468

Mengunjungi objek wisata terkenal menjadi tujuan utama bagi para wisatawan. Apalagi objek wisata tersebut mashur dengan keindahannya. Seperti Pantai Pink di Pulau Lombok misalnya. Namun demikian, berwisata di satu tujuan saja kurang afdhol jika tidak mengunjungi objek wisata lainnya yang memiliki keindahan serupa. Maka dari itu, referensi wisata menjadi sebuah hal yang penting untuk diketahui bersama.

Wisata Pantai Pink Lombok

Berwisata ke Pantai Pink Lombok akan lebih menyenangkan jika dirangkai dengan mengunjungi beberapa objek wisata disekitarnya. Karena ternyata banyak objek wisata di sekitar Pantai Pink yang sayang sekali jika dilewatkan dan tak dikunjungi. Oleh sebab itu, tim First Lombok Tour akan memberikan beberapa daftar objek wisata di sekitar Pantai Pink yang dapat Anda kunjungi. Simak baik-baik ya…

Pantai Pink, sumber gambar IG @rizkafauziyahdi

Pantai Pink, sumber gambar IG @rizkafauziyahdi

Pantai Angin-Angin

Pantai Angin-angin adalah salah satu destinasi wisata yang paling dekat dengan Pantai Pink Lombok. Jarak antara Pantai Pink ke Pantai Angin-angin hanya sekitar 1,9 km dengan waktu tempuh hanya sekitar 9 menit menggunakan kendaraan pribadi. Pantai yang terletak di wilayah yang sama dengan Pantai Pink (Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur) ini juga sering disebut sebagai Pantai Pink 2. Mungkin karena kedua pantai tersebut memiliki karakter yang hampir sama.

Kondisi Pantai Angin-angin masih sangat sepi dan jauh dari keramaian. Oleh sebab itu, para wisatawan yang datang akan mendapati sensai yang tak biasa. Yakni sebuah pantai dengan pasir jingga alami, air yang bening, angin yang berhembus sepoi dan kesunyian yang menenangkan. Sayang, karena masih jarangnya wisatawan yang berkunjung, sehingga tak banyak uasan dan foto tentang objek wisata ini yang beredar di internet.

Pantai Semangkok

Pantai Semangkok ini letaknya berada di samping Pantai Pink. Karakteristik pantainya menyerupai pantai pink dengan garis pantai yang lebih pendek. Di dekat Pantai Semangkok ada sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni yang dijuluki warga sekitar sebagai Pulau Cinta. Untuk menikmati pesona pantai yang masih asrih nan alami ini para wisatawan harus berusaha sedikit lebih keras. Karena akses jalan menuju Pantai Semangkok cukup sulit.

Pantai Semangkuk, gambar sumber IG @mahesawirga

Pantai Semangkuk, gambar sumber IG @mahesawirga

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Pink Lombok. Objek wisata yang satu ini berada di bagian ujung paling timur Pulau Lombok tepatnya di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.  Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian membuat objek wisata dengan panorama laut yang mempesona satu ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, akses menuju lokasi juga masih sangat minim, hanya pengendara motor dan mobil dengan ukuran kecil yang dapat masuk ke jalan menuju ke spot wisata.

Layaknya tanjung pada umumnya, Tanjung Ringgit memiliki tebing yang curam dengan angin yang cukup kencang, khsusnya di beberapa waktu. Sehingga para pengunjung dihimbau untuk selalu berhati-hati dan waspada saat bersantai di sekitar tebing. Walaupun demikian, terdapat beberapa aktifitas  yang bisa kita lakukan di sini, yakni bercamping, bersantai, juga berenang dengan syarat harus menapaki jalan ke bawah tebing.

Tanjung Ringgit, sumber gambar IG @achmadfajar69

Tanjung Ringgit, sumber gambar IG @achmadfajar69

Goa Raksasa Tanjung Ringgit

Dekat dengan lokasi Tanjung Ringgit terdapat sebuah goa misterius dengan ukuran yang cukup besar. Warga sekitar menyebutnya dengan nama Goa Raksasa Tanjung Ringgit. Bagian dalam goa ini cukup gelap dan lembab, sehingga sangat cocok bagi habitat kelelawar dan hewan kecil lainnya. Oleh karena itu, ketika kita masuk ke dalamnya, suara bising kelelawar yang bersautan akan memenuhi segenap penjuru goa.

