Kuliner Khas Lombok  – Berwisata ke Pulau Lombok rasanya tak lengkap bila tidak mencicipi beberapa makanan khas Lombok. Karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap daerah memiliki masakan atau makan khas masing-masing.

Makanan khas Lombok kini sudah lebih terkenal. Karena beberapa makanan Lombok bisa ditemukan di luar daerah Lombok. Inilah beberapa daftar kuliner khas Lombok yang patut untuk Anda coba, ketika kita berwisata ke Lombok.

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang, sumber ig sheratonhyderabad

Ayam Taliwang, sumber ig @sheratonhyderabad

Daging ayam memang sangat lazim dijadikan sebagai bahan dasar masakan di nusantara. Begitu pula dengan salah satu masakan khas Lombok bernama Ayam Taliwang. Masakan khas Lombok yang berasal dari wilayah Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat ini memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan masakan berbahan dasar ayam lainnya.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat Ayam Taliwang adalah daging ayam kampung muda pilihan yang berkualitas, sehingga tekstur daging yang dihasilkan akan terasa empuk dan nikmat. Proses pembuatannya hampir sama dengan ayam bakar lainnya, yang membedakan adalah rempah-rempah komplit khas Lombok sebagai bumbu untuk melumuri ayam saat proses pemanggangan. Untuk merasakan bagaimana nikmatnya rasa Ayam Taliwang khas Lombok, maka sempatkanlah untuk menyantapnya saat anda berwisata ke Pulau Lombok.

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung, sumber ig resep_dapurmama_

Plecing Kangkung, sumber ig @resep_dapurmama_

Makanan khas Lombok berikutnya adalah kuliner sayuran. Ternyata Lombok juga memiliki plecing kangkung yang khas. Biasanya masakan khas Lombok ini disajikan bersamaan dengan Ayam Tilwang. Resep dan bahannya hampir sama dengan plecing kangku pada umumnya. Yang menjadikannya berbeda adalah jumlah cabe yang banyak dan terasi khas Lombok menjadi bahan baku sambal.

3. Sate Pusut

Sate Pusut, sumber ig @phoetoet

Sate Pusut, sumber ig @phoetoet

Makanan khas Lombok berikutnya adalah Sate Pusut. Sate merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa dan telah dijadikan sebagai salah satu masakan nasional Indonesia yang dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Namun demikian, beberapa daerah memiliki jenis sate khas yang hanya bisa ditemukan di daerah tersebut.

Di Lombok ada sate khas bernama sate pusut.  Sate pusut khas Lombok hampir sama dengan sate lilit khas Bali. Dua-duanya terbuat dari perpaduan antara daging cincang, parutan kelapa dan bumbu yang dicampur kemudian dililit ketusuk sate (potongan bilah bambu kecil). Yang membedakan kedua jenis sate ini terletak pada bumbukhasnya, sate lilit menggunakan santan kelapa sedangkan sate pusut tidak.

4. Sate Bulayak

Sate Bulayak, sumber ig streetfood_lombok

Sate Bulayak, sumber ig @streetfood_lombok

Makanan khas Lombok lainnya adalah Sate Bulayak. Bahan dasar sate bulayak hampir sama dengan sate pada umumnya yakni daging sapi/ayam dan jeroan. Proses pembuatannya juga sama yakni dengan memotong kecil-kecil bahan baku sate, menusuknya kemudian membakarnya diatas arang.

Yang membuat sate bulayak berbeda dengan sate-sate pada umumnya adalah cara penyajiannya dan bumbu satenya. Sate selalu disajikan bersama dengan bulayak (lontong yang dililit dengan daun aren atau enau). Sedangkan bumbu satenya terbuat dari kacang tanah yang disangrai, kemudian ditumbuk dan direbus bersama santan dan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang, cabai, jintan, ketumbar dll. Sehingga menghasilkan rasa pedas nan sedap yang tak dapat terlupakan.

