Lombok selalu menjadi destinasi wisata yang tak pernah bosan untuk dikunjungi. Keindahan alamnya senantiasa membuat para wisatawan terpana tak terkira. Gunung, lembah, bukit, hutan, laut, sungai sampai danaunya diracik demikian sempurna menjadi serpihan surga dunia. Salah satu destinasi wisata Lombok yang banyak diminati yakni danau biru Lombok.  

Mengenal Danau Biru Lombok

Danau biru Lombok merupakan spot wisata yang cukup terkenal di Lombok. Keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi, membuat siapa saja yang memandangnya akan terkesima diam seribu bahasa. Panoramanya, keheningannya, kejernihan airnya semuanya terpadu menjadi sebuah tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh orang-orang yang mengaku dirinya petualang sejati.

Sesuai julukan danau biru Lombok ini yaitu “The Hidden Lake” yang bermakna danau tersembunyi, lokasi danau ini berada di tengah hutan rimba yang masih asri dan terjaga (Hutan Lindung Nuraksa). Anda akan melihat betapa banyak pepohonan tinggi menjulang yang mengelilingi danau biru Lombok sehingga sejuk dan segarnya alam sangat terasa. 

Danau biru Lombok, indah memesona. Sumber: https://www.ntbprov.go.id
Danau biru Lombok, indah memesona. Sumber: https://www.ntbprov.go.id

Jangan kaget bila Anda ke tempat satu ini, karena air danau ini sangatlah jernih sampai-sampai berwarna hijau tosca atau hijau kebiru-biruan. Tersebab itulah danau satu ini dinamakan dengan “Danau Biru”. Suasana sunyi yang diselimuti oleh bisikan dedaunan dan nyanyian burung dari kejauhan menambah syahdu area sekitar wisata satu ini.

Warna hijau yang ada pada danau ini disebabkan tumbuhan air yang ada dalam danau. Adapun warna biru pada danau bisa nampak karena dua aliran sungai yang bertemu, mengalir dan berkumpul di dalam danau ini. Suasana tenang dan keindahan hutan yang alami menjadi daya tarik tersendiri bagi danau biru Lombok ini.

Keunikan Danau Biru Lombok

Akan Anda temui banyak sekali keunikan yang ditawarkan danau biru Lombok Tengah ini. Berikut telah kami rangkum beberapa keunikan yang tidak dapat Anda temukan di tempat wisata lain melainkan hanya disini. Selamat menyimak.

1. Hutan Eksotis yang Alami

Keunikan pertama yang menjadikan danau ini sangat unik dan berbeda dari danau yang pernah ada ialah karena lokasi danau ini yang tepat di tengah-tengah hutan lindung Nuraksa. Hutan yang rimbun, sejuk, asri, terawat dengan baik menjadikan para wisatawan tergoda untuk mengunjungi danau satu ini.

Danau ditengah hutan. Sumber: instagram.com @devisonya
Danau ditengah hutan. Sumber: instagram.com @devisonya

Lokasi danau biru yang masih berada di bawah kaki gunung Rinjani semakin membuat suasana sejuk khas ala pegunungan. Tidak heran bila berbagai tumbuhan disana sangatlah hijau dan memesona. Sama seperti wisata segara anak Rinjani yang juga berada di daerah gunung Rinjani.

2. Air Jernih Berwarna Unik

Air danau dengan warna biru kehijauan menjadi daya tarik tersendiri yang tidak terelakkan. Warna alami ini jelas membuat para wisatawan tertarik, terpesona dengan panorama alam yang begitu luar biasa. Rasa kekaguman wisatawan akan semakin besar tatkala menjajal masuk ke dalam danau biru Lombok ini.

