468

Setiap orang berhak untuk berhenti sejenak dari rutinitas harian untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan stress dengan cara berwisata contohnya, begitu juga anak-anak. Ya, karena yang bisa stres bukan hanya bapak-bapak pekerja kantoran atau ibu-ibu rumah tangga saja, anak-anak juga ternyata bisa stress juga. Terlebih bagi anak-anak yang baru masuk usia sekolah. Karena mereka harus beradaptasi dan menghadapi sesuatu yang baru bagi mereka. Oleh sebab itu, sangat wajar jika orang tua mengagendakan untuk berwisata bersama anak-anak setiap sebulan sekali atau dua bulan sekali.

Berwisata Bersama Anak

Berwisata dengan anak-anak bukanlah hal yang sepeleh. Aktivitas yang satu ini ternyata sangat bermanfaat, karena ternyata bisa membangun karakter anak. Dengan demikian anak kan bisa belajar mengenal lingkungan sekitar, bersosialisasi serta beradaptasi dengan lingkunagan barunya. Namun di sisi lain, jika tidak diperhatikan dengan benar maka aktivitas berlibur bersama anak justru dapat menimbulkan dampak negatif, termasuk salah satunya adalah trauma. Maka dari itu, aktifitas berwisata dengan anak harus benar-benar diperhatikan. Nah, berbicara tentang berwisata dengan anak, kami dari Tim Fist Lombok tour mempunyai artikel menarik tentang 7 hal yang harus diperhatikan saat berwisata bersama anak-anak. Baca sampai selesai ya.

Pastikan Anak Dalam Kondisi Sehat

Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal harganya. Karena tanpa kesehatan semua hal yang menyenangkan termasuk makanan yang nikmat rasanya bisa mendadak berubah rasa. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga mengalami hal yang sama. Oleh karenanya kesehatan anak menjadi faktor yang paling penting yang harus diperhatikan sebelum Anda pergi berwisata dengan anak-anak. Pastikan Anda mengamati aktifitasnya, juga menjaga asupan gizi serta vitamin yang ia konsumsi. Jika anak sakit sebelum perjalanan wisata, maka lebih baik jadwalkan ulang. Namun jika anak mengalami sakit dalam kondisi berwisata, maka stop semua kegiatan dan berikan pertolongan pertama. Di sinilah pentingnya membawa obat-obatan tertentu untuk berjaga-jaga selama berwisata.

Gambar oleh @leorivas di unsplash

Gambar oleh @leorivas di unsplash

Pilih Objek Wisata yang Ramah Anak

Hal utama yang paling penting saat berwisata dengan anak adalah memilih objek wisata yang ramah anak. Mengapa demikian? Karena tidak semua objek wisata benar-benar ramah dengan anak-anak. Ada objek wisata yang terlalu berbahaya, seperti mengunjungi gunung berapi yang sedang aktif atau ke tempat yang rawan bencana. Di sisi lain ada juga objek wisata yang tidak cocok dengan anak-anak atau justru akan memberi dampak yang buruk bagi perkembangan anak. Seperti objek wisata yang banyak mempertontonkan hal-hal yang tidak baik, seperti orang minum-minuman keras atau yang lainnya. Di beberapa negara-negara di luar negeri, informasi tersebut bisa dengan mudah kita dapatkan.

Gambar oleh @ilumire di unsplash

Gambar oleh @ilumire di unsplash

Utamakan Objek Wisata Alam

Mall, atau playground di tengah kota adalah hal yang biasa saat ini. Tentu lama-lama juga bikin bosan. Untuk itu, objek wisata alam adalah pilihan yang tepat sebagai tujuan wisata bersama anak-anak. Terutama jika waktu berwisata cukup lama. Objek wisata alam akan memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Anak akan belajar mengenal alam di sekitarnya. Bahkan saat ini banyak objek wisata alam yang menawarkan berbagai macam jenis pilihan. Diantaranya adalah wisata berbasis agro (agro wisata) seperti wisata petik apel, wisata petik jeruk, wisata kebun coklat, wisata perah susu dan lain sebagainya.  Tinggal pilih saja sesuai keinginan dan budgetnya.