Meriam Jepang

Tak jauh dari lokasi Tanjung Ringgit dan Goa Raksasa Tanjung Ringgit terdapat sebuah meriam kuno yang sarat akan nilai sejarah, yakni Meriam Jepang. Pada objek wisata ini terdapat sebuah meriam kuno yang menghadap ke laut. Konon Meriam ini menjadi salah satu senjata ampuh tentara Jepang untuk menyerang kapal-kapal musuh. Meriam ini dan beberapa peninggalan Jepang yang berada di sekitar Tanjung Ringgit menjadi bukti bahwa ternyata kedudukan Lombok dalam masa penjajahan Jepang cukup penting. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dan berfoto bersama di objek wisata ini. Untuk mengetahui objek wisata sejarah lainnya yang berada di Pulau Lombok Anda bisa membacanya di sini.

Meriam Jepang, sumber gambar IG @aaduds

Meriam Jepang, sumber gambar IG @aaduds

Tanjung Poki

Bagi Anda yang menyukai berwisata yang memacu adrenalin dengan sensasi yang berbeda, agaknya salah satu objek wisata yang berdekatan dengan Pantai Pink ini akan menjadi spot yang tepat. Tanjung Poki namanya, berjarak sekitar 1,4 km dari Pantai Pink, tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Tanjung Poki termasuk objek wisata yang masih jarang dikunjungi dan diketahui banyak orang pada umumnya. Namun tempat ini adalah spot   favorit para pemancing yang biasanya berdatangan saat weekend.

Tanjung Poki, sumber gambar IG @donricsyh

Tanjung Poki, sumber gambar IG @donricsyh

Pantai Mangku Guru

Pantai Mangku Guru adalah saah satu pantai di sekitar Pantai Pink yang memiliki panorama eksotis yang juga mengagumkan. Jaraknya sangat dekat dengan Pantai Pink hanya sekitar 1,5 km. Lokasinya yang cukup terpencil membuatnya jarang dikunjungi  para wisatawan. Sehingga kondisinya masih alami dan tenang. Di Pantai ini para wisatawan dapat menikmati indahnya panorama laut yang bersatu dengan langit di atas pantai dengan pasir halus. Para wisatawan juga bisa berenang di pinggiran pantai atau melakukan aktifitas ringan lainnya.

Pantai Tanjung Perak dan Tanjung Cina

Pantai Tanjung Perak dan Tanjung Cina berjarak sekitar 2,2 km dari Pantai Pink Lombok. Kedua Pantai yang letaknya sangat berdekatan ini memiliki karakteristik yang sangat mirip, yakni kawasan pantai yang berpadu dengan perbukitan karang dengan ombak yang cenderung tenang. Panorama pantai yang masih alami semakin indah kala mentari mulai tenggelam di ufuk barat. Oleh sebab itu, banyak para fotografer yang mengunjungi pantai ini kala senja mulai datang.

Pantai Tanjung Cina, sumber gambar IG @ijonk.re

Pantai Tanjung Cina, sumber gambar IG @ijonk.re

Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer yang berada di dekat Pantai Pink. Jaraknya dengan Pantai Pink sekitar 3,3 km. Tanjung Bloam terkenal dengan panorama dua batu cadas yang menjulang yang mengapitnya. Selain sebagai objek wisata, Tanjung Bloam juga terkenal sebagai lokasi konservasi dan habitat penyu. Pada areal pantai, para wisatawan akan disuguhkan dengan garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putih yang terhampar dan air laut biru nan jernih. Keelokan Tanjung Bloam kian lengkap dengan perahu-perahu kecil milik nelayan setempat yang hilir mudik mencari ikan ke tengah laut.

Tanjung Bloam, sumber gambar IG @delliedinda

Tanjung Bloam, sumber gambar IG @delliedinda

Pantai Tanjung Porok

Pantai Tanjung Porok berjarak sekitar 6,5 km dari Pantai Pink. Para wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini dengan menggunakan mobil peribadi kemudian diteruskan dengan jalan kaki. Waktu tempuh dari Pantai Pink sekitar 40-60 menit dengan transportasi tersebut. Kondisi pantainya bersih dengan semilir angin laut, pasir putih dan deru ombak yang tenang. Para wisatawan dapat memanjakan diri dengan menikmati panorama pantai yang menenangkan sepuasnya.

Pantai Tanjung Porok, sumber gambar IG @jhoeny.id

Pantai Tanjung Porok, sumber gambar IG @jhoeny.id

Demikian sepuluh objek wisata yang teretak di sekitar Pantai pink dengan waktu tempuh rata-rata di bawah satu jam. Untuk pembahasan terkait akses menuju Pantai Pink dapat anda baca selengkapnya di sini. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke objek-objek wisata tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Karena di sana terdapat sedikit sekali penjual makanan atau minuman. Pastikan juga kondisi motor dan mobil Anda dalam keadaan prima, karena sebagian besar jalan akases menuju lokasi wisata masih berupa jalan berkerikil tak beraspal. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan jasa travel kami, langsung saja hubungi cs kami. Semoga ulasan kami bermanfaat.