468

Macet, rutinitas kerja di kantor dan seabrek kepenatan lainnya sering membuat banyak orang lelah. Maka tidak sedikit yang mendambakan waktu berlibur atau berwisata ke sebuah tempat yang baru untuk melepaskan semua beban-bebannya. Sudah barang pasti, semua orang yang mendambakan kesempatan “mahal” tersebut menginginkan agar momen berwisatanya terasa menyenangkan serta bebas hambatan. Terlebih bagi yang sudah berkeluarga, berlibur menjadi sebuah kesempatan emas yang harus dapat dimanfaatkan dengan sangat baik.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan

Ternyata banyak orang yang harus menghadapi beberapa kendala ketika pergi berwisata. Momen-momen yang seharusnya dapat dinikmati terkadang bisa berubah 180 derajat menjadi mimpi buruk. Salah satu penyebab utamanya tak lain dan tak bukan karena kurangnya persiapan dan perencanaan ketika hendak berwisata. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini tim First Lombok Tour akan memberikan tips terkait 8 hal penting yang harus diperhatikan sebelum berwisata.

Sumber gambar unsplash, @jeshoots.com

Sumber gambar unsplash, @jeshoots.com

Kumpulkan Informasi Lokasi Wisata

Informasi tentang lokasi wisata tujuan menjadi hal yang paling penting yang harus kita ketahui sebelum pergi berwisata. Terlebih jika kita berwisata ke tempat yang benar-benar baru bagi kita, ke Pulau Lombok misalnya. Sebelum berwisata ke sana tentunya kita harus mencari tahu beberapa hal tentang Pulau Lombok terlebih dahulu. Seperti informasi tentang objek wisata, budaya, bahasa, hingga informasi tentang beberapa spot fasilitas atau tempat umum seperti alun-alun, masjid Agung atau bahkan terminal dan pelabuhan.

Informasi terkait lokasi wisata tujuan akan sangat membantu kita saat berwisata. Kita jadi tahu lokasi-lokasi atau spot-spot wisata yang menarik dan lagi nge-hits. Kita juga tahu sarana prasaran atau tempat umum di tempat tersebut. Jadi pada saat kita datang ke lokasi wisata, kita tidak akan kebingungan.

Sumber gambar Unsplash, @rawpixel

Sumber gambar Unsplash, @rawpixel

Tentukan Lokasi Tujuan Wisata (Objek Wisata)

Setelah mendapatkan gambaran global terkait wilayah yang akan kita kunjungi, maka hal selanjutnya yang harus kita tentukan adalah lokasi atau objek wisata yang akan kita datangi. Jangan sampai datang ke sebuah wilayah, kemudian kita bingung mau kemana. Maka dari itu, menentukan lokasi tujuan wisata ini sangat penting bagi kita. Khususnya yang memiliki waktu terbatas dan ingin memanfaatkannya dengan baik.

Wisata-wisata terpopuler atau yang sedang naik daun bisa menjadi pilihan bagi kita yang ingin ngeksis. Sedangkan bagi kita yang tidak teralalu suka dengan keramaian, kita bisa memilih objek wisata yang masih baru dan belum populer. Mengunjungi beberapa objek wisata yang saling berdekatan termasuk pilihan yang tepat agar waktu kita tak habis di jalan.

Rencanakan Agenda Wisata

Setelah mengumpulkan informasi yang cukup tentang tujuan wisata dan menentukan objek wisata yang hendak dikunjungi, maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah merencanakan agenda wisata kita. Tentukan beberapa hal yang akan kita lakukan di hari pertama hingga hari terakhir berwisata. Tentukan juga aktivitas yang sesuai dengan objek wisata yang akan dikunjungi. Misalnya ketika kita mengunjungi Bukit Merese di Lombok maka aktivitas yang cocok adalah bersantai bersama keluarga sembari menikmati indahnya matahari tenggelam. Beda halnya ketika kita mengunjungi Pantai Pink Lombok, ada banyak pilihan aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengeksplore indahnya pantai seperti berenang, jalan-jalan, dan piknik di tepi pantai.

Perencanaan aktivitas selama berwisata merupakan salah satu kunci penting dalam agenda wisata. Khususnya bagi pasangan suami isteri yang sudah memiliki anak, atau keluarga kecil. Karena aktivitas yang kita tentukan terkait erat dengan persiapan barang yang harus kita bawa.

Persiapkan Barang Bawaan

Barang bawaan atau perlengkapan berwisata menjadi hal penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan wisata. Karena barang-barang pribadi biasanya cukup sulit untuk didapatkan di daerah atau sekitar objek wisata. Jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia gara-gara mencari barang keperluan pribadi yang sebenarnya bisa dipersiapkan sejak dari rumah.

