Menggunakan rental mobil di Lombok bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi wisatawan luar daerah yang berkunjung ke salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia ini. Namun, sebaiknya pahami terlebih dahulu, bagaimana mekanisme untuk memesan dan informasi rental mobil yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa poinnya.

1. Memahami Rental Mobil

Pertama kali yang harus dipastikan adalah anda memilih rental mobil yang tercantum dalam daftar rental mobil yang sudah memiliki izin usaha yang diterbitkan pemerintah. Rental mobil di Lombok biasanya dikelola langsung oleh pemiliknya. Hal ini memberikan peluang bagi Anda untuk menegosiasikan tarif sewa yang lebih murah.

Mendapatkan tarif murah ini biasanya dimungkinkan bila Anda akan menyewa mobil dalam waktu yang lama, paling tidak lebih dari seminggu. Ada baiknya minta rekomendasi pada orang-orang yang sudah sering menyewa atau sudah kenal baik dengan pemilik rental mobil tersebut.

2. Memilih Mobil yang Sesuai

Apa tujuan Anda berada di Lombok? Maka Anda akan membutuhkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika akan berwisata bersama dengan lebih dari 2 orang, untuk mengunjungi perbukitan di sekitar Gunung Rinjani, atau melewati desa atau pantai, tentu saja membutuhkan mobil dengan tipe yang berbeda.

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, pilihlah mobil yang cocok untuk kebutuhan Anda tersebut. Baik kapasitasnya, maupun spesifikasi performanya. Misalnya Anda menyewa mobil untuk kebutuhan di daerah perkotaan, Anda bisa menyewa mobil dengan tenaga 1000cc, misalnya mobil Xenia, Avanza , APV atau Grand Livina.

Kalau nanti perjalanan Anda melewati pegunungan atau jalan menanjak, Anda bisa menyewa mobil dengan tenaga 1500cc seperti Grand Innova. Sehingga nanti perjalanan Anda akan nyaman dan aman. Jadi, pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Tanyakan syarat dan ketentuan

Ilustrasi Masalah Pada Mobil, sumber ig ecodriveautosales
Ilustrasi Masalah Pada Mobil, sumber ig @ecodriveautosales

Setiap jasa rental mobil memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu informasi rental mobil yang perlu Anda tanyakan sedetail mungkin adalah untuk masalah syarat ini. Agar disaat Anda menggunakannya tidak ada masalah dalam proses administrasi. Mengethui syarat dan ketentuan ini penting namun sering dilewatkan banyak konsumen rental mobil Lombok.

Memang administrasi menjadi sesuatu yang dianggap merepotkan. Siapapun ingin langsung memesan dan mendapatkan pelayanan. Namun semakin besar urusan jasa yang akan dimanfaatkan seperti rental mobil, maka aspek administrasi ini bisa membantu untuk mengantisipasi masalah keamanan.

Seperti diketahui, bisnis rental mobil ini melibatkan fasilitas kendaraan yang harga tentu saja tidak murah. Karenanya risiko yang akan ditanggung apabila terdapat masalah bisa saja begitu besar. Sehingga dengan keberadaan syarat dan ketentuan ini kita bisa memastikan, sebagai konsumen, apa yang harus ditanggung, apa yang perlu diwaspadai dan lain-lain. Ini tentu saja akan memberikan keamanan bagi konsumen sekaligus penyedia layanan rental.

4. Tarif Sewa

Informasi rental mobil lainnya adalah tarif sewa mobil di Lombok yang biasanya hanya memuat komponen dasar sewa mobil itu sendiri. Bila dalam perjalanan ada biaya parkir, karcis tol, dan sebagainya, itu akan menjadi tanggungan penyewa mobil. Harga sewa mobil pun bervariasi, tergantung tempat penyewaan dan jenis mobil yang disewa. Perbandingan harga sewa mobil bisa dicari di internet. Kisarannya, untuk paket mobil plus sopir selama 12 jam untuk keliling Lombok sekitar Rp 450 ribu.

Ini adalah salah satu contoh tarif secara umum. Nantinya tarif ini akan berbeda tergantung penyedia layanan rental masing-masing. Apa lagi bila berbeda daerah seperti tarif rental mobil Jogja dan tarif rental mobil daerah lainnya, tentunya akan berbeda dengan tarif rental mobil Lombok. Maka, penting bagi calon konsumen untuk melihat kisaran harganya terlebih dahulu baru kemudian melakukan tawar menawar langsung pada pihak yang menyediakan layanannya.

5. Tentang Driver

Banyak pihak yang merekomendasikan jika ingin berkeliling di kota Lombok baiknya sekaligus meminta disediakan driver berpengalaman. Jika Anda menyewa mobil beserta driver, Anda juga harus memberikan makan siang dan makan malam. Jika driver tersebut cukup profesional dan akrab dengan kota Lombok, ia akan menunjukkan tempat makan yang enak dan murah. Selain itu juga jika menginap, Anda juga harus menyediakan tempat menginap bagi driver.

Akan lebih baik lagi jika mendapatkan driver bisa berbahasa lombok. Mereka akan bisa membantu kita untuk melakukan transaksi kepada pihak pengelola wisata, pihak hotel atau rumah makan. Transaksi yang dimaksud bukan hanya sekedar masalah harga, tetapi juga terkait dengan layanan konsumen. Agar kita bisa mendapatkan layanan yang terbaik dengan harga yang layak.

6. Tentang BBM

Terdapat layanan rental mobil yang biasanya sekaligus sudah memberikan tagihan bahan bakar di awal. Namun perlu diketahui, bagaimana sih perbedaannya dibandingkan dengan menyewa mobil dengan pengeluaran biaya bahan bakar kendaraan yang ditanggung sendiri.

Bukit Sembalun, sumber ig farisro
Bukit Sembalun, sumber ig @farisro

Akan menjadi lebih hemat bila Anda menyewa mobil tanpa BBM (bahan bakar minyak) karena Anda bisa mengisinya sendiri sesuai yang diperlukan. Mobil seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki APV biasanya menghabiskan 1 liter premium untuk jarak tempuh 10 km.

Apabila biaya layanan rental kendaraan Anda sudah termasuk biaya bahan bakar yang dibayar diawal pada jasa rental, bisa jadi bahan bakar yang dibayarkan masih tersisa. Padahal agenda perjalanan Anda sudah selesai.

7. Fasiltias Tambahan

Setiap rental yang berusaha memberikan pelayanan terbaiknya biasanya suka menambah bonus pada pelayanannya. Misalnya bonus air mineral selama perjalanan. Bisa juga terdapat bonus lainnya seperti potongan harga dan lain-lain. Maka, ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan jasa rental mobil di Lombok.

Itu dia berbagai hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan jasa rental mobil Lombok. Semoga informasi ini dapat membantu Anda saat membuat rencana untuk berwisata di Lombok. Di daerah ini terdapat juga fasilitas paket wisata Lombok yang juga bisa memberikan kemudahan bagi para wisatawan.

Konsultasi Gratis whatsapp