Gambar oleh @daiga_ellaby di unsplash

Gambar oleh @daiga_ellaby di unsplash

Persiapkan Perjalanan Dengan Baik

Perjalanan wisata bersama anak-anak menjadi momen yang penting dan mungkin langka. Karena tidak setiap keluarga mampu menikmatinya. Jangan sampai momen ini dipenuhi dengan drama rengekan anak-anak, atau bingungnya emak-emak. Untuk itu, pastikan semua perlengkapan dan barang-barang yang dibutuhkan (khususnya yang dibutuhkan anak) terbawa semua. Mulai dari camilan, baju ganti sampai mainan kesukaan. Sebisa mungkin, jadikan waktu-waktu bersama sebagai momen yang paling berharga dan membahagiakan.

Jangan Lepaskan Perhatian

Objek wisata manapun di dunia adalah tempat umum. Itu artinya setiap orang bebas mengaksesnya. Hal ini bisa menjadi suatu nilai positif bagi liburan Anda bersama anak-anak Anda. Karena dengan mengunjungi objek wisata ia akan bertemu dengan banyak orang-orang baru. Sehingga ia bisa belajar bersosialisasi. Namun demikian, kita juga perlu tetap waspada dan hati-hati. Jangan sampai anak lepas dari perhatian orang tua. Sebentar saja lepas dari perhatian, bisa jadi anak akan celaka atau bahkan hilang tersesat dalam keramaian.

Gambar oleh "@paul_ di unsplash

Gambar oleh @paul_ di unsplash

Buat Mereka Nyaman

Setiap manusia bahkan makhluk hidup memerlukan sebuah kenyamanan. Begitu juga anak-anak. Mereka ingin dimengerti dan tetap merasa nyaman, terutama ketika berada di luar rumah atau lingkungan baru saat berwisata. Sebagian besar anak-anak belum memahami konsep kenyamanan dan sulit mengungkapkan ketidaknyamanan yang mereka rasakan. Oleh sebab itu, menangis dan tantrum menjadi salah satu jalan keluar pelampiasannya. Untuk itu, kenalilah anak Anda, pahami tanda-tanda mereka tidak merasa nyaman, kemudian cobalah mencari solusi atas hal tersebut.

Ajak Si Kecil Belajar

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa momen berwisata bersama anak bisa menjadi momen yang sangat tepat untuk mengajari mereka banyak hal. Ya, karena masa kanak-kanak merupakan masa yang terpat untuk mereka banyak belajar. Anak-anak sangat mudah belajar dari banyak hal, terutama bagi mereka yang masih dalam masa keemasan (golden age). Ajak mereka berbicara sepanjang perjalanan, tanyakan beberapa hal tentang apa yang mereka lihat dan rasakan. Selanjutnya jelaskan tentang apa-apa yang ada di hadapan mereka. Pada dasarnya anak–anak yang sedang bertumbuh kecerdasannya (terutama di umur 1,5-5 tahun) akan menanyakan banyak hal tentang apapun yang ia hadapi. Nah, ini adalah kesempatan bagus bagi orang tua untuk menanamkan dan menginstal banyak ilmu di benak anak-anak.

Sumber gambar @jeshoots di unsplash

Sumber gambar @jeshoots di unsplash

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan saat berwisata bersama anak-anak. Jadikan momen-momen berwisata sebagai momen yang menyenagkan dan berharga. Khusus bagi Anda, bapak ibu dan keluarga yang berniat untuk berwisata ke Pulau Lombok, kami dari First Lombok Tour memiliki berbagai paket wisata yang menarik. Hubungi kami dengan klik di sini. Jangan sungkan untuk sekedar konsultasi atau bertanya. Bagikan artikel ini kepada saudara atau keluarga dekat Anda. Semoga bermanfaat.