Baca juga : Indahnya Air Terjun di Lombok Timur

5. Sayur Ares

Sayur Ares Khas Lombok, sumber ig mataramdelicious

Sayur Ares Khas Lombok, sumber ig @mataramdelicious

Sayur Ares merupakan makanan khas Lombok yang berbahan dasar inti batang pohon pisang. Ya, inti batang pohon pisang yang biasanya dibuang atau diolah sebagai pakan ternak mampu disulap menjadi kuliner nikmat di Lombok. Cara membuatnya cukup mudah. Inti batang pohon pisang dicuci bersih, diiris tipis dan dimasak bersama kuah santan serta bumbu rempah khas Lombok. Masakan lezat yang dulu hanya dapat ditemui di hajatan masyarakat Sasak ini sekarang sudah dapat ditemukan dengan mudah di restoran, kedai atau warung di daerah Lombok. Jadi Anda tak perlu repot menunggu acara besar untuk dapat menikmatinya, cukup datang dan memesan lalu santap dengan lahap.

6. Beberuk Terong

Beberuk Terong, sumber ig makan.donk_

Beberuk Terong, sumber ig @makan.donk_

Beberuk Terong adalah makanan khas Lombok mirip dengan salad ala luar negeri, namun berbahan dasar terong. Masakan kuliner khas Lombok ini terhitung sebagai masakan sehat karena terbuat dari sayur-sayuran yang dipotong-potong kecil kemudian dicampur dengan bumbu khusus. Diantara bahan-bahan dasar untuk beberuk terong adalah terong (ungu atau hijau), tomat, kacang panjang, dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya beberuk terong disajikan bersamaan dengan ayam tilwang dan plecing kangkung.

7. Ayam Rarang

Ayam Rarang, sumber-ig-@ratnifoodiary

Ayam Rarang, sumber ig @ratnifoodiary

Satu lagi makanan khas Lombok yang tak boleh terlewat saat Anda berwisata ke pulau kecil nan eksotik ini, yakni Ayam Rarang. Sekilas kuliner ini nampak mirip dengan Ayam Taliwang. Karena bahan-bahan dasarnya berasal dari bahan yang sama yakni ayam kampung asli dan bumbu-bumbu khas lombok. Namun yang membedakan antara Ayam Ragang dengan Ayam Taliwang adalah komposisi bumbu dan rasanya. Ayam Taliwang terkenal dengan bumbunya yang sangat pedas, sedangkan Ayam Rarang memiliki tingkat kepedasan dibawahnya.

8. Babalung

Babalung, sumber ig fianfiratmaja_

Babalung, sumber ig @fianfiratmaja_

Babalung sebenarnya adalah makanan khas Lombok yang cukup familiar bagi telinga kita. Biasanya disebut balung atau balungan yang artinya adalah tulang. Nah, babalung adalah makanan khas Lombok yang berbahan utama tulang sapi. Sajian ini juga memiliki bumbu dan cita rasa khas Lombok.

9. Sate Rembiga

Sate Rembiga, sumber ig beatrixamalia

Sate Rembiga, sumber ig @beatrixamalia

Sate Rembiga adalah sate sapi yang merupakan salah satu makanan khas Lombok. Lombok memang terkenal dengan sate sapinya, tidak sebagaimana daerah lainnya yang lebih sering menyajikan sate kambing dan ayam. Sate Rembiga berasal dari desa Rembiga sehingga cita rasanya khas dari desa tersebut.

10. Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak, sumer blog.reservasi.com

Poteng Jaje Tujak, sumer blog.reservasi.com

Kalau makanan khas Lombok yang satu ini bercita rasa manis. Poteng adalah tape ketan yang dimasak dengan daun pandang sehingga berwarna hijau. Sedangkan Jaje Tujak adalah gemblong. Sajian ini hanya ditemui pada momen Ramadhan atau Lebaran.

Demikian beberapa daftar kuliner khas Lombok yang dapat Anda jadikan referensi saat berwisata atau berkunjung ke Pulau Lombok. Tentunya masih ada banyak makanan khas Lombok yang patut untuk di coba dan dinikmati. Jika bingung mau kemana saat di Lombok, bisa hubungi kami. Kami selaku penyedia paket wisata Lombok dengan senang hati membantu Anda, baik sendiri maupun rombongan. Selamat berwisata dan jangan lupa menikmati hidangan kuliner dari Lombok Timur yah.