Goa Bangkang adalah salah satu keindahan di Lombok yang masih belum begitu dikenal. Karena memang pulau Lombok lebih dikenal dengan daya tarik pantai dan gili-nya. Pantai-pantai dan gili yang berada di pulau Lombok terkenal eksotis dan begitu mempesona. Namun sebenarnya, Lombok juga memiliki obyek-obyek wisata lainnya selain pantai dan gili seperti Goa. Salah satunya adalah Goa Bangkang.

Wisata alam di Lombok selain pantai dan gili juga tidak kalah menarik. Yang paling dikenal adalah Taman Nasional Gunung Rinjani. Namun, bukan hanya itu, Lombok juga memiliki banyak obyek wisata air terjun seperti air terjun Kertagangga, air terjun Jeruk Manis, air terjun Madu, air terjun Mangku Sakti dan air terjun lainnya yang diperkirakan jumlahnya lebih dari 20 obyek wisata.

Begitu juga dengan obyek wisata goa. Selain Goa Bangkang masih terdapat beberapa goa di pulau Lombok yang memiliki daya tariknya tersendiri. Ada yang sudah ramai dikunjungi, namun juga terdapat yang masih sepi pengunjung akibat kurang populer.

Goa Bangkang dikenal sebagai salah satu goa yang memiliki spot foto yang paling unik. Nah, apa keunikannya? Simak ulasan tentang keunikan, lokasi dan informasi lainnya terkait Goa Bangkang berikut ini.

Daya Tarik Goa Bangkang

Goa Bangkang, sumber ig nabilhikmal45
Goa Bangkang, sumber ig @nabilhikmal45

Goa Bangkang yang juga disebut Goa Gale-gale oleh penduduk sekitar berada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya mudah diakses karena berada tepat di sisi jalan utama. Disamping itu, lokasinya berada disekitar pantai Kuta, salah satu pantai terkenal di pulau Lombok.

Disekeliling goa, terdapat perbukitan dengan hutan yang hijau karena banyaknya tumbuhan dan pepohonan. Bagi para wisatawan yang berada di Lombok, jika telah merasa bosan dengan pantai-pantai yang terlihat di berbagai tempat, lokasi ini cocok untuk menjadi alternatif.

Daya tarik yang paling menonjol dari obyek wisata ini adalah spot fotonya. Yaitu spot goa yang langit-langitnya dimasuki sinar dari atap goa. Penampakannya seperti efek cahaya yang turun dari langit. Karena keunikan ini muncul berbagai julukan salah satunya adalah “cahaya tuhan”.

Kondisi Goa Bangkang cukup mumpuni untuk dijelajahi. Pintu masuk goa begitu tinggi serta langit-langit goa yang begitu lega dan tidak sesak. Didalam goa terasa sejuk, tenang dan pencahayaannya tidak begitu terang dan tidak begitu gelap.

Sedikit catatan, Goa Bangkang juga menjadi sarang kelelawar. Karena itu, banyak terdapat kotoran kelelawar atau sisa-sisa makanan yang dibawa kelelawar ke dalam goa sehingga bau menyegat begitu terasa. Namun jangan khawatir, pengunjung cukup memakai masker sehingga bau menjadi tidak terasa.

Aktivitas di Goa Bangkang

Goa Bangkang, sumber ig fadhil_alfaruqi
Goa Bangkang, sumber ig @fadhil_alfaruqi

Dengan membayar biaya Rp. 10.000, para pengunjung goa bisa menikmati kunjungan dan melakukan berbagai aktivitas. Yang sering menjadi favorit pengunjung adalah melakukan foto di spot “cahaya tuhan”.

Goa Bangkang terdiri dari dua bagian, bagian atas dan bagian bawah. Bayangkan saja layaknya rumah bertingkat agar lebih mudah. Di bagian bawah adalah ruang yang luas, sedangkan bagian atas inilah lokasi “cahaya tuhan” berada, yaitu langit-langit goa. Untuk mendapatkan foto terbaik, tentu saja harus menunggu momen datangnya sinar yang memasuki celah-celah langit goa.

Aktivitas lainnya adalah susur goa. Untuk aktivitas ini, para pengunjung harus ditemani oleh warga setempat. Karena warga atau pemandu yang ada telah memahami jalur susur goa. Sehingga para pengunjung tidak tersasar di dalam goa.

Jika ingin lebih jauh lagi mengeksplor goa, disarankan untuk membawa peralatan dan perlengkapan. Sehingga segala kondisi yang terkadang tidak bisa diprediksi bisa dihadapi dan tidak mengakibatkan kecelakaan. Ingatlah untuk tetap waspada meskipun kondisi goa yang sejauh ini masih aman-aman saja.

Informasi Goa di Pulau Lombok

Terdapat 5 goa bahkan lebih di pulau Lombok. Goa-goa di Lombok ini memang belum begitu dieksplor dan ramai dikunjungi para wisatawan. Bisa jadi oleh karena informasi yang belum begitu tersebar luas dan faktor-faktor lainnya.

Meskipun begitu, obyek-obyek wisata jenis ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Beberapa goa yang bisa dikunjungi diantaranya adalah Goa Kotak, Goa Susu dan Goa Tanjung ringgit. Mendengar namanya saja, goa-goa ini seolah sudah menunjukkan daya tarik yang membuat para pengunjung menjadi penasaran.

Spot Cahaya Tuhan di Goa Bangkang, sumber ig imam_yahya94
Spot Cahaya Tuhan di Goa Bangkang, sumber ig @imam_yahya94

Perbedaan goa-goa yang terdapat di pulau Lombok dan daerah-daerah lainnya juga layak untuk menjadi perhatian. Jika kebanyakan goa-goa di Indonesia berada di lokasi terpencil dan ditengah hutan, beberapa goa di pulau Lombok menghadap ke laut. Sehingga dari dalam goa para pengunjung bisa memandangi pesona laut dan pantai-pantai di Lombok. Menakjubkan bukan!

Dengan berbagai fasilitas wisata yang terdapat di Lombok, obyek-obyek wisata ini bisa dikunjungi. Sehingga jika Anda baru pertama kali atau ingin mencoba untuk berkunjung mengelilingi seluruh obyek wisata di Lombok, tidak perlu khawatir. Manfaatkan berbagai fasilitas wisata yang ada mulai sejak pemesanan tiket hingga akomodasi wisata.

Salah satu fasilitas wisata yang dapat Anda manfaatkan adalah jasa paket wisata Lombok. Paket wisata Lombok memberikan pelayanan bagi para wisatawan mulai dari transportasi dan keperluan lainnya untuk menikmati aktivitas berliburan dan berwisata di Lombok dan sekitarnya.

Itu dia berbagai informasi terkait obyek wisata Goa Bangkang dan informasi obyek wisata goa yang terdapat di pulau Lombok. Semoga bisa menjadi tambahan koleksi informasi wisata untuk Anda. Masih banyak daya tarik lainnya di pulau Lombok yang juga menarik untuk diulas seperti pantai Mawun di Lombok. Selamat menikmati liburan dan berbagai aktivitas wisata Anda.