga menghitung kalori yang masuk kedalam tubuh. Jangan terlalu banyak makan-makanan berminyak, berlemak dan pedas. Intinya, tetap jaga dan perhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh kita.

Foto oleh Toa Heftiba di Unsplash

Foto oleh Toa Heftiba di Unsplash

5. Jaga Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh menjadi salah satu kunci kesehatan dan kebigaran tubuh. Terlebih jika kita sedang berlibur atau berwisata. Ketika kita berwisata, kita akan sering malakukan aktivitas luar ruangan. Pada saat itulah tubuh kita akan mudah sekali terpapar benda asing seperti debu, panas, asap dan lain sebagainya. Jika kita membiarkan hal ini dan tidak membersihkannya sama sekali, maka bukan tidak mungkin jika polutan tersebut akan menyebabkan kita sakit.

Photo oleh Matthew Tkocz di Unsplash

Photo oleh Matthew Tkocz di Unsplash

6. Minum Multi Vitamin

Salah satu zat yang tidak dapat dihasilkan atau diproduksi oleh tubuh kita adalah vitamin. Vitamin hanya dapat diperoleh dari sumber vitamin yang berada di luar tubuh manusia, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Seiring dengan perkembangan waktu, kini vitamin sudah dapat diekstrakkan dalam bentuk padat (tablet) dan cair (sirup). Sehingga sekarang cukup mudah bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, yakni dengan mengkonsumsi multi vitamin secara rutin. Terutama selama berwisata.

Demikian beberapa tips agar tubuh kita tetap bugar selama berwisata. Banyak orang yang pergi berwisata namun lupa untuk menjaga kesehatan. Hasilnya, tak sedikit yang sakit saat berwisata. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dan menyiksa. Mari hidup sehat termsuk saat berwisata, agar momen berharga kita tak terlewatkan.