Pantai Semeti Lombok hanyalah satu diantara banyak sekali pantai-pantai eksotis di Lombok. Pantai Semeti memiliki beberapa ciri khas dan daya tarik yang sangat jarang ditemui pada pantai-pantai Lombok lainnya bahkan bisa jadi jarang ditemui pada pantai-pantai Indonesia lainnya.

Indonesia sebagai negara kepulauan memang terkenal dengan banyaknya obyek wisata bahari. Obyek-obyek wisata bahari ini tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Untuk daerah Indonesia tengah, Bali, Lombok dan Labuan Bajo adalah sebagian diantara destinasi wisata bahari yang sering padat pengunjung.

Pantai Semeti tidak sebagaimana pantai Lombok lainnya yang biasa dijadikan arena permainan air dan surfing oleh para wisatawan. Karena perbedaannya ini, Pantai Semeti Lombok mulai dikenal terutama melalui post-post yang beredar di media sosial.

Nah, apa saja daya tarik yang bisa ditemukan dan dinikmati di Pantai Semeti Lombok? Berikut ini beberapa informasi yang berhasil dirangkum oleh tim redaksi first lombok tour.

Pantai Semeti Lombok, sumber ig kimi_mawardi
Pantai Semeti Lombok, sumber ig @kimi_mawardi

Pantai Semeti Lombok

Pantai Semeti Lombok memang baru menjadi pembahasan di media-media digital sekitar tahun 2016 dan 2017. Meski terbilang baru, daya tarik Pantai Semeti bisa dikatakan tidak kalah karena memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dari pantai-pantai lainnya di Lombok.

Julukan yang terdengar tentang pantai ini diantarnya adalah Pantai Kryptonite dan aquarium alam. Keberadaan julukan ini bukan tanpa sebab. Bahkan julukan ini yang semakin membuat para wisatawan baik lokal hingga mancanegara penasaran dengan Pantai Semeti.

Dijuluki Pantai Kryptonite terinspirasi dari serial super hero Amerika yaitu Superman. Supermen memiliki tempat tinggal yang ketika berada didalamnya, kekuatannya akan hilang. Bentuk tempat tinggal yang disebut Kryptonite ini menyerupai tonggak-tonggak yang berwarna hijau terang. Nah, tonggak-tonggak inilah yang mirip dengan tebing-tebing yang berada di Pantai Semeti.

Sedangkan julukan aquarium alam oleh karena di pantai ini pada selah-selah tebingnya dapat terlihat biota dalam laut yang memberikan pemandangan layaknya aquarium. Pemandangan ini semakin jelas ketika air laut dan buih ombak surut.

Dari julukan ini, bisa tergambar pesona Pantai Semeti Lombok. Pantai ini dikelilingi dengan tebing-tebing yang menenangkan deburan ombak ketika sampai ke daratan. Selain itu, airnya jernih sehingga pemandangan dalam laut dapat terlihat dengan jelas.

Pantai Semeti berpasir putih sebagaimana kebanyakan pantai-pantai yang terdapat di Lombok. Jika pada pantai-pantai lainnya banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ber-surfing, di Pantai Semeti sayangnya aktivitas tersebut tidak cocok untuk dilakukan.

Namun jangan khawatir, pantai ini tetap bisa dinikmati panoramanya. Dengan jarak perjalanan menuju pantai yang melewati persawahan dan masih sangat menantang untuk dilewati, sensasi yang didapatkan saat tiba di Pantai Semeti Lombok dengan suguhan pemandangannya yang luar biasa tentu akan memberikan kepuasan tersendiri.

Pantai Semeti Lombok, sumber ig duniawisata_lombok
Pantai Semeti Lombok, sumber ig @duniawisata_lombok

Lokasi dan Rute

Pantai Semeti Lombok berada di Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Mawi dan Pantai Selong Belanak. Terdapat pula Bukit Selong sehingga menjadikan lokasi pantai yang berada di area ini memang berada di sekitar perbukitan.

Jarak perjalanan yang ditempuh dari Kota Mataram adalah sepanjang 85 km dengan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam. Untuk memudahkan sampai ke lokasi ini, wisatawan bisa memanfaatkan jasa paket wisata Lombok dengan fasilitas driver yang sekaligus bisa menjadi pemandu wisata di sini.

Rute untuk menuju Pantai ini bisa melalui beberapa jalur. Jalur yang pertama adalah Jalan Kuta Lombok. Jalur ini mengarah ke Pantai Kuta Lombok dengan panjang perjalanan yang lebih lama. Kelebihannya adalah, melewati jalur ini, wisatawan akan menikmati panorama pantai-pantai di sekitar Lombok yang luar biasa sebelum akhirnya sampai ke Pantai Semeti.

Selain Jalur Pantai Kuta, terdapat jalur lainnya yaitu jalur menuju Pantai Selong Belanak melalui Jalan Selong Belanak. Karena lebih cepat, pada jalur ini tidak banyak pemandangan pantai yang bisa dinikmati.

Untuk memudahkan para wisatawan yang berkunjung, patokan sebelum sampai ke Pantai Semeti adalah Pantai Mawi. Karena pantai ini memang berada di Jalan Pantai Mawi. Pintu loket masuk Pantai Semeti sebenarnya juga merupakan pintu masuk Pantai Mawi sehingga loket ini menjadi tempat membayar retribusi untuk Pantai Semeti dan Pantai Mawi.

Pantai Semeti Lombok, sumber ig lomboktrip__
Pantai Semeti Lombok, sumber ig @lomboktrip__

Informasi Tambahan Pantai Semeti Lombok

Harga tiket masuk menuju Pantai Semeti bervariasi. Jika menggunakan kendaraan Roda 2 akan dikenakan tarif Rp. 5.000. Sedangkan jika menggunakan kendaraan rida 4 akan dikenakan tarif Rp. 10.000. Tarif ini berbeda bagi para pengunjung dari mancanegara. Setelah melewati Loket, masih ada penarikan biaya tambahan ketika berada tepat di Pantainya sebesar Rp. 5.000.

Pantai ini awalnya merupakan pantai yang hanya diakses oleh para petualang. Sehingga kondisi jalan ketika semakin mendekati Pantai Semeti Lombok masih belum begitu nyaman dan menantang. Apalagi jika pada saat kondisi cuaca tertentu. Namun sejauh ini tidak menunjukkan adanya bahaya.

Aktivitas yang paling sering dilakukan di Pantai Semeti Lombok adalah berfoto dan memancing. Jarang para wisatawan memanfaatkan pantai ini sebagai area surfing dan permainan air lainnya. Karena memang dikelilingi oleh tebing dan hanya memiliki sedikit space pasir.

Demikian beberapa informasi terkait Pantai Semeti Lombok untuk Anda. Semoga bisa menggambarkan daya tarik wisata Lombok dan menjadi referensi wisata Anda di sini. Simak artikel lainnya yang mengulas informasi obyek wisata lombok beserta tips-tips berwisata di Pulau Lombok.