Danau biru dengan segenap keindahannya. Sumber: https://getlost.id
Danau biru dengan segenap keindahannya. Sumber: https://getlost.id

3. Cocok untuk Berendam

Tempat strategis di tengah hutan membuat danau biru Lombok sangat cocok untuk tempat berendam menghilangkan sejenak rasa stres dan penat akibat berbagai kerjaan yang tak kunjung usai. Sejuknya air dan dinginnya bebatuan menyatu menciptakan sebuah sensasi luar biasa yang berujung pada ketenangan dan kedamaian.

Danau biru Lombok, tempat berendam yang asik
Danau biru Lombok, tempat berendam yang asik. Sumber: instagram.com @aditralfath

Bila Anda tidak bisa berenang, Anda bisa meminjam ban karet dan pelampung di tempat penyewaan seberang danau yang telah disediakan pengelola wisata.

4. Spot Instagramable

Danau dengan warna air yang unik dan rimbunan pohon-pohon yang mengelilinginya menjadi sebuah komposisi wisata unik yang wajib untuk diabadikan. Wisatawan baik dari luar kota maupun luar negara, dari yang muda hingga yang tua, dari pejabat hingga rakyat biasa berbondong-bondong mengunjungi wisata satu ini dan mengabadikan momen terbaik, dengan orang terbaik, di spot-spot foto yang ciamik.

Ayunan di danau biru, spot instagramable yang alami. Sumber: https://www.bursahaga.com
Ayunan di danau biru, spot instagramable yang alami. Sumber: https://www.bursahaga.com

Pihak pengelola tempat wisata ini telah mempersiapkan dengan matang berbagai spot foto yang instagramable dan kekinian, sangat cocok untuk kawula muda. Beberapa tempat foto yang telah disediakan diantaranya:

  • Papan “Welcome to Danau Biru”
  • Ayunan tepi danau
  • Ayunan hammock
  • Rumah pohon
  • Dermaga kayu
  • Fasilitas ban kano

5. Medan untuk Traveller Sejati

Bila Anda mengaku sebagai petualang sejati, Anda sudah pasti menerima tantangan ini. Track menuju wisata danau biru Lombok sangat bergelombang penuh lika-liku. Biasanya para pesepeda di Lombok memanfaatkan hal ini untuk berpetualang sembari menikmati indahnya persawahan yang masih alami dengan pohon-pohon di sepanjang jalan. 

Bersepeda menjadi sarana taklukkan track yang menegangkan. Sumber: https://yourtrip.id
Bersepeda menjadi sarana taklukkan track yang menegangkan. Sumber: https://yourtrip.id

Bila Anda pernah ke goa susu Lombok, maka Anda semestinya sudah tidak takut lagi dengan track perjalanan yang begitu menantang.

Rute Menuju Danau Lombok

Sebagaimana telah disinggung di atas, rute menuju danau satu ini cukup menantang, ekstrim dan penuh tantangan sehingga sangat disarankan bagi Anda para wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata ini agar menggunakan motor trail, mobil gunung atau sepeda gunung.

Bagi Anda yang berangkat dari bandara internasional Lombok, setidaknya memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam lebih beberapa menit untuk sampai ke danau biru Lombok.  Berbeda bila dari Selong menuju danau biru akan menempuh waktu 1 jam 15 menitan. Sedang dari kota Mataram hanya memakan waktu kurang lebih 61 menit.

Akhir kata, danau biru Lombok menjadi sebuah destinasi wisata yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Suasana yang tenang dan sejuk sangat cocok untuk Anda yang ingin memulihkan badan juga pikiran setelah tenggelam dalam kesibukan dunia kerja. Dijamin sekembalinya dari tempat ini tubuh Anda akan sehat bugar seperti sedia kala.

Tidak hanya danau biru, beragam destinasi wisata di Lombok juga bisa menjadi alternatif untuk Anda berpetualang mencari ketenangan. Segara anak Rinjani dan goa susu Lombok bisa menjadi pilihan destinasi wisata Lombok yang tak kalah menarik. Anda bisa menikmati itu semua hanya dengan memesan paket wisata Lombok dari First Lombok Tour. Selamat berwisata, sampai jumpa.