468

Melihat hamparan bumi dari ketinggian serta merasakan sejuknya suasana pegunungan tentu sangat menyenangkan. Belum lagi bisa berselfi ria sambil menikmati kebersamaan dengan orang-orang tercinta, sungguh sebuah nikmat yang tak mungkin dipungkiri. Kenikmatan yang demikian dapat kita rasakan jika kita melakukan wisata pendakian atau hiking.

Wisata Hiking

Hiking menawarkan berbagai sensasi keindahan. Namun yang perlu diketahui, wisata hiking juga membutuhkan kesiapan fisik dan psikologi juga. Karena hiking berbeda dengan olahraga atau wisata lainnya, hiking mengandalkan kekuatan fisik, nafigasi dll. Nah oleh sebab itu, kami mengumpulkan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berwisata hiking. Simak baik-baik ya.

Foto by Oziel Gómez di Unsplash

Foto by Oziel Gómez di Unsplash

Persiapan Informasi

Informasi tentang medan dakian menjadi hal yang sangat penting. Hal tersebut menjadi acuan kita untuk mengukur kemampuan diri, kemudian memutuskan untuk melakukan pendakian atau tidak. Disamping itu, informasi tentang medan dakian menjadi bahan untuk memutuskan persiapan apa saja yang harus kita lakukan sebelum mendaki. Juga sebagai penentu persiapan-persiapan selanjutnya.

Foto oleh rawpixel di Unsplash

Foto oleh rawpixel di Unsplash

Persiapan Fisik

Kekuatan fisik dalam sebuah pendakian menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Tentu saja, karena mendaki bukan hal yang sepeleh. Ia termasuk dalam aktivitas atau olahraga ekstreem yang benar-benar akan menguras tenaga. Oleh sebab itu latihan fisik sebelum pendakian menjadi hal penting yang wajib dilakukan, khususnya bagi pendaki pemula.

Bagi pendaki pemula, usahakan memulai latihan fisik selambat-lambatnya 14 hari atau 10 hari sebelum pendakian. Karena banyak hal yang harus fisik kita siapkan sebelum menempuh medan yang ekstrim. Kaki, betis, lengan pundak, punggung, dan hampir semua bagian tubuh harus dilatih dan dipersiapkan. Bagi yang rajin olahraga persiapan fisik ini akan terasa lebih ringan dan mudah.

Foto oleh ryan park di Unsplash

Foto oleh ryan park di Unsplash

Persiapan Psikis atau Mental

Persiapan psikis atau mental dalam pendakian memiliki peran yang siknifikan. Ternyata bukan hanya fisik yang kuat yang dibutuhkan selama pendakian, psikis atau mental juga harus disiapkan. Karena yang akan kita lewati adalah medan ekstrim yang benar-benar ekstrim. Maksutnya adalah tidak hanya secara wujud fisik terjal dan berbatu, namun medan yang akan kita lewati juga termasuk medan yang jarang dijamah oleh manusia. Tidak jarang kita harus melewati hutan yang rimbun, rawa-rawa serta semak-semak yang jarang dilewati orang.

Mental yang kuat mampu menjaga semangat kita selama pendakian. Juga akan menjadikan perasaan serta logika tetap stabil dalam kondisi apapun. Sebab, selama pendakian kita harus tetap waras atau stabil. Dengan demikian, saat menghadapi kesulitan atau rintangan kita tidak akan down atau pesimis.

Foto oleh Indian Yogi (Yogi Madhav) di Unsplash

Foto oleh Indian Yogi (Yogi Madhav) di Unsplash

Persiapan Alat

Selain kesiapan fisik dan mental, peralatan pendakian juga harus dipersiapkan sebelum memulai pendakian. Mengapa demikian? Karena aktivitas ini membutuhkan peralatan-peralatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan. Diantaranya adalah sepatu gunung, sandal gunung, tas gunung atau carrier, juga peralatan-peralatan khusus lainnya seperti peralatan makan, peralatan tidur dan peralatan mandi.

Jangan berlebihan dalam membawa barang. Gunakan informasi tetantang medan dakian sebagai acuan utama untuk menentukan mempersiapkan peralatan alat daki. Bawa suplay makanan dan air secukupnya, begitu juga dengan peralatan tidur, makan dan mandi, bawa secukupnya. Karena yang akan kita tempuh adalah medan berat, terjal dan mendaki. Jauh berbeda dengan jalan-jalan di mall sambil cekrak-cekrik.

Foto oleh Joanna Nix di Unsplash

Foto oleh Joanna Nix di Unsplash

Demikian empat persiapan penting yang harus kita perhatikan sebelum memulai aktivitas hiking. Persiapan yang baik juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dan kesuksesan agenda. Begitu juga saat berlibur, kita harus mempersiapkan banyak hal sebelum memulai liburan kita. Jika Anda hendak berlibur ke Lombok, tidak ada salahnya untuk menghubungi kami First Lombok Tour di sini.