468

Tak diragukan lagi, saat ini pesona wisata Pulau Lombok telah begitu populer, hingga hampir-hampir menyaingi popularitas Pulau Bali. Perbedaannya terdapat pada jumlah wisatawan yang datang. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali lebih banyak dibandingkan dengan yang berkunjung ke Pulau Lombok. Karena Pulau Bali lebih dulu terkenal dibandingkan dengan Pulau Lombok. Namun hal itu perlahan berubah, kini wisatawan baik asing atau lokal kian banyak yang memilih Pulau Lombok sebagai alternatif wisata. Karena Pulau Lombok memiliki banyak objek wisata yang indah dan belum banyak tereksplor.

Pantai Elak-Elak

Salah satu objek wisata di Pulau Lombok yang belum banyak tereksplore adalah Pantai Elak-Elak. Tak disangka-sangka ternyata pantai ini memiliki keindahan yang tersembunyi dan belum banyak diketahui. Duh, bikin penasaran ya? Yuk baca selengkapnya tentang keindahan Pantai Elak-Elak yang telah dirangkum oleh tim First Lombok Tour di bawah ini.

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @juuramdhan

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @juuramdhan

Lokasi Pantai Elak-Elak

Pantai nan indah ini berada di wilayah Pengawisan, Sekotong Tengah, Kecamatan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sebuah kawasan yang terkenal dengan berbagai wisatanya yang bagus. Wisata di Lombok Barat bisa di lihat di sini. Waktu tempuh dari Kota Mataram sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan menggunakan mobil atau motor pribadi. Sekitar 3 jam dari Bandara Internasional Lombok menggunakan motor atau mobil pribadi. Akses ke lokasi cukup mudah dan nyaman, karena kondisi jalan utama menuju lokasi sudah diaspal.

Pesona Alam

Layaknya pantai di kawasan Sekotong lainnya, Pantai Elak-Elak memiliki berbagai keindahan serta pesona alam yang sangat indah. Karakter pasir putih bersih yang khas, berpadu dengan birunya air laut nan jernih membuat siapa saja berdecak kagum melihatnya. Semilir angin yang sepoi diiringi suara angin pantai yang beriringan bak melodi alam yang menenangkan. Di sepanjang bibir pantai terdapat pepohonan tumbuh berderetan yang menambah teduhnya suasana. Sungguh sebuah perpaduan yang tiada kiranya. Panti Elak-eak juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menakjubkan. Benar-benar sebuah perpaduan yang indah. Objek wisata lainnya yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya bisa dilihat di sini.

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @storyofdesyana

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @storyofdesyana

Aktifitas di Pantai Elak-elak

Bersantai atau Berpiknik

Pantai Elak-elak memiliki pemandangan pantai yang indah dan juga laut nan jernih. Setiap pagi dan petang siapa saja bisa menikmati panorama langit fajar dan senja yang menampakkan karakter yang amat berbeda. Di bagian tepi pantai terdapat berderet pohon kelapa dan pepohonan lainnya yang tumbuh berderetan. Perpaduan semua panorama itu membuat Pantai Elak-elak sangat cocok sebagai tempat bersantai melepas penat. Selain bersantai di tepi pantai para pengunjung juga bisa melakukan piknik bersama keluarga dengan membawa makanan ringat atau makanan berat,

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @deadiiy_

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @deadiiy_

Berenang

Pantai Elak-elak memiliki karakter pantai dan laut yang tenang. Tidak ada gelombang tinggi pada kondisi normal. Oleh sebab itu, para wisatawan bisa berenang di tepian pantai sepuasnya. Tidak ada pelarangan khusus untuk bereang atau sekedar bermain air di pantai. Walaupun demikian, kita harus tetap berhati-hati saat berenang di sekitar pantai. Patuhilah batas-batas aman berenang, khususnya bagi para pemula atau anak kecil, jangan berenang terlalu ke tengah.

Snorkling dan Diving

Pantai Elak-elak memiliki pemandangan bawah lautnya yang memukau, sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot snorkling atau diving. Berbagai jenis ikan karang dan ikan-ikan unik lainnya berenang dengan bebas di kawasan ini. Sungguh, sebuah perpaduan pemandangan bawah laut yang indah. Jadi pastikan bahwa Anda membawa atau menyewa alat snorkling dan diving ya.

Menjelajah Pulau Karang

Pantai Elak-elak memiliki satu keunikan yang jarang ditemui di pantai-pantai lainnya. Yakni adanya pulau karang yang berada cukup dekat dengan bibir pantai. Pulau tersebut sebenarnya adalah karang yang mencuat ke permukaan air laut, sehingga membentuk sebuah bukit. Di bagian atas karang ditumbuhi beberapa pohon.

Pulau karang ini sering dikunjungi para wisatawan yang penasaran. Tak perlu menyewa sampan, cukup dengan berjalan kaki, terutama saat air laut surut. Para wisatawan bisa berfoto atau mengelilingi pulau karang. Walaupun pulau ini terlihat indah dan menarik, namun para wisatawan yang mengunjunginya harus tetap hati-hati agar tidak terpeeset dan jatuh.

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @vandiera

Pantai Elak-elak, sumber gambar IG oleh @vandiera

Demikian sekelumit keindahan tersembunyi salah satu pantai yang terdapat di Pulau Lombok, yakni Pulau Elak-elak. Pulau ini sangat cocok bagi Anda yang ingin benar-benar berwisata dalam keheningan danketenangan. Juga cocok bagi Anda pasangan suami-istri yang butuh suasana romantis. Jika Anda tertarik, Anda bisa menghubungi kami untuk mengunjunginya di sini.