Berkemah atau camping adalah kegiatan yang dilakukan di alam bebas dengan menginap di dalam tenda. Saat ini camping adalah kegiatan yang banyak diminati oleh banyak orang. Melakukan persiapan perlengkapan camping dan aktivitas camping memiliki banyak sekali manfaat. Bukan hanya sekedar berwisata, dengan adanya pemandangan yang indah mengajak kita untuk lebih mengenal alam ciptaan Tuhan.

Melakukan kegiatan di alam bebas seperti di bukit Rinjani tentunya sangat menyenangkan, akan tetapi tentu setiap kegiatan tersebut berjalan lancar dengan adanya persiapan yang matang, Anda tidak boleh asal pergi tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini, Kami akan membahas mengenai perlengkapan camping yang penting yang perlu Anda bawa guna untuk membantu persiapan saat kegiatan camping. Simak ulasan dibawah ini :

1. Tenda

Tentu bukan camping namanya jika tidak ada perlengkapan tenda. Perlengkapan yang satu ini tidak boleh lupa untuk anda bawa saat akan melakukan kegiatan di alam bebas. Terlebih lagi jika akan bermalam di alam bebas. Tenda memiliki peranan yang sangat penting untuk menjadi tempat berlindung Anda.

Ada berbagai jenis tenda, mulai dari tenda pramuka, tenda dome, hingga flysheet. Saat ini tenda dome lebih diminati oleh banyak orang, selain mudah didirikan, tenda ini mudah dibawa ke mana-mana.

Selain tenda, jangan lupa pula untuk membawa perlengkapan mendirikan tenda seperti frame dan pasak. Supaya tenda bisa didirikan. Karena percuma saja membawa tenda kalau tidak ada perlengkapan untuk mendirikannya.

2. Sleeping Bag

Tenda & Sleeping Bag, sumber ig utyty
Tenda & Sleeping Bag, sumber ig @utyty

Saat camping, tidak lengkap jika tidak membawa peralatan tidur yang memadai karena akan berdampak pada kualitas tidur yang berefek pada pemulihan tenaga yang tidak maksimal saat istirahat. Selain itu juga, adanya suhu udara yang sangat dingin terutama malam hari yang dapat berdampak pada kualitas tidur.

Nah, untuk itu penting untuk membawa sleeping bag sebelum berangkat camping. Dengan adanya sleeping bag ini, maka akan membantu tidur di alam bebas terasa lebih nyaman, hangat, lebih nyenyak dan terbebas dari hipotermia.

3. Kompor dan Gas

Perlengkapan penting camping berikutnya adalah kompor gas beserta tabung gasnya. Barang ini tidak boleh ketinggalan saat camping, tentu alasannya sangat masuk akal karena Anda membutuhkan tempat untuk memasak.

Saat ini sudah banyak terdapat kompor dan gas portabel cocok untuk Anda gunakan saat camping. Bobotnya kurang dari setengah kilo dan mudah di-packing di dalam tas sehingga tidak merepotkan dan praktis untuk dibawa kemana saja.

Bukan hanya itu, harganya pun beragam mulai dari Rp 70 ribuan hingga ratusan ribu. Kompor dan gas portabel ini bisa Anda dapatkan di toko yang menjual perlengkapan dapur. Opsi lainnya Anda bisa menyewanya agar lebih hemat.

4. Korek Api

Meskipun korek api barang yang kecil, namun peranannya sangatlah penting. Tentu Anda sudah mengetahuinya, korek api memiliki fungsi sebagai sumber api. Selain itu juga, Korek api bisa menjadi alat untuk jaga-jaga jika pemantik kompor mati. Agar lebih mudah dan praktis, sebaiknya membawa mancis atau korek api gas. Selain mudah disimpan, lebih aman karena tahan terhadap udara serta suasana yang lembab.

5. Peralatan Masak dan Makan

Camping tentunya tidak hanya dilakukan sehari saja, maka dari itu Anda harus membawa peralatan masak dan makan. Saat ini sudah banyak tersedia peralatan masak dan makan yang khusus dibuat untuk mendukung aktivitas di alam bebas. Jadi, jangan membayangkan kalau Anda harus membawa panci yang berukuran besar, nanti malah merepotkan bukan?

Peralatan Masak Saat Camping, sumber ig ba_vo___micco
Peralatan Masak Saat Camping, sumber ig @ba_vo___micco

6. Senter

Sebagaimana diketahui, camping identik dengan menginap di alam bebas dan suasana malam yang gelap. Oleh sebab itu, sumber cahaya seperti senter memang sangat dibutuhkan. Usahakan untuk membawa senter atau headlamp sesuai jumlah orang yang camping agar tidak kesusahan saat malam tiba.

7. Jas Hujan

Cuaca yang dihadapi saat melakukan kegiatan di alam bebas tidak dapat diprediksi. Untuk berjaga-jaga Anda perlu membawa jas hujan karena bisa saja kemungkinan diguyur hujan deras dengan tiba-tiba. Kondisi basah kuyup saat mendaki tentu sangat bahaya karena dapat memicu terjadinya hipotermia.

8. P3K

Cedera atau luka bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan penanganannya pun harus cepat untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Terlebih aktivitas dengan melakukan kegiatan di alam bebas tentu memiliki resiko tersebut. Itulah mengapa kotak P3K sangat diperlukan.

Pengadaan kotak P3K ini adalah sebagai langkah mengantisipasi dan penanganan dini cedera dan luka. Jangan berpikir bahwa perlengkapan ini ribet, karena bisa diminimalisir dan membawa sesuai kebutuhan saja.

9. Jaket

Jaket dan selimut sangat perlu dibawa karena mengantisipasi udara yang dingin pada malam hari. Biasanya saat camping di luar terjadi perubahan suhu yang signifikan sehingga membuat kita sulit beradaptasi dengan lingkungan.

Kotak P3K, sumber ig neomedgr
Kotak P3K, sumber ig @neomedgr

10. Materas

Matras adalah perlengkapan camping yang sangat dibutuhkan bukan saja untuk di dalam tenda, tetapi juga untuk di luar tenda dan menikmati saat santai bersama keluarga. Saat ini sudah banyak jenis matras yang diperuntukan untuk camping. Bahanya beragam, namun jika bersama banyak orang, disarankan untuk membawa matras lipat atau matras isi udara agar lebih nyaman.

11. Logistik atau bahan makanan

Mengingat kegiatan di alam bebas tentu melibatkan aktivitas fisik dan tidak dilakukan hanya sehari saja. Untuk itu, Anda perlu juga untuk mempersiapkan makan, usahakan untuk membawa makanan yang praktis dan pembuatannya tidak ribet.

Itu dia beberapa perlengkapan camping yang bisa Anda persiapkan untuk melakukan aktivitas camping. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda. Simak ulasan informatif lainnya seputar tips dan wisata Lombok.