Bawalah barang-barang yang dibutuhkan, jangan memenuhi tas atau koper dengan barang-barang yang sekiranya tidak akan dipakai atau tidak berfaedah. Intinya kita harus membawa barang barang sesuai dengan keperluan saja. Kemudian jangan sampai meninggalkan barang penting di rumah. Untuk itu, maka kita harus mempersiapkan barang bawaan berwisata jauh-jauh hari. Bila perlu buat daftar barang bawaan dan lakukan double checking pada H-1.

Sumber foto Unsplash, @Anete Lūsiņa

Sumber foto Unsplash, @Anete Lūsiņa

Jangan Lupakan Dokumen Penting

Sebelum melakukan perjalanan wisata, dokumen-dokumen penting juga perlu kita persiapkan loh. Diantara dokumen yang paling penting adalah identitas diri seperti KTP. Selanjutnya adalah kelengkapan lain yang dibutuhkan saat berwisata seperti SIM dan tiket kereta api atau tiket pesawat. Dokumen-dokumen tersebut sangat penting dan jangan sampai tertinggal. Nggak lucu kan kalau kita udah sampai bandara atau stasiun, eh ternyata tiket kereta api atau pesawatnya ketinggalan di rumah atau di kantor.

Salah satu dokumen penting yang sering tertinggal adalah tiket. Terutama jika Anda membeli tiket secara manual atau offline. Namun kini kita tak perlu terlalu khawatir, karena hl ini bisa diminimalisir dengan adanya penyedia jasa jual beli tiket secara online. Ada juga beberapa aplikasi pembelian tiket online yang mudah dioperasikan. Jadi data atau tiket kita sudah tersimpan otomatis dalam email atau hp android sesaat setelah kita bertransaksi. Walaupun demikian, tidak ada salahnya jika kita memeriksa tiket sehari sebelum keberangkatan untuk memastikan waktu dan jadwal keberangkatan.

Sumber foto Unsplash, @rawpixel

Sumber foto Unsplash, @rawpixel

Bawa Obat-Obatan Pribadi

Obat-obatan pribadi menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah perjalanan wisata. Khususnya bagi orang dengan riwayat penyakit tertentu. Karena terkadang obat-obatan pribadi atau resep dari dokter merupakan obat racikan yang telah ditentukan dosisnya. Selain itu, biasanya obat-obat tertentu tidak diperjualbelikan secara bebas di apotek pada umumnya, harus menyertakan resep dokter. Maka dari itu wajib hukumnya untuk membawa obat-obatan pribadi, terlebih jika berwisata dalam waktu yang cukup lama di tempat yang cukup jauh dari keramaian.

Sumber gambar Unsplash, @Thoughtcatalog

Sumber gambar Unsplash, @Thoughtcatalog

Selesaikan Seluruh Tugas dan Pekerjaan

Salah satu tujuan berwisata adalah melepas semua kepenatan dan menyegarkan pikiran. Oleh sebab itu seyogyanya tidak boleh ada satu persoalan berat yang membebani pikiran, khususnya terkait pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah. Maka dari itu, sebelum berangkat berlibur, pastikan semua pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah beres. Jangan sampai ada kewajiban di kantor yang tersisa, atau pekerjaan rumah yang tertunda. Karena jika hal tersebut terjadi, maka kualitas berlibur Anda akan terganggu.

Amankan Rumah

Persoalan keamanan menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan, terlebih di zaman saat ini. Walaupun sudah banyak piranti atau alat untuk memaksimalkan keamanan seperti kamera cctv, kunci canggih dll, namun pelaku kejahatan tidak kunjung jerah atau berkurang, malah semakin bertambah. Nah hal ini juga harus menjadi perhatian kita sebelum meninggalkan rumah untuk pergi berlibur. Pastikan semua pintu terkunci dan barang-barang berharga berada pada tempat yang aman. Pastikan melapor ke pihak keamanan komplek, jika rumah kita berada di komplek perumahan.

Kasus kebakaran menjadi salah satu hal yang sering terjadi saat rumah ditinggal oleh penghuninya. Untuk menanggulangi hal ini, maka pastikan semua sambungan  alat listrik di rumah dalam keadaan aman saat ditinggalkan. Selain itu, pastikan sambungan gas LPG terlepas. Bila perlu, amankan beberapa benda yang memicu kebakaran atau mudah terbakar.

Sumber gambar Unsplash, @Eduardmilitaru

Sumber gambar Unsplash, @Eduardmilitaru

Demikian delapan hal penting yang harus diperhatikan sebelum kita pergi berwisata. Tentu masih banyak sekali hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum pergi berwisata. Diantaranya adalah memeriksa informasi tentang penyedia layanan travel yang bisa membantu menyediakan akomodasi perjalanan wisata. Nah bagi Anda yang sedang merencanakan berwisata ke Pulau Lombok dan memerlukan kenyamanan serta kemanan selama berwisata, kami dari First Lombok Tour siap menemani perjalana wisata Anda. Segera hubungi customer service kami di sini ya…