Keindahan Pantai Senggigi Lombok Barat memang sudah mendunia. Tapi, tidak jauh dari pantai ini, ada sebuah pantai yang tidak kalah indah dari ikon Lombok tersebut. Pantai tersebut ialah Pantai Nipah Lombok. Hamparan pasir putih dan air laut yang biru menjadi pemandangan yang akan Anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Nipah Lombok.

Letaknya ada di sebelah utara Lombok Barat. Dari Pantai Senggigi, perjalanan menuju Pantai Nipah memerlukan waktu selama 20 menit. Jalan aspal yang mulus dengan pemandangan bukit hijau menjadi teman setia dalam perjalanan menuju Pantai Nipah. Kontur jalan yang berbelok-belok dan naik-turun membuat perjalanan menuju pantai ini menjadi petualangan yang cukup seru.

Pantai Nipah sangat mudah untuk ditemui. Terletak di sisi jalan, keberadaannya ditandai dengan papan bertuliskan “Pantai Nipah”. Saat melihat papan penunjuk ini, arahkan kendaraan Anda untuk memasuki kawasan pantai yang sangat indah.

Memasuki kawasan pantai, Anda akan disajikan pemandangan perahu nelayan yang berderet mengisi tepian pantai. Deburan ombak dan deru angin menjadi alunan alam penyambut kedatangan.

Keindahan Pantai Nipah juga dapat dilihat dari atas. Lekukan garis pantainya yang cantik sangat cocok untuk penggemar fotografi. Dari atas sini, juga menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk mengabadikan kunjungan Anda dengan latar belakang keindahan Pantai Nipah.

Pantai Nipah Lombok
Keindahan Pantai Nipah tak kalah dengan pantai lain. Sumber IG @travellerindokece

Pesona Indah Pantai Nipah Lombok

Bukan lagi suatu rahasia jika Lombok menjadi salah satu daerah yang memiliki pantai sangat indah dan juga menawan. Salah satunya yaitu Pantai Nipah. Pantai ini menyajikan pesona yang sangat indah yang akan membuat Anda semakin yakin untuk mengunjunginya.

Seperti pantai-pantai lainnya, Pantai Nipah juga menghadirkan hamparan pasir putih dengan laut tenang yang mendamaikan. Air laut pantai ini juga sangat jernih, bahkan seolah sebening kaca yang seakan-akan menggoda pengunjung untuk menceburkan dirinya ke sana.

Pantai Nipah memiliki garis pantai yang cukup panjang dan landai, sehingga membuat pengunjung bebas bermain dan menikmati keindahannya. Ketika senja dan cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat panorama sunset seperti yang dilakukan di pantai-pantai lainnya. Tapi, sunset di Pantai Nipah ini sangat sempurna, karena posisinya menghadap ke arah matahari terbenam.

Bagi penggemar fotografi, bisa mendapatkan pemandangan pantai yang indah ini dari atas. View-nya cukup bagus, dimana lekukan garis pantai terlihat cantik dan menghasilkan gambar menarik di kamera pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga bisa snorkeling, bermain kano dan mengelilingi laut dengan perahu nelayan. Tapi, untuk yang snorkeling bisa membawa peralatan sendiri. Untuk yang berenang, jangan khawatir karena pantai ini sudah dilengkapi tempat bilas dan kamar mandi yang memudahkan pengunjung untuk berganti pakaian.

Wisata Kuliner Di Pantai

Setelah Anda lelah bermain, maka Anda bisa menikmati kuliner di pinggir Pantai Nipah sambil menikmati indahnya pantai yang satu ini. 

Nipah merupakan salah satu pantai di Lombok yang memiliki kedai-kedai makanan dalam jumlah banyak. Di sepanjang jalan menuju pantai indah ini terutama, pengunjung akan mencium aroma ikan bakar yang dijual para pedagang di pinggir jalan. 

Silahkan Anda mampir untuk menikmati aneka menu yang ditawarkan, seperti ikan bakar, cumi-cumi dan plecing kangkung. Kalau pengunjung beli satu paket ikan bakar seharga sekitar 70 ribu-an akan langsung mendapat sepiring nasi, terong bakar, 2 tusuk sate cumi-cumi dan plecing kangkung. Tentu dengan harga segitu cukup terjangkau bagi Anda.

Adapula olahan ikan baronang, sate bulayak dan minumnya tentu es kelapa muda. Makanan-makanan tersebut bisa dibawa ke pantai. Jadi, sambil menikmati pemandangan sekitar, pengunjung dapat menyantapnya bersama keluarga dan merasakan indahnya kebersamaan.

Lokasi Dan Rute Perjalanan

Dengan mengetahui pesona keindahannya, tentunya Anda juga ingin mengunjunginya. Pantai Nipah terletak di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Kalau dari Pantai Senggigi, bisa ditempuh dalam 20 menit perjalanan.

Rute perjalanan untuk mengunjungi Pantai Nipah yaitu dari mataram menuju pantai ini sekitar 26 kilometer. Jika Anda dari Bandara Internasional Lombok, rute perjalanan yang harus ditempuh yaitu sekitar 60 km. Dengan melewati rute tersebut, tentunya Anda akan bisa mengunjungi wisata pantai indah ini.

Jadi, pengunjung yang datang dari arah Bandara Lombok dan Mataram bisa menuju Senggigi dengan kendaraan pribadi, bus Damri maupun transportasi umum lainnya. Dari Senggigi ke lokasi bisa ditempuh dengan angkot dan ojek bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Jangan khawatir, karena jalan menuju Pantai Nipah sudah beraspal dan cukup lancar dilalui kendaraan. Pengunjung juga akan disambut rerumputan hijau serta pohon kelapa yang menjulang tinggi dan berjejer rapi di sepanjang pantai.

Suasana teduh dan tenang yang ditimbulkan sejak pertama kali menginjakkan kaki di Nipah, membuat pengunjung betah berada di sana.

Pantai NIpah Lombok
Pantai Nipah Lombok masih alami. Sumber IG @khairulzrin

Harga Tiket Masuk Pantai Nipah

Untuk memasuki wisata Pantai Nipah yang satu ini, biaya yang dikenakan juga sangat murah. Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Akan tetapi Anda hanya membayar retribusi parkir.

Untuk parkir kendaraan roda dua yaitu dengan biaya sekitar 3 ribu-an. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat dengan biaya sekitar 5 ribu-an. Dengan biaya yang sangat murah tersebut, tentunya Anda akan sangat yakin untuk mengunjunginya.

Demikian ulasan mengenai pesona indah Pantai Nipah Lombok yang sayang untuk Anda lewatkan. Walaupun masih kalah ramai dari Pantai Senggigi Lombok yang banyak dijadikan list wisata jasa penyedia paket wisata Lombok, tapi Pantai Nipah terlihat lebih alami.

Karena tidak terlalu ramai, pengunjung yang datang ke sana bisa leluasa meng-explore Nipah hingga ke pucuk-pucuknya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.