Pulau Lombok terkenal dengan julukan Kota Seribu Masjid yang memiliki banyak sekali spot wisata mulai dari pantai, gunung serta budaya. Maka tak ayal jika pulau Lombok menjadi tempat destinasi wisatawan mancanegara. Spot wisata pulau Lombok yang belakangan ini trending topik adalah wisata gunung jae.

Gunung jae adalah salah satu kawasan wisata alam yang dimiliki oleh pulau Lombok yang memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari pemandangan danau yang tenang dikelilingi bukit dari kejauhan serta hamparan sawah hijau sejauh mata memandang. Keunikan yang dimiliki spot ini adalah keberadaan danau yang merupakan bekas pertambangan.

Setiap hari spot wisata ini tidak pernah kehilangan kunjungan dari para pelancong. Apalagi pada waktu weekday wisatawan akan membawa serta sanak keluarganya untuk merasakan pemandangan yang ditawarkan oleh gunung jae ini. Untuk memasukinya, Anda hanya perlu menyediakan uang 5.000 untuk membayar tiketnya.

Maka tak heran apabila banyak orang mendatangi spot wisata baru ini. Karena selain menawarkan keindahan alamnya juga disediakan berbagai fasilitas lain seperti toilet umum, gazebo, colokan listrik, musholla, tempat penyewaan tenda dan tidak ketinggalan deretan warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.

Sebagaimana disebutkan di atas, spot ini dulunya merupakan lokasi tambang yang memproduksi bahan galian C seperti pasir dan tanah urug. Setelah tidak dimanfaatkan lagi, bekas tambang tersebut diubah oleh warga desa gunung jae (jahe) menjadi spot wisata yang indah dan menjadi salah satu andalan di Lombok.

Tampilan atas wisata gunung jae, sumber: google.com
Tampilan atas wisata gunung jae, sumber: google.com

Beberapa Aktivitas Menarik di Gunung Jae

Apabila ke Gunung Rinjani orang biasanya mendaki dengan jalur pendakian Gunung Rinjani yang menantang maka di spot satu ini Anda akan mendapatkan hal yang berbeda, yuk ketahui lebih jauh apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat berwisata ke gunung jae ini. Di antara aktivitas yang sering dilakukan oleh wisatawan adalah:

Mengelilingi Danau

Aktivitas yang biasanya sering dilakukan oleh kebanyakan oleh wisatawan yang berkunjung ke spot gunung jahe adalah mengelilingi danau dengan berjalan kaki. Aktivitas satu ini terasa sangat menyegarkan karena saat berjalan kaki pengunjung akan melewati banyak pepohonan yang rindang sambil menikmati pemandangan danau.

Dengan total luas area 10 hektar, aktivitas jalan-jalan Anda bisa sekaligus menjadi olahraga ringan dan melepas penat. Menurut beberapa sumber, area pejalan kaki di gunung jae ini begitu bersih dan nyaman. Jika Anda datang pada sore hari, Anda bisa sekalian mendapatkan view sunset yang begitu mengesankan.

Berkemah di Camping Ground

Selain berjalan kaki, berkemah menjadi salah satu aktivitas favorit bagi pengunjung yang mau menghabiskan waktu lebih lama menikmati keindahan spot wisata alam ini. Untuk menunjang aktivitas ini, sudah tersedia camping ground atau spot untuk mendirikan kemah di sana.

Anda pun tidak perlu repot-repot menyiapkan perlengkapan untuk berkemah dari rumah. Sebab, di lokasi ada fasilitas penyewaan alat berkemah. Jadi, sangat praktis sekali bukan! Anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan kemah pribadi saja, misalnya pakaian hangat, bahan makanan dan kebutuhan berkemah lainnya.

Area camping ground, sumber: google.com
Area camping ground, sumber: google.com

Piknik di Pinggir Danau

Jika Anda hanya ingin menikmati suasana dan pemandangan tanpa perlu melakukan aktivitas fisik dan tidak mau berlama-lama Anda bisa berpiknik saja. Untuk lokasi piknik tersedia banyak spot di pinggiran danau dengan menggelar tikar di atas rerumputan hijau. Umumnya, wisatawan membawa perlengkapannya dari rumah, seperti tikar kecil dan hidangan ringan atau cemilan.

Naik Perahu

Fasilitas lain yang juga bisa Anda manfaatkan adalah perahu. Untuk aktivitas berenang memang di spot ini tidak dibolehkan, maka sebagai alternatifnya Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk main perahu di atas danau. Ada banyak pilihan perahu dengan harga sewa yang terjangkau. Mengayuh perahu bisa menjadi aktivitas santai di akhir pekan Anda sekeluarga.

Memancing di Danau

Untuk Anda yang suka memancing, berkunjung ke gunung jahe ini tidak akan membuat Anda menyesal. Memancing sambil bersantai dan menghirup udara segar di alam adalah aktivitas yang cukup menarik untuk dicoba.

Memandang Hamparan Sawah

Daya tarik lain dari spot wisata ini adalah hamparan sawahnya yang luas dan hijau. Hal ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memanjakan mata dengan view yang indah di sela-sela kesibukan rutinitas kerja. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa mengabadikan momen di sini.

Untuk spot foto yang instagramable pengelola wisata membuat sebuah jembatan kayu di tengah-tengah sawah. Spot wisata ini menjadi primadona dan wajib dikunjungi oleh para wisatawan saat berada di gunung jae.

Gowes Sepeda

Untuk Anda yang suka dengan aktivitas yang menantang adrenalin lokasi ini juga cocok untuk Anda. Di sini wisatawan bisa melakukan aktivitas bermain sepeda gunung karena perjalanan menuju gunung jae ini sangat pas untuk aktivitas tersebut.

Selain menguji adrenalin, selama perjalanan menuju spot dengan sepeda gunung Anda juga akan disuguhkan dengan suasana yang sejuk dan asri dari hamparan sawah dan jajaran pepohonan di kiri dan kanan jalan. Salah satu rute tracking yang ramai dikunjungi di sekitar spot ini adalah Air Terjun Timponan.

Menikmati Sunset di Penghujung Danau

Dan aktivitas menarik terakhir yang bisa Anda dapatkan di gunung jahe adalah menikmati matahari terbenam di penghujung danau. Perpaduan warna jingga sunset dan biru dari air danau membuat view wisata ini tak kalah anggun dengan wisata pantai yang ada di pulau Lombok.

Sunset di ujung danau, sumber: google.com
Sunset di ujung danau, sumber: google.com

Lokasi Wisata Gunung Jae

Spot wisata alam gunung jae ini berlokasi di Desa Sedau, kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Jaraknya dari pusat ibu kota Mataram sekitar 22 kilometer ke arah timur. Jika ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 45 menit.

Rute Menuju Wisata Gunung Jae

Untuk menuju ke spot wisata gunung jae ini Anda bisa menggunakan beberapa alternatif kendaraan, seperti motor, mobil dan juga sepeda gunung. Adapun rutenya ada dua alternatif yang bisa digunakan, yakni rute Kota Mataram dan rute Bandara Internasional Lombok.

Dan untuk Anda para pecinta alam, bisa menggunakan cara lain untuk sampai ke lokasi, yakni dengan tracking atau hiking. Tentu saja hal ini akan lebih menantang. Namun yang perlu diperhatikan adalah alat yang dibawa saat hiking agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar.

Nah, itulah ulasan tentang menjelajahi gunung jae Lombok, spot wisata bekas pertambangan yang unik. Jika Anda ingin datang ke gunung jahe ini, yuk rencanakan perjalanan Anda bersama penyedia paket wisata Lombok, First Lombok Tour.