Setiap daerah pasti memiliki kendaraan tradisionalnya masing-masing. Seperti kendaraan tradisional Cidomo yang berasal dari Lombok. Bagi Anda yang sudah atau belum mengunjungi  Lombok tentunya akan penasaran dengan kendaraan tradisional ini. Selain jajanan tradisional khas Lombok yang juga sangat terkenal akan kelezatan nya.

Mungkin bagi sebagian dari Anda masih belum terlalu familiar dengan Cidomo. Namun, bila disandingkan dengan kendaraan tradisional dari pulau Jawa yaitu, Delman. Pasti Anda sekilas mengetahui bahwa kendaraan ini dapat bergerak karena bantuan tarikan dari hewan kuda.

Bila Anda semakin penasaran dengan kendaraan tradisional Cidomo dari Lombok. Bisa disimak berbagai informasi dan ulasannya berikut ini.

Apa itu Cidomo?

Penggunaan cidomo oleh wisatawan, sumber: idnexplore.com
Penggunaan cidomo oleh wisatawan, sumber: idnexplore.com

Cidomo atau biasanya disebut dengan Cimodok oleh masyarakat lokal adalah kendaraan atau transportasi tradisional khas dari Lombok. Bentuk kendaraan ini sama dengan Delman atau Andong yang juga merupakan kendaraan tradisional dari pulau Jawa. Persamaannya mulai dari bentuk fisik hingga menggunakan hewan kuda sebagai sumber utama tenaganya.

Sampai saat ini kendaraan tradisional Cidomo masih digunakan oleh masyarakat lokal sebagai sarana transportasi utama. Bukan hanya digunakan oleh masyarakat lokal tetapi, digunakan juga oleh wisatawan yang berlibur di Lombok. Sehingga kendaraan ini cukup populer sebagai alat transportasi.

Ditambah dengan biayanya yang cukup terjangkau dan murah. Membuat kendaraan tradisional Cidomo masih cukup populer digunakan sebagai alat transportasi. Maka, tak heran bila berkunjung ke Lombok dan berbagai destinasi wisatanya seperti pulau Gili Trawangan akan sangat mudah menemukan kendaraan tradisional ini.

Asal Mula Cidomo di Lombok

Keberadaan kendaraan tradisional Cidomo tidak ada informasi pasti terkait asal-mulanya. Namun, berawal dari transportasi tradisional Cikar yang juga ditarik oleh hewan kuda tetapi, hanya khusus digunakan untuk mengangkut barang.

Sementara itu ada juga Dokar kendaraan transportasi dari Lombok yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Dari kombinasi kendaraan tradisional tersebut tercipta lah kendaraan Cidomo.

Cidomo memiliki singkatan yaitu cikar, dokar, dan mobil. Mengapa ada kata mobil? Karena alat transportasi ini menggunakan roda mobil. Untuk fungsi penggunaannya bisa untuk mengangkut barang dan juga penumpang.

Walaupun menggunakan roda mobil Cidomo masih tetap ditarik menggunakan tenaga dari kuda. Seiring dengan peningkatan fungsi penggunaannya dan kapasitas daya angkut. Ada juga kendaraan Cidomo yang menggunakan kurang lebih 2 kuda untuk menambah kecepatan dan tenaga penariknya.

Keunikan Kendaraan Tradisional Cidomo

Keunikan cidomo, sumber gili-islandtransfers.com
Keunikan cidomo, sumber: gili-islandtransfers.com

Ada beberapa keunikan dari kendaraan tradisional Cidomo sehingga memiliki daya tarik. Bukan hanya sekedar menjadi kendaraan tradisional warga lokal tetapi, juga kendaraan bagi para wisatawan.

Bentuk dari Cidomo tidaklah terlalu besar hanya berkapasitas kurang lebih 4-5 orang saja dan sudah termasuk dengan pengemudi (kusir). Selain itu, bentuknya yang kotak dan tertutup juga menjadi salah satu keunikannya.

