Indonesia memang terkenal dengan keindahan pantai, pulau, gunung, air terjun, hingga goa. Salah satunya Goa Batu Cermin yang berlokasi di Labuan Bajo. Goa Batu Cermin merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri sebagai ciri khasnya.

Nah, berikut ini First Lombok Tour akan mengulas fakta seputar Goa Batu Cermin yang indah dan unik.

Sejarah Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Goa Batu Cermin ini memiliki sejarah yang unik hal ini dikarenakan oleh letak goa batu cermin yang ternyata dulunya berada di bawah permukaan laut dan sekarang berada di atas daratan dengan ketinggian 75 meter dan luas 19 hektar.

Goa Batu Cermin, Sumber: Google/@TripTrus
Goa Batu Cermin, Sumber: Google/@TripTrus

Menurut arkeolog berkebangsaan Belanda bahwa Goa Batu Cermin pada zaman dahulu berada dibawah permukaan laut. Ini beralasan dengan ditemukan fosil spesies laut yang menempel pada dinding goa. Lalu Goa ini dinamakan goa batu cermin karena memiliki dinding yang bisa memantulkan cahaya seperti cermin

Lokasi dan Akses ke Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Goa batu cermin ini terletak sekitar 4 km dari pusat kota Labuan Bajo atau dengan waktu tempuh sekitar 15 sampai 25 menitan. Anda tinggal bisa melihat google mas atau mengikuti arah jalan dari pusat kota menuju persimpangan Wae Mata.

Dari simbangan Wae Mata belok ke kiri dengan melewati perkantoran seperti Kantor Bupati dan lain-lain. Teruslah berjalan sampai menemukan persimpangan jalan. Di persimpangan jalan ini terdapat papan penunjuk atau arah jalan menuju lokasi Goa Batu Cermin.

Keunikan  (Keunikan) Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Tempat wisata ini kini ramai dikunjungi para wisatawan hal ini karena keunikan yang dimilikinya sehingga tempat wisata ini mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung dan mau melihatnya.

1. Pemandangan

Salah satu keunikan dari Goa Batu Cermin yang memikat para wisatawan yaitu pemandangan yang disuguhkan baik dari maupun luar dari dalam goa. Pemandangan luar goa anda bisa melihat pemandangan luar pepohonan rimbun dengan berbagai macam jenis burung yang hinggap dan jenis hewan lainnya sehingga membuat mata anda merasa nyaman memandangnya membuat anda betah ingin berlama – lama berada disana.

Keindahan Sejarah Goa Batu Cermin, Sumber: Twitter/@Jalanjalanbro
Keunikan Goa Batu Cermin, Sumber: Twitter/@Jalanjalanbro

Kemudian pemandangan dari dalam goa yang anda dapatkan ketika mulai masuk anda akan disuguhkan dengan dinding – dinding gua dan bebatuan besar yang ada didalamnya yang membuat anda takjub karena keindahan ornamen yang terjadi secara alami. Seakan keindahan dalam goa membuat penggunaan marmer ingin menggunakannya sebagai bahan baku. Ditambah lagi ditumbuhi beberapa tanaman – tanaman yang membuat anda sebelumnya dan tak menyangka seperti negeri dongeng akan keindahan dari Goa Batu Cermin ini.

Dibalik keindahan pemandangan goa, bagi wisatawan harus memperhatikan lingkungan goa agar menjaga goa tetap bersih dan sebisa mungkin menghindari makanan saat berwisata seperti makanan yang pedas agar leluasa menikmati keindahan goa tanpa harus terganggu kondisi perut.

2. Stalagmit dan Stalagtit

Memiliki Stalagmit dan stalaktit yang indah merupakan salah satu keunikan yang dimiliki Goa Batu Cermin. Stalagmit dan stalagtit pada dasarnya sama hanya dibedakan berdasarkan letak atau posisinya dalam gua.

Stalagmit merupakan batuan yang berbentuk lancip dan berlapis-lapis. Hal ini disebabkan karena air yang meneteskan kandungan kalsit (kalsium karbonat) dalam kurung waktu yang cukup lama. Stalagmit berada di bagian dasar atau lantai gua.

3. Fosil

Goa batu cermin ini memiliki beberapa jenis spesies dan fosil binatang laut dari zaman dahulu seperti penyu kura dan jenis ikan yang lain. Gua batu cermin ini dikenal dulunya berada di bawah permukaan air laut maka tidak heran didalamnya terdapat fosil – fosil binatang laut.

Keindahan Goa Batu Cermin, Sumber: Google
Keindahan Goa Batu Cermin, Sumber: Google

4. Dinding Cermin

Keunikan terpenting yang menjadi daya Tarik para wisatawan dari gua ini yaitu memiliki dinding batu. Dinding batu ini berbeda dengan jenis batu lainnya atau jenis batu yang bisa digunakan sebagai lantai marmer. Jenis batu goa ini dapat mencerminkan cahaya matahari. Sinar matahari yang dipantulkan melalui bebatuan dalam goa sehingga menyerupai cermin maka oleh masyarakat sekitar menyebutnya dengan Goa Batu Cermin.

Memiliki kemampuan dinding yang bisa memantulkan cahaya bukan karena hal mistis atau hal ghaib lainnya seperti yang Anda lihat, hal ini disebabkan karena banyaknya bebatuan yang bercampur dengan kandungan garam yang mengkristal pada dinding sehingga bebatuan yang mengandung garam tersebutlah yang mampu memantulkan cahaya matahari.

Jam Beroperasi dan Tiket Masuk Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Anda tidak perlu khawatir karena takut tempat wisata ini tutup. Jadi untuk jam operasi dari Tempat wisata Goa Batu Cermin ini mulai pukul 09.00 hingga 22.00 selalu buka setiap hari.

Adapun biaya tiket masuk Goa batu cermin sangat murah dan ramah di kantong anda kisaran Rp 10.000 bagi anda yang menggunakan pemandu wisata anda cukup membayar sebesar Rp 20.000 saja.

Itulah beberapa informasi seputar tempat wisata khususnya wisata goa batu cermin yang berada di Labuan bajo yang patut Anda kunjungi jika berada di Labuan Bajo. Tetap dan jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan sebagai etika berkunjung ke desa wisata atau berkunjung ke tempat wisata lainnya.