Wisata ke Lombok jika berasal dari luar daerah bisa menjadi aktivitas yang tidak diduga-duga dari segi pengeluaran. Sebagaimana Bali, Lombok yang kini menjadi destinasi wisata Internasional memiliki standar yang tinggi dalam urusan pembiayaan. Tetapi jangan khawatir, masih ada alternatif wisata hemat di Lombok salah satunya dengan gaya backpacker ke Lombok.

Backpaker adalah gaya traveling yang tidak selalu disebabkan oleh biaya yang pas-pasan. Backpacker menjadi gaya bagi siapa saja yang ingin merasakan keseruan dan tantangan berliburan dan traveling. Meskipun begitu, manfaatnya bisa membuat kita menghemat pembiayaan dalam berliburan.

Alternatif wisata backpacker ke Lombok bahkan digandrungi para wisatawan mancanegara. Hal ini bisa terlihat dari gaya para wisatawan yang menenteng ranselnya dan berkeliling mengunjungi obyek-obyek wisata di Lombok. Nah, uniknya dari gaya backpacker adalah itenerary yang dibuat seminimalis mungkin tetapi dapat memberikan kepuasan yang sama.

Bagaimana sih tips-tips wisata backpacker untuk siapa saja yang memilih Lombok sebagai destinasinya? Apakah Pulau Lombok cocok untuk menjadi destinasi wisata ala backpacker? Simak berbagai tips wisata lombok ala backpacker berikut ini.

Backpacker Ke Lombok

Gunung Rinjani Lombok, sumber ig elgamartadewi
Gunung Rinjani Lombok, sumber ig @elgamartadewi

Berwisata tidak harus selalu merepotkan dengan banyaknya persiapan dan barang bawaan. Berwisata juga tidak harus mewah dan mengeluarkan biaya yang besar. Karena yang lebih penting dari semuanya adalah sensasi kepuasan dan refresh yang bisa dirasakan. Nah, backpacker bisa menjadi salah satu solusinya.

Selain itu, Lombok memang destinasi wisata yang meyediakan berbagai alternatif untuk berbagai style berwisata Anda. Terdapat banyak lokasi wisata yang mewah seperti pantai-pantai dan gili. Namun, terdapat juga alternatif lokasi wisata yang hemat namun tetap berkualitas.

Selain obyek wisata, fasilitas wisata yang ditawarkan juga bisa bermacam-macam. Para wisatawan bisa menginap di fasilitas penginapan seperti hotel dengan kualitas bintang lima. Namun terdapat juga penginapan sederhana namun kualitasnya bisa bersaing dalam urusan kenyamanan.

Menggunakan jasa paket wisata juga demikian, banyak sekali biro perjalanan wisata yang bisa dimanfaatkan. Namun terdapat juga tour guide biasa yang akan membawa Anda kemana saja meskipun tidak didukung alat transportasi yang mewah.

Untuk Anda yang ingin mencoba alternatif wisata backpacker, yang perlu dilakukan tentu saja mencari informasi. Nah, berikut ini berbagai informasi tentang tips wisata backpacker di Lombok yang bisa Anda coba.

Tips Backpacker Ke Lombok

Bagi siapa saja yang suka dengan hal baru dan tantangan dalam aktivitas liburan dan traveling, mencoba menenteng backpack untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata dibandingkan membawa koper besar dengan segala kebutuhan, bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dijamin, sensasinya bisa berbeda dan kepuasannya juga akan berbeda. Jika masih belum mengerti, jangan khawatir, beberapa tips berikut ini bisa Anda coba :

Petunjuk Arah Lokasi di Lombok, sumber ig soulandkith
Petunjuk Arah Lokasi di Lombok, sumber ig @soulandkith

1. Hunting Informasi

Yang paling penting dari seluruh aktivitas yang baru pertama kali dicoba adalah mencari informasi sebanyak mungkin. Karena informasi adalah kunci untuk membuat perencanaan matang. Carilah informasi mulai dari informasi tentang segala hal yang terkiat dengan keberangkatan, rencana traveling sampai kepulangan.

