World Tourism Organization atau yang sudah kita kenal sebagai Organisasi Pariwisata Dunia (OPD). Dan oleh karena itu sektor pariwisata di manapun berada, baik tingkat Nasional maupun Internasional. Harus mendaftarkan diri di dalamnya.

Hal itu agar membantu dan memudahkan suatu destinasi wisata tersebut menyebarluaskan informasinya. Selain itu juga bertujuan untuk menjalin kerjasama, baik secara multilateral ataupun bilateral. Dan inilah fungsi utamanya dari World Tourism Organization.

Tak kalah pentingnya juga masyarakat harus tahu bahwa pada setiap destinasi wisata di seluruh dunia. Baik itu tingkat Nasional maupun Internasional diawasi oleh World Tourism Organization tersebut.

Oleh sebab itulah fungsi penting lainnya dari World Tourism Organization selain yang sudah disebutkan di atas juga perlu untuk diketahui bersama. Dan kalau ditanyakan jenjang pendidikan yang bisa membantu pekerjaan ini adalah jurusan informatika. Karena sistem teknologi untuk komunikasi hari ini pasti dibutuhkan apalagi lintas negara.

Iustrasi gambar World Tourism Organization diambil dari Unsplash
Iustrasi gambar World Tourism Organization diambil dari Unsplash

Fungsi dan Tugas World Tourism Organization

World Tourism Organization adalah suatu organisasi pariwisata yang sertingkat dunia. Sebuah organisasi Internasional ini menjadi wadah yang mempunyai fungsi dan tujuan terstruktur.

Untuk garis besarnya World Tourism Organization ini dibentuk adalah sebagai alat untuk memahami kepentingan setiap negara pada sektor pariwisatanya.

Dan penyebaran informasi secara menyeluruh terkait berbagai destinasi pariwisata lintas negara beserta aspek yang berhubungan dengannya. Adalah tugas dan fungsi pokoknya World Tourism Organization.

Dan di bawah ini adalah 7 fungsinya dari World Tourism Organization atau lembaga resmi pariwisata Internasional secara keseluruhannya.

1. Bertanggung Jawab  Pada Sektor Pariwisata

World Tourism Organization cukup memiliki tanggung jawab terhadap sektor pariwisata pada masing – masing negara. Tanggung jawab ini berkaitan dengan kemunduran dan kemajuan industri pariwisata itu sendiri. Mulai dari tingkat Lokal, Nasional sampai Internasional.

2. Concept Maker

Selain World Tourism Organization menjadi penanggung jawab. Ia juga sebagai concept maker atau pelaku pembuat konsep. Mulai dari perencanaan, pengembangan hingga ke promosi pariwisatanya.

3. Menjadi Wadah Penelitian

Ternyata Organisasi Pariwisata Dunia ini selain berfungsi mengurusi aspek destinasi pariwisata di masing – masing negara. Ia juga sebagai wadah penelitian untuk kegiatan pariwisata dan seluruh aspek yang berkaitan dengannya.

4. Rule Maker

World Tourism Organization ini juga memiliki fungsi sebagai rule maker atau yang membuat aturan pelaksanaan seluruh kegiatan di sektor pariwisata.

5. Menjalin Kerja Sama

Kemudian untuk fungsinya yang ke lima adalah menjalin kerja sama. Organisasi ini akan menjalin kerja sama dengan perusahaan – perusahaan yang berbisnis di bidang pariwisata atau yang berkaitan dengannya.

Seperti hotel, restoran, transportasi wisata, akomodasi dan yang lainnya. Selama kegiatan bisnis itu menyangkut atau setidaknya bersinggungan dengan sektor pariwisata. Contoh sederhananya seperti restoran dan pusat oleh – oleh.

6. World Tourism Marketing

Fungsi organisasi selanjutnya adalah menjadi pelaku marketing atau yang memasarkan bisnis – bisnis pariwisata di setiap negara pada level Internasional.

