Hiking menjadi salah satu aktivitas yang kini sedang naik daun. Terlebih semakin banyak film atau sinetron yang telah berhasil menyajikan track-track hiking sebagai scene yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja film “5 cm” yang berhasil menyedot perhatian publik dengan cerita persahabatan yang dibalut dengan pesona scene gunung semeru yang menawan. Dari sinilah hegemoni naik gunung atau hiking semakin meningkat.

Perlengkapan Hiking

Aktivitas naik gunung berbeda dengan aktivitas lainnya. Dibutuhkan beberapa persiapan khusus untuk melakukannya. Mulai dari informasi track, persiapan fisik, mental, juga peralatan (terkait persiapan ini baca selangkapnya di sini). Selain itu, aktivitas ini juga membutuhkan perlengkapan khusus yang dirancang untuk mengarungi medan pegunungan dan hutan yang terjal dan tak terprediksi. Oleh sebab itu, peralatan ini harus benar-benar diperhatikan sebelum memulai pendakian. Apa saja perlengkapan tersebut? Simak ulasannya dalam artikel yang dikumpulkan oleh tim First Lombok Tour di bawah ini.

Foto oleh Michał Parzuchowski di Unsplash

Foto oleh Michał Parzuchowski di Unsplash

Alas Kaki Pendakian (Sepatu atau Sandal Gunung)

Alas kaki pendakian merupakan salah satu barang yang wajib dipakai oleh para pendaki. Medan pendakian jelas berbeda dengan medan biasa. Medan dakian sangat bervariasi kadang terjal, berbatu, menanjak atau menurun curam. Alas kali pendakian yakni sepatu gunung atau sandal gunung didesain khusus untuk medan daki yang sangat bervariasi. Bagian bawah sepatu/sandal dilengkapi dengan grip yang kuat mencengkram medan sehingga kita tidak mudah terpeleset atau jatuh.

Tas Gunung (Carrier)

Hiking atau pendakian bukan hanya sekedar piknik. Kita tidak akan bersenang-senang di bawah rerimbunan pohon dan menikmati suasana taman yang nyaman. Mendaki berarti siap dengan kondisi alam yang tak dapat diprediksi, juga medan yang menantang nyali. Tak jarang kita melewati belukar atau semak hutan, terkadang juga harus melewati terik mentari dan dinginnya malam. Oleh sebab itu kita butuh tas gunung untuk membawa berbagai perlengkapan yang kita butuhkan. Tas gunung di desain sedemikian rupa agar membawa beban berat bahkan hingga puluhan kilogram.

Pakaian dan Jaket Gunung

Jaket sangat penting dalam pendakian, terutama di saat hawa dingin mulai menyerang. Pada saat itu jaket gunung akan sangat membantu untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Jaket gunung dibuat dari bahan khusus yang ringan saat dipakai dan beberapa diantaranya bahkan tahan terhadap air. Sehingga tidak akan basah kuyup saat turun hujan di saat mendaki.

Foto oleh Matt Heaton di Unsplash

Foto oleh Matt Heaton di Unsplash

Alat Navigasi

Alat navigasi memang sebuah alat yang mungkin bagi sebagian orang dianggap sepeleh. Namun bagi para pendaki, alat ini wajib untuk dibawa. Terutama jika tempat yang didaki masing asing atau bahkan jarang ‘dijamah’ manusia. Tentu saja alat ini sangat penting dalam memandu pendaki. Walau sudah ada pendamping atau smartphone, namun alangkah baiknya kita mempersiapkan alat navigasi konvensional semacam kompas dan peta sebagai jaga-jaga bila tersesat.

Foto oleh Tim Graf di Unsplash

Foto oleh Tim Graf di Unsplash

Air dan Makanan

Namanya juga menendaki gunung, pasti nggak ada orang jual jajanan dong. Kecuali kalau kalian mendaki pelaminan. Wkwkwk… oleh sebab itu bekal pengganjal perut dan pengganti cairan tubuh harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Tapi bukan juga dengan membawa seisi lemari es atau toko jajanan. Bawa makanan yang mudah dicerna dan cepat menggantikan kalori yang hilang. Salah satunya adalah coklat batangan. Usahakan membawa makanan yang siap makan, sehingga kita nggaka akan repot-repot masak. Begitu juga dengan air, upayakan membawa cadangan air yang cukup. Karena pada saat pendakian cadangan air dalam tubuh kita akan dikuras habis-habisan.

Obat-obatan Pribadi dan P3K

Siapa yang bisa menjamin kondisi medan pendakian, tentu saja tidak ada! Berbagai hal bisa terjadi, oleh sebab itu serangkaian persiapan harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan obat-obatan pribadi dan P3K. Karena tidak semua orang mempunyai obat-obatan yang tergolong sebagai obat-obatan pribadi atau obat resep dokter. Selanjutnya P3K akan sangat bermanfaat bagi berbagai kecelakaan yang butuh penanganan cepat.

Foto oleh rawpixel di Unsplash

Foto oleh rawpixel di Unsplash

Demikian beberapa alat penting yang harus dibawa saat melakukan pendakian. Tentu masih banyak alat lain yang harus dibawa. Bagi orang-orang yang telah hobi dengan pendakian, peralatan pendakian sudah menjadi perlengkapan wajib pendakian.