Nah, dari seluruh informasi yang ada kemudian kita membuat racikan yang pas untuk style liburan yang kita pilih. Jika memerlukan tiket pesawat, carilah tiket promo, meski harus dipesan sejak jauh-jauh hari. Intinya, disetiap penawaran, pasti tetap ada alternatif. Jadi, keep hunting ya guys.

2. Menentukan Pilihan

Yang menjadi tujuan kita adalah berwisata, mengunjungi berbagai tempat indah dan mempesona di Lombok. Maka, hargailah tujuan tersebut dengan menentukan pilihan yang tepat. Meskipun harus berusaha, namun jika masih mampun menikmati sensasi keindahan dan pesona lokasi wisata di Lombok, tidak ada salahnya kan!

Misalnya, dibandingkan menggunakan transportasi mewah, kita bisa memilih ojek sepeda motor. Di Lombok terdapat banyak ojek wisata yang bisa dimanfaatkan. Bahkan jalanan disekitar lokasi wisata di Lombok juga ramah bagi pejalan kaki sehingga kita bisa berjalan kaki mengunjungi lokasi-lokasi wisata ini.

Contoh lainnya adalah memilih penginapan, tempat makan dan aktivitas wisata. Kita cukup mencari penginapan murah, bahkan jika beruntung bisa gratis. Caranya adalah berkolaborasi (tips no. 3). dari pada makan di restoran, banyak warung disekitar yang harganya lebih ekonomis dan terjangkau. Dari pada beli oleh-oleh, cukup nikmati saja obyek wisatanya.

3. Kolaborasi

Kolaborasi ini terkait dengan hubungan kita dengan masyarakat di tempat tujuan wisata kita yaitu Lombok. Penduduk Lombok ramah dan sangat bersahabat. Sehingga Anda tidak perlu bingung dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk menyewa guide tour.

Anda cukup berinteraksi dengan penduduk setempat, bertanya, melihat petunjuk arah dan lainnya yang lebih hemat dan cukup menantang mental karena harus bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Tetapi manfaatnya juga lumayan lho.

Wisata Backpacker di Desa Sade Lombok, sumber ig gawinglombok
Wisata Backpacker di Desa Sade Lombok, sumber ig @gawinglombok

Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan bonus, harga yang lebih murah serta bisa tinggal bersama penduduk setempat. Tetapi ini juga tidak selalu terjadi, hanya apabila beruntung. Seperti misalnya menyewa ojek yang notabene penduduk asli. Terkadang driver ojek akan membantu kita bernegosiasi harga sehingga kita bisa mendapatkan harga yang murah untuk kebutuhan traveling kita.

4. Persiapan Matang

Persiapan biasanya terkait dengan barang bawaan dan rencana obyek wisata yang akan dikunjungi. Persiapkanlah barang bawaan yang sesederhana mungkin sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai ada barang bawaan yang sama sekali tidak terpakai. Misalnya, jika berencana menghabiskan waktu tiga hari, cukup bawa pakaian untuk tiga hari.

Selain itu, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya peralatan mandi yang bisa habis dalam waktu tertentu. Kita bisa sesuaikan agar hanya untuk tiga hari dan habis, sehingga saat perjalan pulang beberapa kebutuhan yang habis pakai bisa meringankan ransel kita.

5. Tetap Waspada

Meski hanya membawa kebutuhan yang pas, tidak banyak, tetapi kita juga tetap perlu waspada ya guys. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan dokumen dan pembiayaan. Karena bagaimanapun, berwisata backpacker tetap membutuhkan hal-hal yang apabila kehilangan membuat kita kesulitan. Salah satu caranya adalah membawa ransel atau backpack yang bisa ditutup dengan baik, bahkan bisa digembok.

Itu dia tips backpacker di Lombok yang bisa dicoba. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi acuan saat berwisata ke Lombok ya guys. Simak berbagai informasi wisata dan tips wisata Lombok lainnya di halaman firstlomboktour.com.