468

Berwisata ke tempat baru? Menyenangkan bukan? Setiap orang pasti menginginkan berwisata ke tempat baru yang menyenangkan. Tempat yang penuh kejutan dan spot-spot yang menarik dan bikin kepo maksimal. Tentunya akan sangat sayang jika tidak dieksplor secara maskimal. Buat kita yang suka traveling dan mengekplorasi tempat-tempat baru, kaki pegal merupakan salah satu hal yang sering kita alami.

Kaki Pegal Saat Berwisata

Kaki pegal saat berwisata merupakan hal yang sering terjadi. Penyebab utamanya adalah terlalu banyak berjalan kaki. Hal ini wajar, karena saat berwisata kita sering berjalan kaki dalam waktu yang lama untuk mengekplorasi spot-spot menarik. Terlalu banyak bergerak membuat pembakaran energi dalam tubuh meningkat. Proses ini menghasilkan zat sisa berupa asam laktat. Asam laktat inilah zat yang menghasilkan rasa pegal pada tubuh kita, terutama di daerah kaki.

Rasa pegal pada tubuh, khususnya pada daerah kaki akan menghambat aktivitas. Kondisi tersebut membatasi gerak kita sehingga kita tidak akan bisa bergerak dan beraktivitas secara bebas dan maksimal. Tentunya ini akan sangat mengganggu momen-momen berharga kita selama wisata. Nah inilah beberapa tips sederhana untuk mengurangi rasa pada kaki saat berwisata.

Foto oleh Brina Blum di Unsplas

Foto oleh Brina Blum di Unsplas

Rendam air hangat

Air hangat terbukti memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kita. Salah satunya adalah untuk memperlancar aliran darah. Merendam kaki di air hangat akan mengurangi rasa pegal, mengurangi asam laktat dan melancarkan peredaran darah pada kaki. Sehingga kaki akan terasa lebih nyaman dan relax. Lakukan perendaman ini setiap malam selama berwisata, niscaya pegal pada kaki Anda akan berkurang cukup signifikan.

Foto oleh Rune Enstad di Unsplash

Foto oleh Rune Enstad di Unsplash

Pijat-pijat area kaki

Pijatan menjadi salah satu metode yang telah lama dikenal mampu mengobati beberapa penyakit, termasuk mengurangi rasa pegal. Pemijatan yang tepat juga dapat merelaksasi otot-otot yang tegang karena beraktivitas. Alternatif ini dapat dilakukan bersamaan dengan perendaman air hangat. Kaki yang direndam air bisa dipijat pelan-pelan agar relaksasi lebih optimal dan maksimal.

Perenggangan sederhana

Perenggangan terbukti mampu merelaksasi otot yang tegang karena aktivitas. Selain itu perenggangan ternyata juga mampu mengatasi permasalahan otot sehari-hari. Maka dari itu, perenggangan sebelum dan selama aktivitas akan sangat bermanfaat, termasuk perenggangan kaki selama berwisata. Lakukan selama minimal 5-10 menit dengan gerakan-gerakan yang sederhana. Seperti memutar-mutar pergelangan kaki, maka rasakan manfaatnya.

Istirahatlah dengan cukup

Sebagian besar kita selalu kurang istirahat saat pergi berwisata. Penyebabnya banyak sekali, diantaranya adalah karena perjalanan wisata hingga banyaknya aktivitas saat berwisata. Hal ini tentu sangat mengganggu kesehatan tubuh termasuk membuat kita kelelahan. Kurangnya istirahat saat perjalanan wisata bisa menyebabkan kaki kita terasa pegal karena lama dan jauhnya perjalanan. Untuk mengurangi rasa pegal pada kaki, biasakan istirahat sebentar saaat perjalanan. Duduk atau bersantai selama minimal 2-4 menit akan sangat membantu kaki kita untuk relaksasi dan mengurangi rasa pegal.

Foto oleh Dhruv Deshmukh di Unsplas

Foto oleh Dhruv Deshmukh di Unsplas

Minum air putih

Seperti yang kita tahu bahwa air memegang peran yang penting bagi tubuh kita. Karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan dan air merupakan jenis cairan yang mendominasinya. Ketidak seimbangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari masalah ringan hingga masalah serius. Salah satu penyakit yang muncul akibat terganggunya keseimbanga cairan dalam tubuh adalah pegal di area kaki. Maka dari itu penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga kecukupan asupan air pada saat berwisata.

Demikian beberapa cara mudah mengurangi rasa pegal pada kaki saat berwisata yang telah di rangkum oleh tim First Lombok Tour. Lakukan cara-cara sederhana tersebut agar momen-momen wisata Anda lebih menyenangkan. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pulau Lombok dan menginginkan pengalaman berwisata yang menakjubkan, kami dari First Lombok Tour memiliki berbagai penawaran paket yang asik. Segera hubungi kami di kontak di sini.