Menggunakan tenaga kuda dan hanya terdiri dari 2 roda mobil Cidomo masih mampu beroperasi sebagaimana transportasi pada umumnya. Membawa penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya yang menjadi tujuan.

Keunikan lainnya juga adalah kusir yang bertugas sebagai pengemudi memiliki tempat duduk berdekatan dengan penumpang. Sehingga, kusir memiliki posisi duduk layaknya seorang penumpang untuk mengendalikan kuda.

Biasanya Cidomo juga dihias menggunakan beberapa ornamen tambahan yang khas. Tujuannya adalah untuk menampilkan keunikan dan daya tarik kendaraan tradisional ini. Mulai dari pewarnaan yang menggunakan warna cerah dan kombinasi. Tak ketinggalan kuda juga dihias menggunakan pernak-pernik warna warni seperti jumbai dan tambahan lonceng.

Perbedaan Cidomo Dengan Delman 

Jika dilihat sekilas Cidomo dan Delman memiliki tampilan yang sama. Mulai dari menggunakan 2 roda hingga bentuknya yang kotak. Namun, ada perbedaan yang membuat dua kendaraan tradisional ini tidak sama. Karena ada ciri khas dan keunikannya tersendiri.

Delman adalah kendaraan tradisional dari pulau Jawa. menggunakan 2 roda yang terbuat dari kayu dan karet ban. Serta memiliki ukuran yang minimalis atau tidak terlalu besar. Dengan kapasitas kurang lebih 2-4 orang termasuk kusir. Serta memiliki hiasan yang cukup menonjol dan hanya digunakan untuk mengangkut penumpang.

Sedangkan Cidomo menggunakan 2 roda mobil dan bentuknya yang lumayan besar mampu menampung kurang lebih 4-5 orang termasuk dengan kusir. Penggunaannya bisa untuk mengangkut penumpang dan barang. 

Jadi, walaupun secara konsep kendaraannya sama, Cidomo dan Delman memiliki beberapa perbedaan. Inilah yang menjadi ciri khas dari kendaran tradisional dari setiap daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya Cidomo dari Lombok yang juga memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri.

Wilayah Operasi Cidomo di Lombok

Cidomo di Gili Trawangan, sumber fodors.com
Cidomo di Gili Trawangan, sumber: fodors.com

Bila Anda ingin menggunakan kendaraan tradisional Cidomo. Tidaklah sulit untuk menemukannya karena hampir semua wilayah di Lombok terdapat kendaraan ini. Karena akses penggunaannya meliputi sentra ekonomi rakyat seperti pasar dan daerah wisata.

Jika Anda berlibur ke Lombok dan ingin melihat keindahan dan keunikan Gili Trawangan atau Gili Meno. Transportasi yang digunakan pada umumnya untuk mengelilingi pulau ini adalah Cidomo. Karena tempat wisata di Lombok seperti di Kepulauan Gili jarang menggunakan kendaraan bermesin. Sehingga Cidomo menjadi salah satu transportasi utamanya.

Tentunya bisa menjadi pengalaman yang mengasikan bagi Anda saat berlibur di Lombok. Karena dapat berkeliling menikmati indahnya pulau Lombok menggunakan kendaraan tradisional khasnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Cidomo kendaraan tradisional asal Lombok yang masih aktif dan populer digunakan hingga sampai sekarang. Memiliki bentuk yang unik serta kelebihan fungsinya yang bisa digunakan untuk mengangkut orang dan barang. Bisa menjadi salah satu kendaraan tradisional yang wajib untuk Anda gunakan terutama saat berlibur di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jika Anda tertarik berkunjung ke Lombok untuk berlibur dan menghabiskan waktu disana. Serta ingin merasakan langsung menggunakan Cidomo. Tak perlu bingung, langsung saja manfaatkan paket wisata lombok yang telah disediakan oleh First Lombok Tour untuk memudahkan berbagai perjalanan wisata Anda selama di Lombok.

Tunggu apa lagi? Segera manfaatkan paket wisata dan promo menarik lainnya yang telah tersedia sebelum kehabisan.