Selain banyak memiliki wisata pantai, ternyata Lombok juga banyak memiliki wisata air terjunnya yang menawarkan keindahan hutan tropisnya yang senantiasa memberikan kesegaran bagi seluruh penduduknya.

Dari banyaknya air terjun yang ada di Lombok ada salah satu air terjun yang sangat menarik. Anda bisa memasukkan wisata air terjun ini sebagai tujuan utama bagi Anda yang hendak berlibur ke pulau Lombok. Air Terjun Jeruk Manis, begitu banyak orang menyebutnya.

Air Terjun Jeruk Manis merupakan surga bagi pecinta wisata alam. Airnya yang jernih berpadu dengan udara yang segar nan sejuk dan pemandangan alamnya yang hijau subur, menjadikan air terjun ini layak dijuluki sebagai tempat wisata yang manis.

Air terjun ini merupakan air terjun yang terletak diselatan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air terjun yang terletak di bawah kaki gunung Rinjani ini memiliki hawa yang cukup dingin dikarenakan letaknya.

Namun jangan salah, suasana yang seperti inilah yang akan membawa ketenangan bagi Anda. Ketika Anda berada di sekitar Air Terjun Jeruk Manis ini, Anda akan melihat pemandangan yang masih asri sejauh mata memandang. Pemandangan hutan yang masih perawan ini akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Sekilas Tentang Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig saiifud_
Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig @saiifud_

Mengalir di lembah yang sempit, Air Terjun Jeruk Manis merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, kemudian mengalir ke sungai kecil yang penuh dengan bebatuan.

Pada mulanya di tahun 1983, air terjun ini ditemukan oleh masyarakat setempat bernama Pak Muis. Setelah dikelola dengan baik, saat ini obyek wisata alam ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Di air terjun yang unik ini, Anda akan digoda dengan percikan-percikan air yang jatuh dari ketinggian 30 meter. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kesegaran airnya dengan berenang di kolam bawah air terjun. 

Spot wisata alam ini memiliki kolam yang dangkal dan dijamin tidak berbahaya. Pasti seru bermain ciprat-cipratan bersama teman, keluarga, atau pasangan di sini. Apalagi airnya sangat jernih dan banyak ikan-ikan kecil di pinggirnya. Betul-betul alami.

Tak hanya itu, aneka tanaman yang menyelimuti tebing-tebing sekitar air pasti akan membuat Anda gemas. Ada berbagai macam pakis, bunga-bunga liar yang cantik dan manis, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, Anda akan menemukan rusa dan kera bermain riang di hutan dekat spot wisata alam yang tak lain adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Suasana ini, akan membuat Anda benar-benar rileks, bebas, dan betah.

Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig wwndni_
Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig @wwndni_

Menurut cerita masyarakat setempat, air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit terutama untuk proses penyuburan rambut. Untuk melakukan pengobatan di Air Terjun Jeruk Manis ini tidak asal-asalan.

Dibutuhkan upacara-upacara tertentu yang dipimpin oleh seorang pemangku atau ketua adat daerah tersebut. Beliau-lah yang memohonkan kesembuhan kepada sang pencipta melalui air dari air terjun ini. Ritual pun dilakukan pada hari-hari tertentu yang sudah dipilihkan oleh si pemangku.

Lokasi

Lokasi obyek wisata alam Lombok ini berada bersebelahan dengan Desa Tete Batu, tepatnya di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Anda harus menempuh jarak 50 kilometer dari Kota Mataram. Sedangkan, dari Kawasan Wisata Tetebatu sekitar 6 kilometer. Dari kota Mataram, sekitar 2 jam perjalanan.

Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus berjakan kaki sekitar 1,5 km atau sekitar 30 menit. Medannya pun tidak sulit, ada sekitar 180 anak tangga dan dilanjutkan dengan jalan setapak batu yang disusun rapi. Hal ini akan menambah pengalaman Anda karena sangat menyatu dengan alam.

Rute Menuju Air Terjun Jeruk Manis

Untuk menikmati kesegaran dan kesejukan spot wisata alam ini, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 1,5 kilometer dari gerbang masuk. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig dindaenda945
Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig @dindaenda945

Namun jangan khawatir, Anda akan ditemani dengan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan. Seperti paku-pakuan, bunga liar, durian, lemuru (ficus sp), liluh-liluh (lixoura sp), dan bajur (pterospernum javanicum).

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan liar dari beragam fauna seperti Kera dan juga Rusa. Selama perjalanan, Anda akan melewati jalan setapak yang tak terlalu curam dan disusun dari bebatuan.

Jika merasa lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di Berugak (semacam gazebo) yang akan Anda temui di tepi jalan. Anda akan melewati tiga buah Berugak, namun disarankan agar Anda bertahan sejenak dan berhenti pada Berugak yang terakhir. Sebab, Berugak ini letaknya tak jauh dari air terjun, dan di sini Anda bisa menikmati pemandangan hutan lindung yang asri sembari beristirahat.

Setelah beristirahat sejenak, Anda bisa segera berenang di kolam yang segar, atau bermain air di sungai di area spot wisata alam ini. Kelelahan Anda akan sirna ketika Anda sampai di air terjun ini. Badan serta jiwa Anda akan kembali segar setelah menyapa air terjun ini.

Tiket Masuk dan Akomodasi

Untuk masuk ke kawasan air terjun ini Anda harus membeli tiket, tetapi harganya tidak terlalu mahal. Sarana akomodasi yang terdapat di sekitar kawasan tersebut pun bisa dibilang cukup lengkap. Terdapat beberapa home stay yang bisa Anda singgahi serta rumah makan yang bisa Anda kunjungi ketika Anda membutuhkan sesuatu untuk bekal.

Demikianlah ulasan mengenai Air Terjun Jeruk Manis yang merupakan wisata air terjun yang sejuk dan membawa kesegaran bagi para pengunjungnya. Bagi Anda yang hendak berwisata ke Lombok, jangan melewatkan wisata “manis” satu ini. Semoga informasi ini bermanfaat.