Salah satu Air Terjun yang menjadi favorit pada pengunjung adalah Air Terjun Tiu Kelep. Air Terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani dan menjadi satu paket wisata dengan Air Terjun Sendang Gile. Sebagai pembuka, Sendang Gile merupakan destinasi wisata yang cocok karena berdekatan dengan pintu masuk.

Destinasi Wisata Air Terjun Tiu Kelep ini menawarkan keindahan pesona air terjun dengan tinggi mencapai 42 meter menjulang tinggi dari dasar tanah. Suasana pegunungan yang dibalut dengan udara sejuk dan pemandangan hijau hutan di sekelilingnya menambah eksotisme wisata ini.

Bagaimana Anda tertarik untuk membahas destinasi wisata Air Terjun Tiu Kelep satu ini? Bagaimana daya tarik dan pesona nya? Untuk itu simak ulasan dibawah ini mengenai destinasi wisata Air Terjun Tiu Kelep.

Pesona

Destinasi wisata air terjun ini menawarkan keindahan alam yang hijau mulai dari pohon, rumput, lumut hidup subur, terdapat pula bebatuan yang semakin menambah khasnya nuansa alam, udara yang sejuk, dan air dengan sensari segar dan dingin.

Wisata Air Terjun ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai sarana dalam merefreshkan pikiran dan merelaksasikan tubuh dengan segala rutinitas berat yang sehari-hari Anda lakukan. Suasana hijau diliputi percikan air memberikan rangsangan pada otak untuk tetap rileks.

Dalam hal penamaan destinasi wisata ini turut tidak lepas dari peran bahasa sasak itu sendiri. Dalam bahasa sasak, kata “ Tiu “ memiliki arti kolam renang dan kata “Kelep” memiliki arti terbang sehingga jika digabungkan menjadi kolam renang terbang. Filosofi tersebut berasal dari terdapatnya buih-buih yang berterbangan.

Air Terjun Tiu Kelep, sumber ig ridwanderful
Air Terjun Tiu Kelep, sumber ig @ridwanderful

Lokasi

Air Terjun Tiu Kelep berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika dihitung melalui titik ibu kota yaitu Mataram, wisata ini memiliki jarak kurang lebih sekitar 85 Kilometer.

Untuk sampai ke lokasi Anda membutuhkan estimasi waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam menggunakan kendaraan bermotor. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 4 sampai 5 jam agar bisa sampai ke lokasi.

Untuk menuju ke lokasi ini, para wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas wisata yang terdapat di lombok dan sekitarnya. Beberapa fasilitas tersebut antara lain, paket wisata Lombok, rental kendaraan wisata, tour lombok dan fasilitas perjalanan dan akomodasi wisata di lombok lainnya.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Jam operasional destinasi wisata Air Terjun Tiu Kelep adalah 24 Jam, artinya kapanpun Anda mau berkunjung bisa saja. Namun, demi keselamatan tentu tidak direkomendasikan untuk mengunjunginya pada saat malam hari.

Sedangkan untuk harga tiket masuk ke lokasi objek wisata Air Terjun ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 10.000 rupiah dan membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Tentu harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas

Mengenai fasilitas, tidak banyak yang bisa ditemukan di sekitar Air Terjun Sendang Gile, hanya terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan penginapan. Mengingat jarak lokasi wisata yang jauh dari ibu kota, tentu penginapan ini bisa dimanfaatkan agar lebih puas menikmati wisata di sini.

Untuk akomodasi, sebagai jalur pendakian Gunung Rinjani, desa Senaru memiliki banyak penginapan dan hotel di sekitarnya.

Rekomendasi Wisata Lain

Air Terjun Tiu Kelep, sumber ig didukmiru
Air Terjun Tiu Kelep, sumber ig @didukmiru

Setelah Anda puas mengunjungi wisata Air Terjun Tiu Kelep, ada beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dapat anda lakukan yakni :

1. Mendaki Gunung Rinjani

Tentu jika Anda memiliki waktu yang luang dan energi, ide rekomendasi pertamanya adalah mendaki Gunung Rinjani karena di Desa Senaru terdapat rute pendakian. Rute Desa Senaru inilah yang menjadi favorit kebanyakan para pendaki.

2. Kebun Kopi Senaru

Masih sama terletak di desa Senaru, Jika Anda penggemar kopi tentu tidak ada salahnya mengunjungi wisata kebun Kopi Senaru. Disana Anda dapat menikmati secangkir kopi dengan balutan pemandangan Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep dari ketinggian.

3. Desa Adat Senaru

Selain wisata alam, terdapat pula wisata budaya sasak dengan mengunjungi desa Adat Senaru. Disana, Anda akan belajar mengenai budaya dan religiusitas masyarakatnya. Mengagumi arsitektur rumah yang unik atau bercengkrama ringan dengan warga setempat.

4. Masjid Kuno Bayan Beleq

Tidak kalah penting, pastikan juga Anda singgah di Masjid Kuno Bayan Beleq. Masjid yang satu ini unik dan sangat bersejarah bahkan dikatakan sebagai masjid tertua di lombok. Untuk itu, ketika berkunjung ke Desa Senaru jangan lupa untuk berkunjung ke masjid ini ya, temukanlah nilai kearifan dari keeksotisan yang menyelimuti tempat ini.

TIPS

  • Mengingat tujuan destinasi wisata anda adalah wisata air, maka sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk membawa pakaian ganti karena tentu akan bermain air. Tetapi jika Anda tidak mandi tentu tidak perlu
  • Bawalah makan dan minuman saat memasuki destinasi wisata karena saat Anda benar-benar sampai ke lokasi tidak akan menemukan warung disekitarnya
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tidak licin. Hal ini adalah yang penting untuk Anda perhatikan mengingat medannya terdapat bebatuan yang licin juga
  • Lindungi barang elektronik Anda dengan plastik agar menghindari kerusakan
  • Jagalah kondisi alam

Itu dia berbagai informasi bermanfaat seputar wisata air terjun di Lombok, Tiu Kelep. Semoga informasi ini dapat Anda gunakan sebagai referensi wisata. Simak berbagai informasi seputar wisata di Lombok melalui situs firstlombok.com. Jika terdapat pertanyaan, saran dan kritik, berikan komentar atau hubungi paket wisata Lombok.