7. Tempat Koordinasi

Dan untuk fungsinya terakhir dari Organisasi Pariwisata Dunia adalah menjadi tempat koordinasi dengan Dapertemen pariwisata di masing – masing negara.

Nah, itulah poin – poin penting dari fungsi secara keseluruhan Organisasi Pariwisata Dunia. Selain itu kita semua dan masyarakat pada umumnya juga perlu mengetahui organisasi – organisasi resmi pariwisata Internasional. Berikut beberapa daftarnya. Dan sebagai tambahan Anda juga perlu tahu tips berwisata murah.

Iustrasi gambar WTO diambil dari Unsplash
Iustrasi gambar WTO diambil dari Unsplash

3 Daftar Utama Organisasi Resmi Pariwisata Internasional

Perlu diketahui juga ternyata Organisasi Pariwisata Dunia memiliki tugas dan fungsinya masing – masing secara spesifik. Perihal itu menyesuaikan pada regional lokasi destinasi pariwisatanya. Jadi memang organisasi – organisasi tersebut mempunyai titik fokus dengan regulasi masing – masing.

1. World Tourism Organization (WTO)

Untuk organisasi pariwisata tingkat dunia buatan United Nations atau Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) adalah WTO). Organisasi ini berstatus menjadi sebuah organisasi tingkat paling tinggi dalam pengaturan pada sektor pariwisata negara di seluruh dunia.

Dan untuk tugas serta fungsinya WTO adalah tempat untuk memasarkan bisnis pada sektor pariwisata tingkat dunia. Selain itu ia juga memberikan perhatian di bidang pariwisata itu sendiri. Selain itu WTO juga bergerak dalam pengembangan pada dunia pariwisata.

Hal itu ia lakukan khususnya pada negara – negara berkembang, salah satunya adalah Indonesia. Dan tugasnya yang lain adalah mengumpulkan serta menerbitkan informasi tentang destinasi pariwisata tingkat Internasional.

2. World Traveland Tourism Council

World Traveland Tourism Council atau disingkat dengan WTTC adalah lembaga koalisi Internasional di bidang pariwisata. WTTC ini juga merupakan bagian dari 100 orang top executive di sektor pariwisata dunia.

Dan untuk tujuan dari organisasi WTTC ini adalah menjalin hubungan kerja sama kepada para pemimpin negara di seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suatu strategi dalam ranah membentuk SDM, mengembangkan teknologi serta tourist demand.

3. World Association of Travel Agents (WATA)

Organisasi yang satu ini berdiri untuk wadah agar memberi kemudahan kepada para agen pariwisata demi terciptanya akomodasi para wisatawan ketika mau melakukan perjalanan.

Hal itu dilakukan WATA karena memang organisasi ini secara keseluruhan mempunyai tugas dalam menjamin kepentingan para anggotanya ketika dalam pengaturan perjalanan wisatawan.

Iustrasi gambar pariwisata dunia diambil dari Unsplash
Iustrasi gambar pariwisata dunia diambil dari Unsplash

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya ketika sedang melakukan perjalanan. Para wisatawan Nasional dan Internasional memerlukan dokumen – dokumen tertentu yang dibutuhkan.

Dan oleh sebab itulah, World Association of Travel Agents didirikan sebagai langkah dalam mengatasi persoalan dokumen – dokumen penting yang dibutuhkan oleh para wisatawan di seluruh penjuru dunia.

Dan benang merahnya dari berbagai bentuk organisasi pariwisata dunia yang telah dipaparkan. Adalah dari ke semuanya saling terkait untuk menjalin kerja sama antara agen perjalanan, akomodasi, transportasi dan sampai pada objek pariwisatanya.

Dan kabar menariknya adalah, ternyata Indonesia juga punya banyak pilihan tempat wisata yang tak kalah indah dari yang di luar negeri. Salah satunya adalah desa wisata Lombok.

Demikian pembahasan kali ini seputar organisasi pariwisata tingkat dunia. Semoga dapat memberikan wawasan baru dan manfaat buat Anda. Dan jangan lupa untuk menyebarluaskan artikel ini ya, terimakasih!