Mungkin nama Gili Sunut masih sangat asing di telinga Anda. Bahkan banyak dari orang-orang Lombok pun kurang mengetahui keberadaan Gili Sunut. Padahal gili ini salah satu gili di Lombok yang memiliki pesona alam yang sangat menarik.

Kabupaten Lombok Timur memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya Gili Sunut yang memberikan pemandangan yang indah. Belakangan pantai ini semakin banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya.

Keunikan Gili Sunut adalah karena untuk mencapainya Anda tidak perlu menyebrang memakai sampan atau perahu. Tunggu saja sampai air laut surut. Jalan pasir yang menghubungkan Lombok dan gili ini pun terbentang seketika.

Walau ketika pasang tinggi air hanya sebatas lutut orang dewasa, sebaiknya datang saat pagi hari agar bisa menyebrang dengan lebih mudah. Gili Sunut Lombok berada di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru dan tidak jauh dari destinasi wisata Pantai Pink.

Dahulu Berpenghuni

Gili Sunut, sumber ig cendrawa_official
Gili Sunut, sumber ig cendrawa_official

Dulu, Gili Sunut ditempati sekitar 109 kepala keluarga. Penduduknya bermata pencaharian nelayan. Namun, karena akan dikembangkan menjadi daerah wisata, para penduduk gili ini direlokasi dan diberikan tempat tinggal baru di kawasan Jerowaru. Cuaca yang sangat panas membuat pulau ini cocok untuk tempat berjemur.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda seolah memiliki pulau pribadi. Tanpa siapapun yang akan mengganggu. Tempat yang sangat tepat untuk “escape”. Di sini tidak akan ada paparazzi atau semacam pengganggu lainnya. Anda bisa berteriak sekencang-kencangnya dan sepuas-puasnya tanpa ada siapapun yang akan terganggu.

Daya Tarik Gili Sunut

Daya tarik gili ini adalah pantai yang sangat indah di belakang pulau. Pantainya berpasir putih dengan air laut yang hijau kebiruan. Anda juga bisa leluasa untuk bermain, berenang dan bermalas-malasan di bibir pantai yang landai.

Tinggi gelombang di pulau ini hanya berkisar 0,2 sampai dengan 0,5 meter, aman bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak untuk bermain di tepi pantai. Tanpa snorkeling pun Anda sudah bisa lihat karang warna-warni, serta ikan kecil yang hilir mudik di sekitar bibir pantai.

Pulau dan gili-gili di sebrangnya menghalangi ombak besar samudera Indonesia datang. Kondisi inilah yang membuat kegiatan olahraga air seperti banana split dan snorkling cocok dilakukan di Gili Sunut.

Jika ingin sensasi lebih, naiklah ke atas bukit kecil, keindahan pantai gili ini terasa jelas dari ketinggian. Anda juga bisa dengan puas mengeksplor bukit dan padang ilalangnya. Tempat ini juga menyimpan potensi pengembangan budidaya mutiara. Budidaya kerang mutiara terletak di sebelah timur Gili Sunut.

Kondisi pantainya tidak jauh berbeda dari pantai lainnya, seperti Pantai Pink. Yang berbeda hanya suasananya saja. Karena Pantai Pink lebih banyak pengunjungnya.

Keindahan bawah laut yang ada di Gili Sunut yaitu wisatawan dapat menemukan berbagai jenis bintang laut. Dari yang berwarna biru maupun yang berwarna merah jingga. Demikian juga aneka ragam terumbu karang yang memukau serta kawanan ikan yang sedang berkerumun.

Keindahan Savana Gili Sunut

Savana Gili Sunut, sumber ig nhikmah
Savana Gili Sunut, sumber ig @nhikmah

Yang paling mempesona dari gili ini adalah keindahan padang savananya. Sebagian besar wilayah gili ini ditumbuhi ilalang. Saat musim kemarau, ilalang itu berwarna kecoklatan. Anda akan merasa seolah berada di padang savana Afrika nun jauh di sana.

Tempat ini sangat bagus dijadikan tempat berbulan madu sambil berfoto after wedding. Gili ini juga ditumbuhi pohon yang terlihat begitu eksotis saat meranggas di musim kemarau. Pohon berjejer tanpa daun terlihat sangat indah. Tempat yang akan sangat sulit untuk dilupakan.

Aktivitas Seru

Anda bisa melakukan banyak hal di Gili Sunut. Sebagai contoh, berjemur sangat populer karena fitur lokasi panas yang ideal untuk melakukan aktivitas tersebut. Hal ini bisa dilakukan di pantai yang terletak di bagian belakang pulau.

Dengan pasir putih yang nyaman dan angin sepoi-sepoi, tidak ada yang bisa menyangkal kenyamanan berjemur di Sunut. Selain itu, kegiatan lain bisa dilakukan seperti berenang, snorkeling, dan membangun istana pasir.

Pantai ini memiliki pemandangan landai dan ombak yang tenang. Jangan khawatir kegiatan menyenangkan lainnya tersedia untuk mereka yang tidak bisa berenang, terutama banana boat. Hal ini bisa dilakukan baik dengan teman atau keluarga.

Hal lain yang menyenangkan untuk dilakukan di Gili Sunut adalah mendaki bukit kecil yang terletak di utara pulau. Hanya butuh beberapa menit untuk mencapai puncak bukit. Dari lokasi, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang lebih baik.

Bahkan memberi mereka kesempatan untuk menjelajahi bukit dengan savana yang luas. Setelah melakukan trekking, hal penting lain yang harus dilakukan di Sunut adalah mengunjungi budidaya mutiara yang terletak di bagian timur pulau.

Lokasi dan Rute Menuju Gili Sunut

Gili Sunut, sumber ig fazzy369
Gili Sunut, sumber ig @fazzy369

Gili ini berjarak sekitar 75 kilometer dari Mataram, atau jika berkendara membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan jika dari Bandara Internasional Lombok membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan.

Akan tetapi untuk menikmati panorama alam di Gili Sunut, Anda perlu melakukan sedikit perjuangan. Berhubung kondisi jalan yang masih sulit ditempuh, Anda pun harus bersiap mental dan segala kemungkinan. Sekitar 2 kilometer menuju gili indah ini, Anda akan mendapati jalan berupa tanah. Jika musim hujan jalan akan sangat sulit dilalui.

Tips Berkunjung

Bagi yang ingin mengunjungi gili ini, ada beberapa tips buat Anda. Pertama, di sana tidak ada makanan ataupun orang yang berjualan, jadi bawalah bekal sebelum perjalanan atau membelinya di rumah makan yang Anda temui saat perjalanan menuju destinasi ini. Kedua, jadilah traveller yang bertanggung jawab. Bawa kembali sampah Anda dan jangan ditinggalkan sedikitpun.

Demikianlah ulasan mengenai Gili Sunut Lombok yang memiliki pesona keindahan alam yang tersembunyi. Tentu dengan berkunjung ke gili ini, Anda bisa merasakan sensasi pantai dengan ombak yang relatif aman untuk melakukan banyak aktivitas seru. Semoga informasi ini bermanfaat.