Lombok merupakan daerah di Indonesia yang memiliki banyak wisata dengan panorama alam yang menyejukkan mata. Salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi adalah Pantai Tebing Lombok Utara. Tempat wisata yang konon katanya dibentuk melalui letusan gunung Rinjani Tua ini sudah lama terkenal dan membahana. Mari simak keindahan salah satu wisata ikonik di Lombok hanya di artikel ini.

Pantai memang destinasi yang tepat untuk dikunjungi di akhir pekan, apalagi Pantai Tebing Lombok yang penuh dengan berbagai keindahan. Beragam keindahan alam dapat Anda nikmati dengan tenang, santai dan rileks. Maka dari itu layak kiranya menghabiskan waktu akhir pekan bersama sanak saudara di pantai satu ini. 

Bagi Anda yang suka berfoto ria, maka Pantai Tebing Lombok ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Dilengkapi dengan berbagai objek foto yang instagramable, Anda dapat berpose bersama keluarga di atas pasir hitam yang eksotis tentunya akan sangat menyenangkan. Bermain kesana kemari, berjemur di bawah hangatnya sinar pagi, dan mengabadikan momen dengan orang-orang yang kita sayangi.

Berbagai Keindahan Pantai Tebing Lombok

Berikut beberapa keindahan Pantai Tebing Lombok yang patut Anda ketahui.

1. Pantai Khas yang Menenangkan

Salah satu yang menjadi nilai plus pantai ini dari berbagai pantai yang lain adalah karena pantai ini mempunyai pengunjung yang belum begitu banyak. Mengapa bisa demikian? Karena banyak para turis dan wisatawan Indonesia yang belum tahu bahwa ada sebuah mahakarya alam bernama Pantai Tebing di Lombok. Ini tentu menjadi sebuah kabar gembira bagi Anda yang suka tempat yang sepi dan tenang.

Pantai luas dengan penuh ketenangan. Sumber: instagram.com/fajrulwahyudi
Pantai indah penuh ketenangan. Sumber: instagram.com/fajrulwahyudi

Di Pantai Tebing Lombok ini Anda bisa berlibur bersama keluarga tercinta dengan keadaan tenang, aman, nyaman, dan menyenangkan tanpa adanya berbagai suara-suara hiruk pikuknya keramaian. Di pantai ini Anda bisa mengistirahatkan akal, menenangkan pikiran, dan menentramkan jiwa. Sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas lelah dari berbagai rutinitas pekerjaan.

2. Pasir Hitam, Unik Amat Eksotis

Salah satu kelebihan juga keunikan Pantai Tebing Lombok adalah pasir pantainya yang berwarna hitam. Pasir pantai pada umumnya berwarna putih bersih yang menampakkan aura cerah bersinar. Namun tempat wisata pantai di Lombok satu ini menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu pasir pantai hitam yang sangat eksotis.

Pasir hitam, eksotis penuh keunikan. Sumber: google.com/maps/uv. Pantai Tebing Lombok
Pasir hitam, eksotis penuh keunikan. Sumber: google.com/maps/uv

Meski warna pasir ini hitam legam, namun ketika Anda menyentuhnya maka Anda akan merasakan sensasi lembut yang tak terkira. Biasanya wisatawan duduk-duduk di atas pasir nan eksotis ini sembari menikmati indahnya pemandangan laut dari kejauhan. Anda tidak perlu khawatir, karena pantai ini sangat dijaga betul kebersihannya. Hampir tidak ada satu sampah pun yang terlihat di sepanjang pantai. 

Apabila Anda ke pantai ini, jangan lupa untuk berfoto di atas pasir. Karena pasir ini cukup jarang ditemui, Anda bisa mengabadikan momen langka ini dan menunjukkannya kepada keluarga di rumah. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan pasir dengan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Tebing Menjulang yang Kokoh

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah karena pinggir pantainya yang dikelilingi tebing kokoh yang menjulang ke langit. Tebing ini adalah saksi bisu tragedi letusan Gunung Rinjani Tua beberapa ribu tahun lalu. Bisa dikatakan tebing inilah yang menjadi ciri khas sehingga berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Lombok.

Tebing kokoh menjulang. Sumber: ntb.genpi.co. Pantai Tebing Lombok
Tebing kokoh menjulang. Sumber: ntb.genpi.co

Diperkirakan tebing ini memiliki tinggi sekitar 22 meter dari permukaan. Tebing di pinggir pantai menjadi sebuah keunikan tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang tertarik dan datang ke pantai ini. Tebing kokoh dengan pesona maskulin membuatnya cocok sebagai tempat berfoto. Anak-anak muda maupun orang tua terlihat mengabadikan momen di sekitar tebing. 

Rute Menuju Pantai Tebing Lombok

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Tebing Lombok, Anda bisa pergi ke Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Dusun Luk, Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini terletak di antara dua wilayah, yaitu Desa Bayan dan Mataram. Agar mudah Anda dapat pergi melalui kota Mataram, karena jalannya sudah cukup lebar dan rutenya cenderung mudah.

Bila Anda berangkat dari Mataram maka Anda akan ke arah Jalan Udayana. Lalu lurus terus menuju Jalan H Mansyur. Kemudian pergi ke Jalan Raya Tj dan sampailah di Jalan Raya Bayan. Sesampainya di Desa Bayan Anda akan menghirup udara segar yang khas. Lalu Anda bisa pergi ke pantai tersebut dengan ditemani oleh hijaunya alam di sepanjang perjalanan.

Pantai indah dengan rute yang tidak mudah. Sumber: nativeindonesia.com. Pantai Tebing Lombok
Pantai indah dengan rute yang tidak mudah. Sumber: nativeindonesia.com

Bagi Anda yang tak punya kendaraan pribadi, Anda bisa menyewanya atau menggunakan angkutan umum. Bila ingin naik angkutan umum, maka Anda bisa pergi ke terminal Mandalika dan naik angkutan disana. Jangan khawatir karena rute perjalanan yang akan dilalui beraspal dan tidak ada halangan yang berarti. Bila tersesat Anda bisa menggunakan layanan google maps yang dapat diminta bantuan kapan saja dan dimana saja.

Harga Tiket Pantai Tebing Lombok

Jangan kaget, karena pantai memukau satu ini tidak dimintai biaya masuk alias gratis. Barangkali wisata ini diberi gratis sebagai promosi agar nantinya semakin banyak yang datang dan berkunjung maka semakin tersebar informasi adanya pantai ini. Adapun pantai ini buka setiap hari dengan tanpa tiket sehingga tak mengeluarkan budget sepeserpun.

Adapun biaya yang perlu dikeluarkan wisatawan cukup biaya parkir saja, dengan rincian biaya parkir mobil Rp 5.000 sedang biaya parkir motor Rp 3.000. Adapun jam parkir hanya berlaku satu hari secara penuh saat Anda berada di dekat mobil. Biasanya wisatawan yang memiliki keinginan menginap maka bisa diberi tambahan biaya parkir.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Pantai Tebing Lombok dengan beragam keunikan di dalamnya. Bagi Anda yang tidak percaya akan keindahan pantai ini Anda bisa membandingkan dengan berbagai pantai yang ada di Lombok seperti pantai Sire Lombok. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa.